Saya, Internet dan Gaya Hidup

Saat ini, siapa yang tidak kenal dengan Internet? Produk dari sebuah kemajuan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi ini, telah berhasil menciptakan dunia baru (dunia maya) bagi manusia. Dunia yang hanya bisa disaksikan melalui layar kaca/monitor komputer maupun monitor ponsel ini, telah berhasil membawa perubahan besar terhadap gaya hidup manusia jaman sekarang.

Aktivitas sehari-hari manusia seperti bersosialisasi, jual-beli, belajar-mengajar, diskusi, dan lain sebagainya, kini bisa dilakukan di dunia maya (internet). Internet telah menjadi bagian hidup sebagian besar orang, termasuk saya. Bersosialisasi melalui sosial media seperti blog, facebook, twitter, koprol, forum online, dll, sudah menjadi rutinitas saya sehari-hari. Termasuk mengupdate pengetahuan dan berita-berita terbaru melalui situs-situs berita online, seperti: kompas, detik, vivanews, dll.

lifestyle - work at homeWork and socializing from home

Saat ini, internet sudah menjadi bagian hidup saya yang tak terpisahkan. Bahkan sejak pertama kali saya mengenal internet. Saking cintanya sama internet, saya bercita-cita untuk menggantungkan masa depan saya melalui internet. Saya ingin menjadi seorang internet marketer. Saya pernah menghayal loh… menjadi blogger muda terkaya di dunia. :D

Selain perubahan gaya hidup dalam bersosialisasi, berbelanja melalui internet (online shopping) juga sudah menjadi gaya hidup, terutama di negara2 maju. Di negara berkembang seperti indonesia, perubahan ke arah itu, sudah mulai terlihat. Toko-toko online (online store/webstore) yang menawarkan berbagai macam produk barang dan jasa, sudah mulai banyak bermunculan. Bahkan tak sedikit orang yang menyulap jejaring sosial seperti facebook, sebagai lapak menjual barang2 dagangannya.

online-shopping Online Shopping

Ngomong2 soal belanja online, saya sudah punya beberapa barang yang saya beli melalui internet. Diantaranya, buku, t-shirt, modem, dan TV tuner. Kalau barang yang paling sering saya beli sih, t-shirt. Baru-baru ini saya habis beli sebuah monitor LCD. Awalnya pengen beli melalui internet. Udah dapat harga yang cocok di bhinneka.com, tinggal klik tombol “BUY”. Eh.. tiba2 ada suara “Fer, nanti malam monitornya sudah harus ada, ya!. Nanti malam, KK mau lembur ngerjain tugas kantor”. Ya.. terpaksa deh, siang itu juga saya harus panas-panasan ke toko komputer, yang jaraknya lumayan jauh dari rumah. *Capek deh…!*

Harapan saya, jaringan dan koneksi internet di Indonesia semakin baik. Jangkauannya semakin luas, sampai ke pelosok-pelosok desa. Agar makin banyak rakyat Indonesia yang bisa merasakan manfaat positif dari internet. Seperti kemudahan mendapat informasi, kemudahan berkomunikasi dengan dunia luar. Serta peningkatan kualitas pendidikan dan ekomoni masyarakat di pedesaan, salah satunya melalui program Internet Goes To School dan UKM Goes Online.

Dan yang terakhir, semoga internet di Indonesia semakin murah. Kalau perlu digratiskan! Setujuuu…???

Bagaimana dengan Anda? sudahkah internet menjadi gaya hidup, Anda? Atau, pertanyaannya begini, sejauh mana pengaruh internet dalam hidup Anda? Saya tunggu jawaban Anda di kolom komentar, yaa…! :)



KOMENTAR