Langsung ke konten utama

Tips Memilih iPhone (16GB, 32GB, 64GB) Sesuai Kebutuhan

Siapa yang tidak kenal dengan iPhone. Smartphone bikinan Apple ini telah menjadi gadget impian banyak orang. Selain karena kualitas dan fitur-fitur yang ditawarkan-nya, memiliki gadget berlogo Apple ini juga bisa menaikkan gengsi seseorang. Pada awal kemunculannya, iPhone memiliki 2 jenis kapasitas penyimpanan data (stroge), yakni 8GB dan 16GB. Namun sejak dikeluarkannya iPhone 4S, kita dihadapkan pada 3 pilihan kapasitas, yakni: 16GB, 32GB dan 64GB.


Tidak ada perbedaan mengenai spesifikasi pada ketiga pilihan tersebut. Namun meski begitu perbedaan harganya cukup signifikan, yaitu sekitar satu juta rupiah lebih. Inilah yang sering membuat beberapa calon pembeli merasa bingung memilih iPhone kapasitas berapa yang cocok untuk dirinya. Bagi yang tidak bermasalah dengan budget (dana), tentu bisa langsung membeli iPhone yang kapasitas paling besar (64GB). Tapi bagi yang memiliki budget pas2an, tentu sebaiknya memilih sesuai kebutuhan.

iPhone 4 dan 5
iPhone 4 S

Oke, bagi Anda yang mengalami hal tersebut, mungkin beberapa poin di bawah ini bisa menjadi acuan untuk membantu Anda memilih kapasitas iPhone yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. File musik yang akan disimpan

Tidak dipungkiri bahwa penggunaan iPhone sering dijadikan sebagai media pemutar musik digital. Untuk memudahkan akses mendengarkan musik maka kebanyakan akan menyimpan file tersebut ke dalam perangkat iPhone-nya. Sebagai hitung-hitungannya adalah untuk 1 GB setidaknya menampung 250 file musik, dengan catatan 1 file musik sebesar 4MB. Untuk mengetahuinya, kita bisa membuat daftar musik terlebih dahulu di dalam iTunes atau komputer, untuk mengetahui kisaran besar file musik yang nantinya akan dimasukkan ke iPhone.

2. File foto yang akan disimpan 

Buat yang hobi foto-foto, Anda harus perhatikan poin yang ini. Sebagai contoh, iPhone 5 mempunyai sensor kamera yang cukup sebesar, yaitu 8MP.  1 foto bisa berukuran sampai dengan 2,3MP, jadi untuk 1GB kira-kira bisa menampung 435 foto. iPhone dengan kapasitas 16GB cukup untuk menampung ribuan foto. Tetapi, sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas penyimpanan file secara online (cloud) seperti Flickr, Dropbox, Google Drive dan yang lainnya untuk menghemat ruang penyimpanan data di iPhone.

3. Aplikasi yang akan diunduh 

Yang paling akhir dan paling tidak pernah dilupa dalam penggunaan iPhone pastinya adalah aplikasi. Biasanya aplikasi umum seperti Twitter, Facebook dan Youtube hanya berukuran sekitar satuan atau belasan MB. Sebagai contoh, Facebook berukuran 19MB dan twitter 10MB.  Tetapi perlu Anda tahu bahwa ukuran tersebut dapat terus berkembang jika sering dipakai. Untuk aplikasi Twitter sendiri dapat berkembang menjadi 339MB setelah dipakai selama 1 tahun. Ini dikarenakan aplikasi tersebut menyimpan berbagai data, sebagai contoh foto yang tampil di timeline.

Nah, dengan memperhatikan ketiga hal di atas, saya yakin sekarang Anda sudah punya gambaran tentang iPhone kapasitas berapa yang Anda butuhkan. Jika Anda memang banyak menggunakan iPhone untuk menyimpan musik, video dan foto serta rajin ber-social media (online) maka mungkin Anda butuh iPhone dengan kapasitas yang cukup besar seperti 32GB dan 64GB. Tapi kalau Anda menggunakannya hanya untuk browsing, sosial media dan membaca email (tidak banyak koleksi video dan foto), saya rasa iPhone 16GB sudah lebih dari cukup. Atau kalau mau iPhone yang lebih murah lagi dengan kapasitas 8GB, pilih aja iPhone 3GS.  :)

Anda punya tips tambahan?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.