Langsung ke konten utama

Maju Export Furniture Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan sumber daya alam. Sehingga tak heran kalau Indonesia terkenal sebagai negara eksportir komoditi berbagai macam bahan baku seperti kayu dan rotan sebagai bahan baku furniture. Namun sangat disayang ditengah melimpahnya bahan baku yang dimiliki, nilai ekspor furniture Indonesia kurang dari 3% ekspor furniture dunia. Indonesia kalah jauh dari China yang nilai ekspor furniturenya mencapai 45%. Padahal notabennya China merupakan importir terbesar produk hutan Indonesia (kayu dan rotan).

Seharusnya Indonesia lebih unggul dari China, karena selain memiliki bahan baku yang melimpah, bangsa kita juga memiliki kemampuan SDM yang tak kalah dengan luar negeri, seperti China. Hanya saja bangsa kita sepertinya terlalu dimanjakan oleh kekayaan alam yang ada sehingga kebanyakan hasil bumi kita hanya dijual sebagai bahan mentah saja. Padahal kalau bahan-bahan mentah tersebut dibuat atau diolah menjadi sebuah barang/produk jadi, maka dapat dipastikan akan menciptakan multiplier effect yang sangat besar bagi roda perekonomian Indonesia. Sudah saatnya Indonesia dikenal sebagai eksportir produk2 jadi, tidak lagi hanya sebagai eksportir bahan mentah.

Furniture KayuFurniture kayu (Wooden Furniture) adalah salah satu komoditi ekspor industri kreatif unggulan Indonesia selama ini. Negara-negara seperti Amerika, Jepang, Belanda, Francis dan Inggris merupakan tujuan utama pasar ekspor produk-produk funiture kayu dari Indonesia. Dan Amerika merupakan yang terbesar, sekitar 32% dari total ekspor produk furniture kayu Indonesia. Namun data tersebut sebelum resesi ekonomi melanda amerika dan dunia seperti sekarang. Sekarang nilai ekspor furniture kayu Indonesia tentu saja mengalami penurunan. Bahkan menurut Dr sjamsu Rahardja, seorang ahli perdagangan internasional dari Bank Dunia dalam wawancara dengan VIVAnews mengatakan bahwa, ekspor mebel ke Amerika turun separohnya.

Grafik Ekspor Furniture IndonesiaEkspor Furniture Indonesia (dalam US$). Sumber BPS

Dengan resesi global yang sekarang terjadi maka otomatis persaingan untuk merebut pasar yang tersisa/terbatas ini akan sangat ketat dan berat. Hanya yang terbaiklah yang akan bertahan dan menikmatinya. Untuk bisa memenangkan persaingan tersebut maka peningkatan kualitas, ide desain (kreatifitas desain), dan strategi pemasaran perlu wajid dilakukan.

Peningkatan Kualitas Bahan Baku.

Selain menigkatkan kualitas bahan baku itu sendiri, sertifikasi bahan baku (kayu) wajib segera dilakukan. Sebab mulai tahun 2008 Amerika Serikat dan Uni Eropa melarang ekspor furniture kayu yang menggunakan kayu-kayu ilegal hasil pemalakan liar (illegal logging). Dan sebagai imbalannya, Importir asing berjanji akan meningkatkan harga beli furniture kayu Indonesia hingga 30 persen jika produk tersebut telah memiliki sertifikasi kayu.

Menigkatkan Kreatifitas Desain (Ide Desain)

Kebutuhan akan wooden furniture selalu berkembang baik secara kuantitas, kualitas, maupun dari segi desain (wooden furniture designs) di seluruh dunia. Ide desain kreatif (inovatif) harus terus dikembangkan karena furniture kayu tidak semata-mata sebagai perabot fungsional, melainkan juga sebagai komoditas yang memilki prestise dan mendukung lifestyle yang selalu berubah-ubah (dinamis).

Wooden Furniture Designs

Strategi Marketing/Pemasaran

  • Online Marketing (E-Marketing)

    Jaman sekarang adalah jaman Internet, sebuah dunia tanpa batas yang menawarkan sejuta manfaat dan kemudahan, termasuk dalam hal pemasaran. E-marketing atau internet marketing (online marketing) adalah solusi tepat bagi para pelaku ekspor maupun calon eksportir untuk menjangkau dan memperluas pasarnya di perdaganngan internasional.

    Saya berharap Indonesia punya situs portal seperti www.alibaba.com dan www.tradekey.com yang didukung oleh pemerintah untuk mengangkat ekspor furniture Indonesia, seperti yang dilakukan oleh Cina.

  • Branding Produk (Brand Building)

    Di Indonesia belum ada merek produk furniture kayu yang bisa berdiri sejajar dengan IKEA, Vivere, Da Vinci, Index, atau merk-merk lain yang sudah mendunia. Produk industri furniture Indonesia baru dikenal sebatas pada kemampuan manufacture atau kemampuan produksi saja (tangible asset and ability). Untuk itu Indonesia perlu membangun sebuah Brand Produk (Brand Building) yang mampu mengangkat nama produk-produk furniture kayu dari Indonesia.

    Kebetulan tahun 2009 dicanangkan sebagai Tahun Industri Kreatif. Ini merupakan momen yang baik untuk memulai merubah paradigma industri furniture kayu Indonesia sebagai produk komoditas (tangible asset) menjadi potensi desain dan merk (intangible asset). Sehingga Indonesia juga bisa dikenal dunia dari produk-produk ekspornya.

  • Perluasan Pasar Ekspor (Diversifikasi Pasar)

    Lesuhnya pasar Amerika dan Eropa akibat resesi ekonomi global, mengakibatkan permintaan impor dari negara-negara tersebut turun drastis. Untuk mengatasinya, perluasan pasar (diversifikasi pasar) perlu dilakukan. Negara-negara di kawasan timur tengah merupaka wilayah yang reatif kebal dari dampak resesi global yang terjadi saat ini. Kondisi ini tentu merukan peluang yang sangat baik bagi para eksportir furniture kayu Indonesia untuk mulai melirik negara-negara di timur tengah sebagai alternatif ladang pasar ekspor.

  • Adakan sayembara atau Kontes

    Salah satu tips marketing lain yang bisa dilakukan untuk mempopulerkan suatu perusahaan atau produk adalah dengan mengadakan suatu sayembara atau kontes/lomba. Seperti yang dilakukan oleh AQSA Living, salah satu build wooden furniture dan wooden furniture desings asal Indonesia yang saat sedang mengadakan kontes "Furniture Design Competion 2009" bertaraf internasional.

Dicanangkannya tahun 2009 sebagai tahun Industri Kreatif merupakan kesempatan bagi para pelaku bisnis Industri Kreatif seperti insdustri furniture kayu untuk meningkatkan kualitas dan jumlah ekspornya. Apalagi saat ini China sedang di hadapkan pada citra produk yang buruk serta biaya kerja yang meningkat. Ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk mengambil alih peran Cina di pasar ekspor dunia, dengan menigkatkan kualitas dan jumlah ekspornya. Sehingga nanti ketika ekonomi dunia membaik yang diperkirakan terjadi pada tahun 2010, Indonesia bisa lebih berperan di pasar ekspor, khususnya untuk produk-produk furniture kayu.

Ayo...! Maju Export Indonesia.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.