Langsung ke konten utama

Menghemat Kuota Bandwidth Internet dgn Toonel

Bagi Anda yang berlangganan internet dengan sistem kuota (limited) maka anda tentu akan berusaha menghemat pemakaian jatah bandwidth yang anda miliki. Sala satu cara yang sering/umum dilakukan untuk menghemat pemakaian bandwidth adalah dengan menonaktifkan fasilitas image (JPG, JPEG, GIF), Java, audio/sound, SVG animation, pada browser yang digunakan. Tapi bagaimana jika fasilitas2 tersebut anda butuhkan, tentu anda harus tetap mengaktifkannya, bukan?

FireFox
Menonaktifkan fasilitas yg tdk dibuthkan pd browser firefox

Opera

Menonaktifkan fasilitas yg tdk dibuthkan pd browser Opera

Ada suatu cara lain yang bisa kita pakai untuk menghemat bandwith internet, yaitu dengan sistem kompresi. Dengan menggunakan sistem ini, maka setiap halaman web yang akan kita kunjungi/buka akan dikompres terlebih dahulu sebelum ditampilkan di browser. Sayangnya layanan semacam ini kebanyakan berbayar alias tidak gratis, seperti: nitro, onspeed, dll. Paling-paling kita hanya bisa mencoba versi trial-nya.

Setelah seharian melakukan pencarian di google dengan beberapa keywords, salah satunya "cara menghemat bandwidth internet". Akhirnya saya menemukan apa yang saya cari, yaitu sebuah aplikasi bernama TOONEL. Aplikasi ini bekerja sama seperti nitro maupun onspeed seperti yang telah diuraikan di atas.

Trus apa yang membedakannya dengan aplikasi yang lain? pertanyaan yang bagus. :D Inilah berita gembiranya yaitu aplikasi ini GRATIS alias FREE. Gimanaa.. senangkan dapat barang gratis? Oke... untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda terlebih dahulu harus menginstal JAVA di komputer anda, silahkan download java-nya di sini, sedangkan untuk aplikasi TOONEL nya, download di www.toonel.net/downloads.html

toonel

Tampilan aplikasi toonel.net yang sedang aktif

Setelah aplikasi JAVA terinstal di komputer anda, sekarang tinggal menjalankan aplikasi toonel yang telah anda download tadi (filenya berakhiran JAR). Jangan lupa untuk merubah merubah coneksi browser anda ke manual proxy kemudian isikan HTTP proxy menjadi 127.0.0.1 dan Port = 8080.

Opera

Setting Proxy pada browser OPERA


firefox

Setting Proxy pada browser FireFox

Yang perlu diingat adalah setiap kali anda akan browsing di internet jangan lupa untuk menjalankan aplikasi toonel terlebih dahulu.

Selamat mencoba.... semoga berhasil.  :-)

UPDATE

Saya udah lama banget tidak mengunakan aplikasi toonel, lagi. Jadi saya udah nggak tahu update terbaru dari aplikasi ini, masih berfungsi atau tidak. Terakhir saya lihat, update terakhir-nya tahun 2006, jadi udah cukup lama.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.