Langsung ke konten utama

Makna Peringatan Hari Kemerdekaan

64 Tahun Kemerdekaan Indonesia
Kemarin, 17 Agustus 2009, Bangsa Indonesia kembali memperingati hari kemerdekaannya yang ke-64. Setiap tahun kita menyambut peringatan hari kemerdekaan tersebut dengan meriah. Namun, apakah kita (rakyat Indonesia) semua tahu makna dari peringatan hari kemerdekaan tersebut? Merdeka berarti lepas dari segala macam bentuk penjajahan dan menjadi sebuah negara yang berdaulat tanpa intervensi asing. Namun pertanyaannya, Apakah negara kita sudah benar-benar merdeka? Ternyata tidak.

Berbagai sendi kehidupan di negeri kita tercinta ini masih dijajah oleh bangsa lain. Dalam segi ekonomi, kekuasaan asing masih sangat kuat. Banyak sumber kekayaan alam kita yang seharusnya digunakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, justru dikuasai pengelolaanya oleh bangsa lain. Kemudian dari segi politik, kebijakan-kebijakan politik kita seringkali didikte oleh asing. Bangsa kita sering tidak berdaya melawan tekanan asing.

Kemerdekaan yang kita peringati setiap 17 Agustus merupakan momen atau waktu yang tepat untuk memupuk semangat nesioalisme, persatuan dan semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan dan prestasi.

Semangat nasionalisme dan persatuan
Memupuk rasa nasionalisme dan persatuan

Melalui peringatan hari kemerdekaan, kita juga diajak untuk mengingat kembali akan jasa-jasa para pahlawan bangsa kita. Karena atas pengorbanan mereka lah negara kita Republik Indonesia bisa meraih kemerdekaannya. Negara yang maju adalah negara yang tidak melupakan jasa-jasa para pahlawannya.

Usia 64 tahun bukanlah usia yang muda lagi bagi sebuah negara merdeka dalam mengisi kemerdekaannya tersebut. Namun apa yang telah bangsa kita capai di usia kemerdekaannya yang ke 64 tahun, masih jauh dari harapan. Kemiskinan, kebodohan, dan ketidak adilan masih menjadi PR besar bangsa kita.

Namun kita harus tetap optimis untuk membangun bangsa Indoensia menjadi bangsa dan negara yang besar dan disegani. Dengan semangat persatuan (gotong royong) dan kerja keras, kita pasti bisa mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan cerdas, sesuai amanat pembukaan UUD 45. Bangsa kita harus terlepas dari berbagai macam bentuk tekanan asing.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 64. Majulah bangsaku majulah Indonesiaku.

Merdekaaa…!

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Cara Ganti Kartu SIM Card Yang Rusak/Hilang Tanpa Mengganti Nomor

Kemarin (30 Desember) sore, saya bersama teman datang ke GraPARI Telkomsel cabang Jogjakarta yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No.65. Kebetulan tujuan kami sama, yaitu sama-sama ingin mengganti kartu SIM ( SIM Card ) kami yang sudah rusak termakan oleh usia. Bedanya saya pake kartu Simpati , sementara teman sy pake kartu As .