Langsung ke konten utama

Waspadai Aneka Penipuan Bisnis dan Investasi

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis online? Dengan kemajuan teknlogi didukung perangkat yang semakin canggih, akses ke bisnis online semakin terbuka lebar. Akan tetapi hati-hati. Ancaman penipuan di dunia online juga tidak kalah hebatnya bahkan semakin menakutkan. Modusnya pun beranekaragam. Mulai dari tawaran usaha, bisnis online, investasi, pencurian data (phising) sampai yang berkedok mlm (network marketing).


Di situs saya HowMoneyIndonesia.com, saya banyak membahas berbagai trend penipuan bisnis, mengungkap data tahun 2009 tentang lebih dari 600 website penipuan yang bertebaran di dunia online Indonesia. Modus website tersebut kurang lebih sama, yaitu menawarkan penghasilan yang menggiurkan. Padahal yang dilakukan hanyalah memutar uang yang masuk untuk membayarkan nasabah terdahulu.

Waspadai Aneka Penipuan Online

Saya juga mengungkap berbagai penipu bermodus peluang bisnis online dari luar negeri yang gencar mengincar masyarakat Indonesia. Mereka yang terbiasa berselancar di dunia maya tentu mengenal ZeekRewards, JSS Tripler, ProfitClicking dan lain-lain yang masih beroperasi sampai saat ini (kecuali ZeekRewards yang telah digulung pemerintah AS). Tidak sedikit yang terkecoh dan percaya bahwa website-website tersebut adalah merupakan peluang bisnis. Padahal, mereka hanyalah mengumpulkan dana dan memutarnya tanpa melakukan usaha resmi.

Akibatnya mudah ditebak. Pada suatu titik, usaha gadungan tersebut tidak mampu membayar janji-janji manisnya, lalu runtuh. Akan tetapi karena mereka telah memiliki asset dari penipuan sebelumnya, dengan mudah mereka berganti nama lalu muncul kembali dengan janji-janji yang takkalah menggiurkan.

Untuk menghindari aneka penipuan yang saat ini terjadi, Saya menyarankan agar masyarakat waspada terhadap tawaran bisnis atau investasi yang terkesan menggiurkan dan gampang. Semua investasi memiliki resiko dan hasil yang tidak tentu. Jika ada yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat, bisa jadi itu lah pertanda awal penipuan. Sebelum mengambil keputusan, sebaiknya kedepankan logika. Meminta nasehat dari orang yang lebih paham, dapat menyelamatkan dari berbagai tindak penipuan.

Meskipun demikian, masyarakat justru dihimbau untuk gemar berinvestasi secara lebih cerdas. Menurut saya, menyimpan uang dalam tabungan bank bukanlah bentuk investasi, tetapi hanya untuk berjaga-jaga dan transaksi harian. Alasannya, karena pendapatan bunga bank jauh lebih rendah dari tingkat inflasi. Karena itu, masyarakat sebaiknya berinvestasi dalam instrument yang memberi hasil lebih tinggi seperti deposito, reksadana, saham atau property.

Ditulis oleh:

Adel Toraya | Blog: howmoneyindonesia.com | Fb: facebook.com/adel.toraya

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.