Langsung ke konten utama

GADGET dan Kartu Seluler Wajib Bagi Para Travelers

Traveling adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Apalagi kalau traveling itu dilakukan dalam rangka berwisata atau jalan-jalan. Tapi ada juga orang yang sering traveling karena urusan pekerjaan. Dan biasanya biaya perjalanannya itu dibiaya oleh kantor/perusahaan tempat dia bekerja. Wuih.. asik banget tuh kerjaan! udah jalan-jalan gratis, dapat gaji pula. Saya mau kalau dapat kerjaan kayak gitu. :D

Saya sangat senang dan merasa beruntung dilahirkan sebagai orang Indonesia. Negara luas yang kaya akan budaya dan keindahan alam. Setiap sudut wilayah di negeri ini menawarkan budaya dan keindahan alam yang berbeda-beda. Rasanya tak akan habis untuk dijelajahi. Makanya nggak heran kalau banyak yg menyebut Indonesia sebagai surganya para travelers. Karena itu saya punya cita-cita, sebelum Tuhan memanggil, saya sudah mengunjungi seluruh daerah yang ada di Indonesia. Setelah itu, kalau Tuhan masih memberi umur panjang dan rejeki, baru saya akan memikirkan traveling ke negara lain (luar negeri). :D

Traveling ke Jakarta dan Bali
Foto-foto saat saya traveling ke Jakarta dan Bali

Sampai saat saya menulis artikel ini, saya sudah pernah traveling ke kalimantan tengah, sulawesi selatan (kampung saya sendiri), dan bali. Sedangkan tempat yang paling banyak saya kunjungi adalah di pulau jawa. Dari pengalaman traveling tersebut, saya menyimpulkan ada dua GADGET yang menurut saya wajib dimiliki dan di bawah oleh seorang traveler.

Kamera

Kamera Digital Samsung NX10

Travelling tidak akan berkesan tanpa ada yang namanya dokumentasi. Kalau istilah sekarang, “no picture is HOAX”. Karena itu KAMERA wajib dibawa saat traveling. Dengan membawa kamera, kita bisa merekam/mengabadikan setiap kejadian atau pemandangan menarik yang dijumpai. Juga untuk membuktikan kalau Anda benar-benar sudah ke tempat tersebut. Masalahnya orang-orang jaman sekarang, tidak akan percaya kalau cuma omongan doank. Harus ada bukti berupa foto, baru dipercaya. :-) 


Handphone/Ponsel

Samsung Google Nexus

Kalau yang satu ini, fungsi utamanya sudah sangat jelas, yaitu sebagai alat komunikasi. Bahkan tanpa diingatkan pun benda yang bernama handphone/ponsel ini otomatis akan terbawa dengan sendirinya. Jangankan mau travelling, ke kamar mandi aja bawa handphone. :D Namun sebaiknya gunakan ponsel yang sudah berkategori smartphone. Kenapa? Karena dengan smartphone yang terkoneksi dengan internet, kita bisa melakukan banyak hal, seperti mencari berbagai macam informasi melalui internet, melihat peta melalui google map, buka/kirim email, berkomunikasi dengan teman-teman di jejaring sosial, dan lain sebagainya.

Namun ada satu benda yang sering tidak diperhitungkan (khususnya para travellers sejati) padahalbenda ini sangat penting. Ibarat kendaraan bermotor, benda ini adalah bahan bakar-nya. Benda apakah itu? Yup, apalagi kalau bukan Kartu Seluler.

Seorang traveler sejati, paling senang kalau bepergian ke tempat-tempat yang baru.  Sayangnya, semua operator seluler yang ada saat ini belum mampu mengcover seluruh wilayah Indonesia yang begitu luas. Karena itu, bagi seorang traveller sebaiknya menggunakan kartu seluler dari operator yang luas wilayah jaringan-nya paling luas  (widest coverage) dan kualitas jaringan-nya paling bagus.

Nggak mau khan kalau misalnya Anda travelling ke suatu tempat, tiba-tiba komunikasi anda terputus gara-gara jaringan operator seluler yang Anda pakai belum mengcover daerah tersebut? Atau sinyal ada tapi lemah, naik-turun (tidak stabil) dan hanya dapat jaringan GPRS? Apalagi kalau sudah berhubungan dengan koneksi DATA (internet), jelas membutuhkan kualitas jaringan yang bagus. Gimana mau cari info, cek email, update satus dan share foto ke jejaring sosial (seperti twitter dan facebook), kalau kualitas jaringan jelek, atau malah hilang. Nggak asik banget, khan?

Power Bank (Portable Charger)

Power Bank (Portable Charger)

Kalau yang ini merupakan alat (tool) pendukung dari kedua Gadgets di atas. Tidak wajib, tapi sangat disarankan. Masalahnya, daya tahan baterai smartphone dan kamera yang ada sekarang sangat terbatas. Semakin sering digunakan untuk kegiatan seperti online, main game, dengar musik, mutar/rekam video, dan motret,  pastinya akan semakin cepat pula baterai habis.

Nah, karena itu seorang traveler yang lebih banyak beraktivitas diluar rumah, membutuhkan yang namanya Power Bank atau Portable charger yang bisa dibawa kemana-mana. Jadi tidak perlu takut kehabisan baterai, karena cadangan power sudah tersedia. Kalau baterai udah sekarat, tinggal dicharge pake Power bank. Semakin besar daya tampung listrik sebuah power bank, maka semakin bagus, karena cadangan listrik yang tersedia juga akan semakin banyak.

Itu lah dua Gadget + satu tool pendukung (power bank) dan kartu seluler yang menurut saya wajib dimiliki dan dibawa oleh seorang traveler sejati.

Mungkin Anda punya pendapat lain atau tambahan gadget lain?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.