Langsung ke konten utama

Solusi Saat Koneksi Internet Lagi Lemot atau Lambat

Koneksi atau jaringan internet di Indonesia harus kita diakui belum sebaik atau secepat koneksi internet di negara2 maju seperti di Eropa, jepang, korea-selatan, dll. Oleh karena itu pengguna internet di Indonesia akrab dengan istilah koneksi internet lemot  (koneksi internet lambat). Kejadian ini sering dialami terutama pada jam2 sibuk, dimana banyak orang yang sedang online. Dan yang paling sering mengalaminya adalah pengguna internet broadband (nirkabel).

Salah satu cara yang sering saya lakukan ketika koneksi internet saya lagi lemot adalah: mematikan fasilitas Load Images/picture, Sound, dan animation pada browser yang saya gunakan. Tampilan website/blog yang kita buka memang tidak akan menarik karena yang tampak hanya text tanpa image atau gambar sama sekali. Namun bagi yang cuman pengen baca2 artikel atau berita dalam bentuk text, tips ini akan sangat membantu untuk mempercepat loading halaman (loading page) suatu website. Cara ini memang sudah lama, namun sering dilupakan.

Untuk menonaktifkan/disable load image/picture pada browser, silakan pilih menu “Options” pada browser yang Anda gunakan, kemudian masuk ke menu “Content Setting”. Selanjutnya, Anda tinggal nonaktifkan contents yang tidak ingin browser Anda baca atau tampilkan, seperti: Image, sound, video, animasi, dll. Khusus untuk Internet Explorer, pada halaman internet options, pilih tab Advanced, kemudian scroll kebawah untuk mencari bagian Multimedia, seperti pada gambar 2.

google-chrome-content-setting 
Gmbr. 1
Tampilan halaman Content Setting pada browser Google Chrome

Multimedia-setting-internet-explorer
Gmbr. 2
Tampilan halaman Internet Options Setting
pada browser Internet Explorer

Mozilla-firefox-content-setting
Gmbr. 3
Tampilan halaman Content Setting pada browser Mozilla Firefox

Jika ingin loadingPage-nya lebih ringan lagi, Anda juga bisa mematikan atau menonaktifkan JavaScript-nya. Konsekuensinya, menu2 atau widget2 yang menggunakan JavaScript pada web/blog yang akan Anda buka tidak akan muncul.

Cara lain mengatasi koneksi internet yang lambat adalah dengan mengunakan sistem kompresi. Sistem kerjanya yaitu mengkompress ukuran image/picture pada suatu halaman web yang kita kunjungi, supaya loading Page-nya lebih ringan. Fitur seperti ini bisa kita jumpai pada browser Opera 10 Turbo. Atau bisa juga dengan menggunakan software/aplikasi pengompress seperti toonel, nitro, onspeed, dll.

Semoga bermanfaat. :-)

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Toko Kaos Oblong Online

K aos oblong adalah baju casual yang paling banyak dipakai, terutama oleh kaum muda. Selain  karena kain-nya yang enak dibadan, kaos oblong juga dusukai banyak orang karena memiliki desain yang variatif dan kreatif. Elemen utama dari desain kaos oblong yang membuatnya sangat variatif adalah desain pada gambar dan tulisan yang menempel pada kaos tersebut. Berbagai desain kreatif bisa dipasang pada kaos oblong , itu salah alasan kenapa kaos oblong banyak digemari.  Saya sendiri termasuk orang yang sangat suka memakai kaos oblong. Kemana-kemana saya selalu menggunakan kaos oblong, bahkan ke kampus sekalipun (kecuali pada saat menghadiri acara-acara formal). Tahu sendiri khan… pada umumnya kaos oblong dilarang digunakan di lingkungan kampus. Kebetulan jurusan teknik di kampus saya, khususnya teknik  artisitektur, tidak terlalu ketat dalam urusan pakaian mahasiswanya. Jadilah mahasiswa/mahasiswi arsitektur di kampus saya banyak yang memakai kaos oblong ke kampus, ter...

Internetan Pake WiFi Speedy Instan Dari Kamar Kos

Hari gini hidup tanpa tanpa koneksi internet? Apa kata dunia! Sebagai seorang yang hobinya berselancar di duni maya, sehari saja tanpa koneksi internet, rasanya itu kayak orang yang baru jadian, tapi langsung LDR ( long distance relationship ). Bawaannya selalu gelisah pengen ketemu. :D *Curcol*