Langsung ke konten utama

Pompa Air Bertenaga Air

Berdasarkan hukum air (hukum gravitasi), air akan selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Namun sekarang air juga bisa dialirkan sebaliknya (dari tempat yang rendah ke tempat yang tinggi) dengan menggunakan bantuan mesin pompa air yang berbahan bakar minyak maupun listrik. Tapi pernakah kalian berpikir untuk mengalirkan air dari tempat rendah ke tempat tinggi tanpa menggunakan mesin pompa yang menggunakan bahan bakar minyak maupun listrik?

Seorang warga bernama Yanto dari Banyumas atau yang bisa di sebut mas Tukul "Golden Water", menemukan pompa air bertenaga air yang ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bahan bakar minyak maupun listrik. Bahkan hasil karya Yanto yang hanya lulusan sebuah madrasah setingkat SLTA ini, mampu mengalahkan karya seorang profesor yang membuat teknologi listrik tenaga surya, dalam sebuah kompetisi prestasi yaitu "Indonesia Berprestasi Award (IBA) 2008" yang diselenggarakan oleh PT. Exelcomindo Pratama Tbk. Menurut dewan juri, teknologi pompa air tersebut amat aplikatif dan memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat yang hidup di pegunungan.

Prinsip kerja dari pompa air tenaga air tersebut adalah dengan memanfaatkan daya dorong air dari ketinggian tertentu untuk menaikkan kembali air tersebut. Kemiringan antara air turun, pompa, dan air naik menjadi faktor penting. Mekanisme kerjanya sangat sederhana. Air dari sumber air ditampung dalam sebuah bak dengan ketinggian sekitar lima meter, kemudian air dialirkan ke tempat yang lebih rendah menggunakan pipa. Dengan kemiringan tertentu air tersebut dialirkan ke hydram. Setelah masuk ke hydram, disemburkan ke atas atau ke tempat penampungan air. Semua proses tersebut tak membutuhkan bahan bakar minyak maupun listrik. Jadi pompa air tenaga air temuan Yanto ini sangat bersahabat dengan bumi, karena ramah lingkungan dan hemat energi.

Sayang, hingga kini hasil karya Suyanto ini belum dipatenkan, karena dia belum bisa membuat rumus fisika dari temuannya tersebut. Penjelasan mekanika fluida yang logis, katanya memang diperlukan lembaga paten untuk mempatenkan suatu karya/temuan.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.