Langsung ke konten utama

TV Tuner Untuk Laptop dan PC (Komputer)

Nonton TV lewat PC (komputer) atau laptop biasanya menjadi pilihan bagi sebagian besar mahasiswa/mahasiswi perantau yang ngekost. Dan untuk bisa nonton siaran tv di laptop atau komputer, diperlukan perangkat yang namanya TV Tuner. Kenapa pengguna TV Tuner lebih banyak mahasiswa/mahasiswi? menurut pendapat saya, karena pada umumnya mahasiswa itu suka yang praktis, simple, dan tentu saja murah. Pokoknya sebisa mungkin, barang-barang mereka itu multi fungsi. Nah, karena rata-rata mahasiswa itu sudah punya komputer atau laptop, maka mereka tidak perlu lagi membeli pesawat televisi, yang justru akan menambah sempit kamar kost yang ukurannya rata-rata 3x3 meter (seperti kamar saya). Cukup membeli TV tuner yang ukurannya kecil (ada yang seukuran flasdisk), pasang atau colokin ke komputer, nonton TV deh. :)

Ada dua macam TV tuner yang banyak beredar di pasaran, yaitu: tv tuner internal dan tv tuner external. TV tuner internal lebih banyak ditemui pada PC desktop. Bentuknya seperti video graphic card (VGA) dan dipasang pada motherboard (MB) melalui slot PCI. Saya nggak tahu, apa ada TV tuner internal untuk laptop? soalnya saya belum pernah mendengar apalagi melihat wujudnya. Sedangkan yang external, lebih portable, dihubungkan ke komputer atau laptop melalui kabel USB. Bentuk dan ukurannya macam-macam, ada yang sebesar handphone, ada juga yang sebesar flashdisk. TV Tuner External merupakan jenis TV tuner yang paling populer, karena mudah dibawah kemana-mana (mobile) dan bisa digunakan pada laptop maupun pc desktop.

TV Tuner Internal TV Tuner Internal

TV Tuner External TV Tuner External

Kelebihan lain TV tuner dengan TV biasa adalah kita bisa merekam siaran tv yang sedang kita tonton. Makanya jangan heran kalau menemukan banyak video-video klip yang beredar di masyarakat, dipojok kanan atas ada logo sebuah stasiun televisi. Itu adalah video klip hasil rekaman dari TV tuner. Ada juga TV tuner yang dilengkapi dengan fitur radio. Jadi dengan komputer + tv tuner, secara tidak langsung kita telah menggabungkan tiga jenis alat hiburan sekaligus, yaitu: PC, TV, dan Radio. Coba ada tv tuner yang juga bisa berfungsi sebagai modem, pasti bakal lebih komplit lagi. Atau memang sudah ada? cuma saya aja yang ketinggalan informasi. :D 

Saya juga punya TV tuner USB, GADMEI UTV330+. TV tuner ini saya beli pada pertengahan desember 2009. Waktu itu saya beli dengan harga 220 ribu rupiah. Cuma sekarang udah sering nganggur, karena akhir tahun 2010 dapat warisan TV dari my brother, Elisa Surya Patemme, yang langsung meninggalkan kota Jogjakarta setelah lulus kuliah.  Thank you brother atas semua warisannya. :)

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Cara Ganti Kartu SIM Card Yang Rusak/Hilang Tanpa Mengganti Nomor

Kemarin (30 Desember) sore, saya bersama teman datang ke GraPARI Telkomsel cabang Jogjakarta yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No.65. Kebetulan tujuan kami sama, yaitu sama-sama ingin mengganti kartu SIM ( SIM Card ) kami yang sudah rusak termakan oleh usia. Bedanya saya pake kartu Simpati , sementara teman sy pake kartu As .