Langsung ke konten utama

Kekurangan dan Kelebihan Blackberry (BB) CDMA

Kemarin saya ditanya-tanya seorang teman tentang kelebihan dan kekurangan Blackberry CDMA. Sepertinya dia mau beli Blackberry tapi masih bingung mau pilih BB CDMA atau BB GSM. Karena belum pernah menggunakan blackberry CDMA, saya pun hanya menjawab sesuai apa yang saya pernah baca, lihat dan dengar dari berbagai sumber.


Setahu saya harga Blackberry CDMA lebih murah dari harg BB GSM, karena kebanyakan BB CDMA yang ada di pasaran saat ini merupakan paketan bundling operator, artinya blackberry CDMA tersebut telah disubsidi oleh operator sehingga harganya diturunkan. Konsekuensinya pengguna tidak dapat menggunakan nomor dari operator CDMA lainnya, karena biasanya nomor-nya akan dikunci (locked) sehingga hanya bisa menggunakan jaringan operator pem-bundling.

Blackberry CDMA Curve 8530 Aries
Blackberry Curve 8530 Aries adalah salah satu BB CDMA yg paling laris

Juga setahu saya pada umumnya blackberry CDMA tidak menggunakan SIM CARD, tapi menggunakan sistem inject, dimana nomor handphone di tanam dalam perangkat BB tersebut. Jadi pengguna tidak mudah ganti2 nomor. Kalau mau ganti nomor, harus menghubungi operator terlebih dahulu. Tapi dengar-dengar, sekarang BB CDMA sudah ada yang menggunakan nomor model SIM CARD.

Untuk masalah jaringan, coverage CDMA memang masih kalah luas dengan GSM. Maklum, GSM lebih dulu eksis. Mungkin gara2 itu juga yang membuat harga blackberry CDMA dibanderol lebih murah. Tapi untuk masalah kualitas jaringan, menurut saya kualitasnya setara dengan GSM. Namun sebaiknya cari tahu dulu kualitas jaringan operator CDMA mana yang paling power full di tempat tinggal Anda. Yang paling baik, tentu itu yang harus Anda pilih. Saat ini pilihan operatornya setahu saya ada 4, yaitu: Esia, Smartfren, Starone, dan Flexi.

Hmm… kira-kira apalagi ya kelebihan dan kekurangan blackberry CDMA ?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.