Menghemat Kuota Bandwidth Internet dgn Toonel

Bagi Anda yang berlangganan internet dengan sistem kuota (limited) maka anda tentu akan berusaha menghemat pemakaian jatah bandwidth yang anda miliki. Sala satu cara yang sering/umum dilakukan untuk menghemat pemakaian bandwidth adalah dengan menonaktifkan fasilitas image (JPG, JPEG, GIF), Java, audio/sound, SVG animation, pada browser yang digunakan. Tapi bagaimana jika fasilitas2 tersebut anda butuhkan, tentu anda harus tetap mengaktifkannya, bukan?

FireFox
Menonaktifkan fasilitas yg tdk dibuthkan pd browser firefox

Opera

Menonaktifkan fasilitas yg tdk dibuthkan pd browser Opera

Ada suatu cara lain yang bisa kita pakai untuk menghemat bandwith internet, yaitu dengan sistem kompresi. Dengan menggunakan sistem ini, maka setiap halaman web yang akan kita kunjungi/buka akan dikompres terlebih dahulu sebelum ditampilkan di browser. Sayangnya layanan semacam ini kebanyakan berbayar alias tidak gratis, seperti: nitro, onspeed, dll. Paling-paling kita hanya bisa mencoba versi trial-nya.

Setelah seharian melakukan pencarian di google dengan beberapa keywords, salah satunya "cara menghemat bandwidth internet". Akhirnya saya menemukan apa yang saya cari, yaitu sebuah aplikasi bernama TOONEL. Aplikasi ini bekerja sama seperti nitro maupun onspeed seperti yang telah diuraikan di atas.

Trus apa yang membedakannya dengan aplikasi yang lain? pertanyaan yang bagus. :D Inilah berita gembiranya yaitu aplikasi ini GRATIS alias FREE. Gimanaa.. senangkan dapat barang gratis? Oke... untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda terlebih dahulu harus menginstal JAVA di komputer anda, silahkan download java-nya di sini, sedangkan untuk aplikasi TOONEL nya, download di www.toonel.net/downloads.html

toonel

Tampilan aplikasi toonel.net yang sedang aktif

Setelah aplikasi JAVA terinstal di komputer anda, sekarang tinggal menjalankan aplikasi toonel yang telah anda download tadi (filenya berakhiran JAR). Jangan lupa untuk merubah merubah coneksi browser anda ke manual proxy kemudian isikan HTTP proxy menjadi 127.0.0.1 dan Port = 8080.

Opera

Setting Proxy pada browser OPERA


firefox

Setting Proxy pada browser FireFox

Yang perlu diingat adalah setiap kali anda akan browsing di internet jangan lupa untuk menjalankan aplikasi toonel terlebih dahulu.

Selamat mencoba.... semoga berhasil.  :-)

UPDATE

Saya udah lama banget tidak mengunakan aplikasi toonel, lagi. Jadi saya udah nggak tahu update terbaru dari aplikasi ini, masih berfungsi atau tidak. Terakhir saya lihat, update terakhir-nya tahun 2006, jadi udah cukup lama.



KOMENTAR