Langsung ke konten utama

Pengalaman Pertama Saya Online

Pertama kali mengenal dunia internet sekitar pertengahan tahun 2002. Ketika itu saya baru mulai mersakan yang namanya kuliah. Maklum lah.. saya lahir dan dibesarkan serta sekolah di sebuah desa kecil di sulawesi-selatan. Boro-boro mengenal internet, memegang komputer saja belum pernah. Makanya.. awal mulai kuliah (di sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta), saya sangat minder (malu) melihat teman-teman saya yang sudah pada mahir mengoperasikan komputer dan internet. Yaa.. namanya juga pelajar yang baru datang dari desa. :D

Dunia Online

Saya Online pertama kali bareng teman di sebuah warnet. Namun waktu itu saya hanya sebagai penonton saja, karena masih sangat buat soal komputer, apalagi internet. Saya melihat teman saya begitu asik internetan. Menyaksikan teman saya yang begitu asik internetan di depan komputer, membuat saya semakin minder saja. Sampai-sampai saya berkata dalam hati, "koq saya ndeso banget yaa...?!". Hehe...

Sadar akan ketertinggalan saya dalam hal komputer dan internet, saya kemudian berusaha mengejar ketertinggalan saya tersebut, dengan mengambil kursus komputer dan internet di sebuah lembaga pendidkan komputer. Dari situ saya mulai sedikit banyak tahu cara pengoperasian komputer dan penggunaan internet. Seperti browsing, chatting, email, dll. Dan sejak saat itulah, saya mulai sering mondar-mandir ke warnet. Sampai-sampai sering lupa waktu karena keasikan online. Efek sampingnya, uang bulanan dari orang tua pun cepat ludes sebelum waktunya. Namun, saya tidak menyesal dengan semua pengeluaran itu, karena banyak ilmu baru yang saya dapat dari aktivitas online tersebut.

Saat itu belum ada friendster, facebook atau blog. Jadi aktivitas yang paling banyak saya lakukan saat itu di dunia maya adalah chatting, browsing dan email. Tapi lebih banyak chattingnya sih.. hehe. Sampai akhirnya saya tiba pada fase dimana saya mulai jenuh/bosan dengan aktivitas di internet yang itu-itu saja. Sejak itu aktivitas saya di dunia maya pun berkurang drastis. Paling-paling kalau ke warnet buat nyari (browsing) bahan buat tugas kuliah saja.

Semangat online saya kembali berkobar sejak munculnya situs-situs pertemanan seperti friendster. Bahkan makin berkobar ketika saya mengenal yang namanya BLOG. Dan blog yang sedang Anda lihat dan baca ini adalah blog pertama saya. Dibuat pada awal bulan september 2007.

Kenapa blog bisa membuat saya kembali semangat online? Karena saya melihat banyak manfaat yang bisa didapat dari ngeblog. Tapi yang utama adalah sebagai tempat belajar menulis atau mengasah keterampilan menulis yang paling baik. Dulu sebelum memiliki blog, saya paling tidak mahir yang namanya merangkai kata-kata lewat tulisan. Namun setelah beberapa lama menulis di blog, kini keterampilan menulis saya semakin baik. Bahkan sekarang, menulis mulai menjadi hobi saya. Selain itu blog juga merupakan wadah yang sangat baik untuk berbagi ilmu, informasi, ide-ide kreatif, serta pengalaman. Tempat curhat, juga bisa. :)

Dunia Internet

Saat ini, online adalah aktivitas rutin saya sehari-hari. Pas banget dengan lagu barunya Saykoji yang berjudul “Online”. Pokoknya lagu itu gue banget dech..! :D  Untunglah, sekarang biaya internet semakin murah, jadi saya sudah bisa online/internetan dari rumah, tanpa harus bolak-balik lagi ke warnet. :)

Internet memang penuh dengan segudang manfaat, namun apa yang ada di internet tidak semuanya baik. Banyak juga hal-hal negatif yang bisa di timbulkan dengan adanya internet. Namun semua itu kembali lagi kepada kita sebagai penggunanya. Karena itu, kita harus bijak dalam pemanfaatannya. Gunakan Internet dengan bijaksana, karena saya yakin, manfaat positifnya lebih banyak dari pada negatifnya.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Ebook Panduan SEO Resmi dari Google

P ada postingan kali ini, saya hanya ingin menginformasikan bahwa SEO Starter Guide kini telah mendukung mendukung 40 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Ini tentu merupakan berita gembira, terutama bagi teman2 yang bahasa inggrisnya belum jago, seperti saya. Kalau ada yang belum tahu tentang SEO Satrter Guide , ini merupakan ebook panduan search engine optimazation (SEO) remi dari google , yang diterbitkan sekitar pertengahan november 2008. Pada awal penerbitannya hanya mendukung bahasa inggris saja. Namun pada tanggal 5 Juni 2009, google memberikan berita gembira kalau SEO Starter Guide telah available dengan 40 bahasa. Ebook ini sangat direkomendasikan bagi para pemula. Apalagi ini adalah ebook SEO resmi langsung dari Google. Oke, supaya saya tidak berpanjang lebar lagi, silahkan langsung saja Anda download ebooknya di SINI . Semoga bermanfaat.