Langsung ke konten utama

Handphone Untuk TKI, Perlukah?

Sejak mencuatnya kasus penganiayaan Sumiati, TKW asal NTB, yang dilakukan oleh majikannya di Arab Saudi, serta Kikim Komalasari yang dibunuh majikannya, juga di Arab Saudi, membuat pemerintah berencana untuk memberikan handphone (HP) kepada setiap TKI. Rencana ini disampaikan langsung oleh Presiden SBY, dalam sebuah jumpa pers seusai rapat terbatas membahas masalah TKI, di Kantor Presiden, Jakarta (19/11/2010). Menurut Pemerintah, pemberian fasilitas handphone ini, bertujuan untuk memudahkan para TKI, melalukan pelaporan jika mendapat perlakuan yang tidak adil dan tidak baik.

Handphone Untuk TKI Rencana pemerintah untuk memberikan handphone kepada setiap TKI ini, mendapat banyak pertanyaan dan tanggapan pesimis dari masyarakat. Ada yang menganggap rencana pemerintah ini merupakan ide yang tidak cerdas, tidak bermutu, dan lain sebagainya. Pada intinya, masyarakat mempertanyakan dan meragukan keefektifan rencana tersebut.

Saya sendiri termasuk orang yang sangat meragukan keefektifan rencana pemberian fasilitas handphone ini. Menurut saya, yang dibutuhkan TKI bukanlah handphone, tetapi jaminan perlindungan. Saat ini, handphone bukan lagi barang mahal yang hanya bisa terbeli dan dimiliki oleh orang-orang kaya. Jadi, tanpa diberi fasilitas handphone pun, saya yakin para TKI sudah punya handphone masing-masing.

Selama ini berita yang terdengar, bahwa paspor para TKI disita oleh majikannya, lalu bagaimana dengan handphone mereka nantinya? apakah ada jaminan kalau handphone tersebut tidak akan ikut disita? Dan apakah nantinya, bila ada laporan penyaniayaan akan langsung ditindak lanjuti? Selama perlindungan yang diberikan pemerintah lemah, maka fasilitas handphone itu, tidak akan berarti apa-apa.

Kemarin (20/11/2010), di sebuah acara metrotv, saya mendengar kesaksian orang tua seorang TKW yang anaknya meninggal di Arab Saudi. Menurut kabar yang dia terima, anaknya meninggal gara-gara jatuh dari apartemen. Dia sudah berusaha meminta bukti kalau anaknya itu benar-benar meninggal akibat jatuh dari atas apartemen, tapi tidak ditanggapi. Justru, dia disodori sebuah surat perjanjian beserta sejumlah uang, agar tidak memperpanjang masalah anaknya tersebut. Berdasarkan kesaksian bapak ini, jauh sebelum anaknya meninggal, anaknya sudah pernah mengeluhkan kekerasan yang diterimanya itu ke pihak konjen. Namun, justru pihak konjen malah menyarankan untuk segera pulang ke majikannya, karena kalau tidak, dia akan didenda 3000 dollar.

Dari kasus di atas, kita bisa menyimpulkan, kalau perlindungan yang diberikan negara bagi para pahlawan devisa, sangat lah lemah, bahkan terkesan tidak peduli. Pantas aja, banyak kasus TKI yang disiksa. Padahal, kalau saya dengar, tenaga kerja dari negara lain juga banyak di sana, namun kenapa mereka jarang mendapat kekerasan? karena negara mereka benar-benar memberikan jaminan perlindungan. Kasihan banget ya, jadi orang indonesia?!

Kembali ke masalah pemberian fasilitas handphone bagi TKI. Selama jaminan perlindungan dari pemerintah masih lemah, seperti sekarang, maka pemberian fasilitas handphone tidak akan ada gunanya. Jadi menurut saya, pemberian fasilitas handphone, tidak perlu. Istilah anak sekarang, “nggak penting bgt deh..!!!”.

Bagaimana menurut Anda?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.