Langsung ke konten utama

Tergoda Sama Kecanggihan Kamera LG G2

Kamera adalah salah satu elemen penting yang menjadi daya tarik dari sebuah smartphone. Budaya narsis masyarakat yang semakin akut, menjadi salah-satu faktor penyebabnya. Ayoo… ngaku, siapa yang tingkat narsisnya sudah sampai stadium 3? Dikit-dikit pengen foto, mau makan, mau tidur, mau mandi, mesti foto-foto dulu. Apalagi kalau sudah jalan-jalan, hukum-nya wajib untuk foto-foto . :-)


Ungkapan yang sering kita dengar di sosial media yang mengatakan "NO PICTURE = HOAX", itu juga memicu orang untuk semakin narsis. Karena itu tidak heran kalau saat ini orang-orang mulai menjadikan kamera sebagai faktor yang penting dalam menentukan pilihan pada sebuah smartphone. Kualitas hasil foto dan fitur pastinya menjadi ukuran.

Saya sendiri sudah lama memimpikan kualitas kamera di smartphone bisa setara dgn kualitas kamera DSLR. Jadi kalau kemana-mana nggak usah bawa-bawa kamera DSLR yang ukurannya cukup besar da berat itu. Tapi sepertinya impian saya itu tinggal menunggu waktu saja, soalnya kalau kita lihat kamera-kamera smartphone sekarang, makin lama makin canggih.

Kamis sore (19 September 2013) saya diundang mengikuti acara “Blogger Gathering Blogger LG G2” di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta. Ini merupakan acara pengenalan smartphone terbaru LG G2 kepada para blogger, sebelum resmi dilaunching pada tanggal 27 September 2013. Dalam acara tersebut dijelaskan berbagai keunggulan dari ponsel pintar yang menggukan Joe Taslim sebagai Brand Ambassador-nya ini. Ada juga sesi tanya jawab.

Feri, LG G2, dan Joe Taslim
Nggak bisa foto sama Joe Taslim yg asli, patungnya pun boleh lah... :D
Tes kualitas Audio LG G2
Lagi ngetes kualitas Audio LG G2
Tongkonanku.com numpang narsis di LG G2
Tongkonanku.com numpang narsis di LG G2

Dari sekian banyak keunggulan LG G2 yang dipaparkan dalam acara tersebut, yang paling membuat saya tertarik adalah kecanggihan kamera-nya. Bukan karena resolusi-nya yang 13 megapixel, tapi karena lensa-nya itu bisa bergerak layaknya bola mata manusia mengikuti objek yang dilihatnya. Teknologi ini memungkinkan kita mengambil gambar (foto atau video) yang bergerak tanpa harus menggeser kamera mengikuti objek yang bergerak tersebut. Persis seperti gerakan bola mata.

Lensa yang bisa bergerak tersebut sangat terkait erat dengan fitur-fitur andalan dari kamera LG G2 yang sejauh ini belum pernah saya temui di kamera smartphone lainnya. Fitur-fitur tersebut yaitu:

Optical Image Stabilization (OIS)

Teknologi OIS sebelumnya sudah digunakan oleh kamera smartphone lain. Bedanya, OIS yang digunakan LG G2 merupakan teknologi OIS yang terbaru. Ditambah teknologi lensa yang bisa bergerak mengikuti objek, membuat hasil jepretan kamera LG G2 pada objek yang bergerak jauh lebih baik.  Masalah blur yang sering terjadi akibat goyangan kamera atau karena gerakan objek yang diambil, bukan masalah lagi bagi kamera LG G2. Begitu juga dengan goncangan saat recording.

Auto focus nya juga menggunakan multi points (ada 9 titik fokus) yang mampu meningkatkan fokus kemara menjadi lebih jelas. Manfaatnya akan sangat terasa saat kita memfoto wajah orang banyak dan objek yang bergerak.

Fitur OIS Camera LG G2


Audio Zoom

Ini juga fitur yang keren banget! Dan kayaknya baru LG G2 yang punya. Dengan fitur Audio Zoom, kita bisa memfokuskan pengambilan suara pada objek tertentu. Contohnya ketika kita ingin merekam video wawancara dilokasi yang bising, banyak suara-suara lain yang bisa mengaburkan suara orang yang kita wawancarai.

Tapi dengan fitur Audio Zoom pada kamera LG G2, kita bisa memfokuskan pengambilan/perekaman suara, hanya pada orang yang kita inginkan, suara-suara lain di sekitarnya akan diabaikan. Jadi saat video hasil rekaman diputar, kita akan mendengar suara orang yang diwawancarai tadi dengan jelas.

Fitur Audio Zoom Camera LG G2


Tracking Zoom

Saat sedang merekam video, kita bisa melakukan zoom pada salah satu objek yang bergerak dan menampilkannya di atas video background yang sedang direkam (dalam satu frame yang sama). Kamera akan selalu mengikuti gerakan objek yang telah kita zoom tadi, tanpa harus ikut menggeser perangkat LG G2 nya.

Zoom to Track

Ini hampir sama dengan fungsi tracking zoom. Bedanya, kalau zoom to track digunakan pada hasil rekaman video. Jadi saat memutar video, kita bisa men-zoom (memperbesar) objek yang bergerak di screen dan menampilkannya sebagai foreground (latar depan) dalam frame yang lebih kecil.

___________________

Sebagai informasi...

Phonearena, sebuah situs ternama di dunia yang sering menjadi sumber referensi bagi para pencari gadget sudah melakukan komparasi hasil foto kamera LG G2 dengan kamera Smartphone Premium lainnya seperti iPhone 5, Samsung Galaxy S4 dan HTC One. Hasil dari komparasi tersebut, Phonearena menobatkan kamera LG G2 sebagai pemenang. Anda bisa lihat sendiri hasil review-nya di sini.

Untuk informasi lainnya tentang LG G2, silahkan baca postingan saya sebelumnya, Smartphone Terbaru LG Tampil Beda dgn Tombol Di Belakang

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.