Langsung ke konten utama

8 Tips Aman Menggunakan Handphone / Ponsel

Bahaya radiasi ponsel atau handphone Ketergantungan orang-orang  jaman sekarang terhadap handphone/ponsel tampaknya sudah tidak bisa dibendung lagi. Hampir semua org sudah tak bisa lagi dipisahkan dari yang namanya handphone. Mulai dari anak kecil sampai orang Tua, dari kota sampai pelosok-pelosok desa, semua sudah punya handphone. Berkomunikasi melalui handphone sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Waktu yang dihabiskan untuk menelpon-pun cukup lama, bahkan hingga berjam2.

Kemudahan berkomunikasi dimanapun dan kapanpun, membuat handphone berubah menjadi  alat kebutuhan pokok manusia jaman sekarang. Namun di sisi lain, gadget yang terus mengalami inovasi ini sering juga dituding sebagai salah satu “biang keladi” berbagai penyakit, seperti: kanker otak, kelenjar ludah, dan tumor lunak saraf pendengaran. Beberapa penelitian telah mengungkapkan pengaruh negatif dari penggunaan handphone, seperti yang telah saya tulis dalam postingan sebelumnya tentang bahaya ponsel bagi kesehatan.

Meskipun anggapan tersebut masih simpang siur, namun tak ada salahnya meminimalkan efek buruk dari ponsel tersebut. Simak 8 tips aman meggunakan Hanphone/Ponsel, yang saya dapat dari twitter ZTE (@ZTE_Indonesia, berikut ini :

  1. Anak usia di bawah 12 tahun sebaiknya tdk sering menggunakan ponsel. Minta si kecil utk memakai handphone untuk keperluan darurat saja.
  2. Lebih baik kenakan perangkat handsfree saat menelepon dalam waktu yang lama, dibandingkan menempelkan ponsel di telinga Anda.
  3. Jangan simpan ponsel di saku celana. Radiasi dari ponsel ditakutkan bisa mengganggu sirkulasi darah di bagian tengah dan bawah tubuh.
  4. Usahakan tidak meletakkan handphone di dekat kepala Anda, saat tidur
  5. Jangan memakai ponsel terlalu lama. Jikapun harus lama, sebaiknya gunakan alat hands free
  6. Sering-seringlah mengganti posisi telinga saat Anda menelepon.
  7. Sebaiknya jangan menggunakan telepon di lokasi yang memiliki sinyal tidak stabil, atau di tempat yang bergerak. (misalnya di mobil).
  8. Usahakan mengurangi frekuensi menelepon, dan lebih baik berkomunikasi lewat SMS

Nah, itulah 8 tips aman menggunakan handphone/Ponsel, yang bisa Anda perhatikan agar terhindar dari pengaruh buruk penggunaan handphone. Bagaimanapun, handphone sudah menjadi bagian hidup manusia modern, yang tak bisa dipisahkan. Yang perlu dilakukan sekarang adalah bagaimana meminimalisir pengaruh buruk dari handphone tersebut, sambil menunggu teknologi handphone yang benar2 aman untuk kesehatan.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Cara Ganti Kartu SIM Card Yang Rusak/Hilang Tanpa Mengganti Nomor

Kemarin (30 Desember) sore, saya bersama teman datang ke GraPARI Telkomsel cabang Jogjakarta yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No.65. Kebetulan tujuan kami sama, yaitu sama-sama ingin mengganti kartu SIM ( SIM Card ) kami yang sudah rusak termakan oleh usia. Bedanya saya pake kartu Simpati , sementara teman sy pake kartu As .