Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Bisa Diformat

Kemarin waktu saya bongkar-bongkar gudang, saya menemukan sebuah flashdisk berkapsitas 1 GB yang sudah terlihat usang, Tulisan merek di body (casing) nya sudah mulai pudar. Karena kebetulan saya lagi nggak punya flashdisk, saya coba hilangkan pikiran kalau flasdisk itu sudah rusak. Saya bersihkan flash disk itu dan coba colokin ke komputer. Yes, flashdisk-nya terdeteksi di laptop saya dengan baik. Tapi pas mau saya buka di explorer, langsung muncul pesan “Please insert a disk into drive :G




Saya coba liat properties nya, dan hasilnya 0 byte. Kemudian saya coba format flashdisk nya dengan fungsi format standart windows, dan hasilnya “can’t format the disk” yang artinya flashdisk tidak bisa diformat. Karena flashdisk masih terdeteksi dengan baik di komputer, saya yakin kalau flashdisk tersebut masih bisa diperbaiki.

Karena itu saya langsung buka google dan mulai mencari-cari info cara memperbaiki flashdisk rusak. Banyak sekali artikel yang saya temukan membahas masalah perbaikan flash disk yang rusak, dan rata-rata menggunakan software. Software-software yang biasa digunakan untuk memperbaiki flashdisk rusak tersebut antara lain:

  • HP USB Disk Storage Format Tools
  • HP Drive Boot Utility
  • Flashdisk Repair
  • JetFlash Recovery Tool
  • Super Stick Recovery Tools
  • AlcorMP-UFD

Untuk masalah kerusakan pada flashdisk yang saya temukan itu, saya sudah coba pake Flashdisk Repair, HP USB Disk Stroge Format Tools, Super Stick Recovery Tool dan AlcorMP-UFD. Dan yang berhasil memperbaiki kerusakan pada flashdisk saya tersebut adalah Super Stick Recovery Tool, buatan kingmax.

Cara memperbaiki Flashdsik Rusak

Software-nya sangat simple dan portable, sesimple cara menggunakannya. Tinggal jalankan programnya dan klik tombol "Update". Tinggal tunggu deh proses perbaikan selesai 100%. Kalau berhasil, cabut flashdisk -cabutnya dgn cara yang benar yaa.. (safety remove) jangan asal main cabut - dari slot USB, lalu pasang lagi. selesai. Mudah, khan?  :-)

Karena penyebab kerusakan sebuah flashdisk beda-beda, jadi kalau pake Super Stick Disk Recovery tidak berhasil, coba gunakan software Disk Recovery Tools yang lain. Kalau mau download software-nya, cari aja di situs-situs file sharing seperti 4shared.com. Atau langsung ketikkan nama software di mesin pencari seperti google, yahoo, atau bing.

Kalau flashdisk-nya sudah kembali normal, jangan lupa dirawat dengan baik biar nggak mudah rusak (Baca: Tips Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak). Walaupun harga Flashdisk sudah semakin murah, tapi kalau bisa merawat dan memperbaiki flashdisk lama yang rusak, kenapa harus keluarin duit untuk beli flash dsik baru? Betul tidak..?? Hehe...

Mungkin ada Disk Recovery Tools lain yang juga mancur memperbaiki kerusakan-kerusakan pada flashdisk, selain yang sudah saya sebutkan di atas? Kalau ada, sharing di kolom komentar yaa... :-)

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.