Langsung ke konten utama

Jualan di Internet Tidak Harus Punya Toko Online Sendiri

Di era persaingan bisnis yang begitu ketat seperti sekarang, mengandalkan satu bentuk marketing saja tidak-lah cukup untuk memajukan sebuah usaha atau bisnis. Bahkan untuk sekedar bertahan saja saya rasa akan sangat sulit. Dibutuhkan kejelian dan kreatifitas dalam melihat serta memanfaatkan setiap peluang yang ada, khususnya yang berhubungan dengan pemasaran (marketing).


Contohnya di jaman internet seperti sekarang, sudah tidak cukup lagi hanya mengandalkan toko/gerai dipinggir jalan, mall, pertokoan, pasar dan tempat-tempat strategis lainnya untuk memasarkan suatu produk. Kalau ingin jangkauan pasar yang lebih luas (bahkan tanpa batas) maka jualan lewat internet wajib dilakukan. Apalagi kalau produk-nya unik (tidak mudah didapatkan dimana-mana), itu coco banget dijual lewat internet.

Kalau kata seorang ahli pemasaran, Hermawan Kartajaya dalam sebuah artikel di viva news yang berjudul  Era Pemasaran Online Pengusaha Harus Jeli, “Jika tidak mempromosikan produknya secara online, maka akan tergeser oleh produk-produk baru yang kian semarak menawarkan produk mereka melalui jasa jaringan sosial online tersebut”.

Salah satu cara memasarkan suatu produk di internet yaitu dengan membuat toko online sendiri sebagai ruang etalase (display) dan order produk-produk yang ingin dijual. Untuk memiliki sebuah toko online sendiri, kita terlebih dahulu harus beli atau sewa domain dan hosting (baca: domain dan hosting).  Setelah itu baru lanjut ke pembuatan toko online. Disini Anda bisa membeli desain toko online yang sudah jadi atau membayar jasa web developer untuk membuat desain toko online sesuai dengan yang Anda inginkan.

Apakah cukup sampai disitu? Tentu saja tidak! Justru tahap selanjutnya ini yang paling penting, yaitu PROMOSI. Yup, sebuah toko online tidak akan menghasilkan apa-apa tanpa dipromosikan. Ilmu-ilmu online marketing harus Anda kuasai seperti SEO (Search Engine Optimazation), SMM (Social Media Marketing) dan lain sebagainya. Jika Anda tidak bisa melakukan itu, maka terpaksa Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membayar seorang online marketer.

Tapi tenang, jualan di internet tidak harus dengan membuat toko online sendiri seperti yang saya contohkan di atas. Ada cara lain yang lebih mudah dan murah, bahkan menurut saya lebih powerfull untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Caranya yaitu dengan membuka lapak di situs marketplace seperti Lamido.co.id

Lamido - Situs jual beli (marketplace) Indonesia
Screenshot halaman depan lamido.co.id (11/12/2013)

Lamido ini saya ibaratkan sebuah mall di dunia maya yang menyediakan ruang atau tempat bagi siapa saja untuk memasarkan produk usahanya. Masalah pengelolaan dan pemasaran situs sudah menjadi urusan si pemilik atau si pengelola lamido yang terdiri dari orang-orang profesional dan ahli dibidangnya masing-masing.

Jadi kita sebagai penjual atau pemilik produk, tinggal daftar, bayar sewa bulanan layaknya nyewa lapak di pasar-pasar atau mall-mall  (bedanya harga sewa lapak di internet jauh lebih murah) setelah itu tinggal pajang (upload) foto-foto, harga, spesifikasi dan keterangan (deskripsi) produk yang ingin dijual. Selanjutnya tinggal tunggu deh orderan datang. Mudah, khan?

Tapi kalau Anda ingin hasilnya lebih maksimal, Anda juga bisa ikut mempromosikan lapak atau produuk jualan Anda sendiri yang ada di lamido melalui media-media sosial online seperti facebook, twitter, forum, BBM, dan lain sebagainya. Tapi ingat, kalau promosi di media sosial jangan terlalu berlebihan. Sebaiknya cari tahu (pelajari) dulu cara/tips berpromosi di media sosial online yang baik dan benar.

Sebagai informasi tambahan, Lamido ini merupakan saudara kandung dari lazada yang jaringan e-commerce nya sudah ada di banyak negara, seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Indonesia. Yang sering wara-wiri di internet, apalagi yang sudah biasa belanja online, pasti sudah kenal banget dengan toko online lazada. Jadi, situs marketplace Lamido Indonesia ini sangat recommanded untuk jualan dan belanja online.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.