Langsung ke konten utama

Cara Mematikan (Shutdown) Komputer Secara Otomatis

Berawal dari kebiasaan saya dengarin musik kalau mau tidur, membuat komputer dan laptop saya sering banget hidup sampai pagi (sampai saya bangun). Efek negatifnya, biaya pemakaian listrik menjadi sedikit membengkak. Tapi yang paling saya khawatirkan adalah rusak dini-nya komputer terutama laptop saya karena sering kepanasan. Dari situ kemudian saya mencari cara untuk mengatasi kebiasaan buruk saya tersebut. Dan dari seorang teman saya diajarkan cara mematikan (shutdown) komputer secara otomatis. Ternyata caranya sangat mudah! Mau tahu? Oke, berikut caranya:

Klik Start > Run, lalu tuliskan perintah shutdown –s –t 10 –c “By Admin: Feri Yunus Madao” lalu tekan tombol OK.

Shutdown Komputer Otomatis

Angka 10 adalah waktu tunggu yang dibutuhkan untuk menjalankan perintah shutdown otomatis. Htungan waktunya dalam detik. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Kalau saya, biasanya saya set satu jam (3600 detik). Yang perintah –c “By Admin: Feri Yunus Madao” , tulisan di dalam tanda petik bisa diganti sesuai keinginan Anda. Perintah tersebut dihilangkan juga gak apa-apa. Jadi cukup pake perintah shutdown –s –t 3600

Shutdown Komputer Secara Otomatis

Kalau tidak mau repot-repot setiap hari ngetik, bikin aja shortcut-nya di desktop. Caranya: klik kanan area kosong di desktop > New > Shortcut, maka akan muncul window (jendela) seperti dibawah ini.

Shutdown Komputer Otomatis

Masukkan perintah seperti di atas, pada bagian “type the location of item”, seperti pada gambar di atas. Setelah itu klik Next, maka window seperti di bawah ini akan muncul.

Shutdown-Otomatis-04

Kasih nama Shortcut-nya sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya “Shutdown Otomatis” seperti pada gambar di atas. Langkah terakhir adalah menekan/klik tombol Finish. Jadi pada saat mau menghidupkan atau mengaktifkan Shutdown Otomatis, tinggal klik double aja Shortcut-nya. Lebih cepat khan? :)

Karena pada saat pertama kali dibuat belum memiliki icon, maka kita bisa mengganti Icon Shortcut-nya supaya lebih menarik. Caranya: klik kanan pada shortcut-nya, kemudian pilih Properties, maka window seperti dibawah ini akan muncul.

Mengganti Icon Shortcut 
Klik tombol “Change Icon” maka window Change Icon akan muncul. Selanjuntya pilih icon yang sesuai dengan keinginan Anda. Kalau sudah, tinggal klik tombol OK.

Mudah, khan? :)

Kekurangan dari cara ini adalah, pertama, jendela-nya selalu muncul di atas jendela aplikasi lain (Always On Top). Kedua, kalau perintahnya sudah running, tidak bisa lagi dicancel. Jadi kalau misalnya kita mau menambah waktu tunggunya, sudah tidak bisa lagi.

Cara lain mematikan (shutdown) komputer secara otomatis adalah dengan menggunakan software/aplikasi. Cara ini menurut saya lebih bagus, karena bisa di cancel dan jendela aplikasinya bisa di minimize. Aplikasinya pun sangat ringan, sehingga tidak akan terlalu membebani kerja komputer. Contoh aplikasi shutdown otomatis yang saya pake saat ini adalah “Timer Otomatis” buatan mas Aldy Putra. Aplikasinya cukup ringan (1,07 MB) dan sifatnya portable. Satuan waktu yang digunakan adalah menit, berbeda dengan cara pertama di atas yang menggunakan satuan waktu detik.

Shutdown Otomatis Windows

Cara pakainya tidak usah saya jelaskan lagi, karena sangat mudah.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.