Langsung ke konten utama

Hari Pertama Blogilicious Yogyakarta

Setelah Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang, akhirnya Roadblog Idblognetwork bertema “Blogilicious” sampai juga di kota Yogyakarta. Hari ini (sabtu, 11 Juni 2011) sekitar pukul 9.30 WIB, saya bersama dengan Jeanot berangkat dari kost menuju ke UPN Veteran Yogyakarta, tempat digelarnya Blogilicious Yogyakarta. Nggak sampai 15 menit, kami sudah tiba di lokasi. Kost saya memang jaraknya tidak terlalu jauh dari  UPN Veteran, jadi kami bisa sampai di lokasi dgn cepat.

Sesampai dilokasi, saya melihat para peserta blogilicious lainnya sudah ngantri mengisi daftar tamu untuk mendapatkan kartu tanda peserta (IDcard) dan snack sebagai pengganjal perut, sebelum acara dimulai. Sambil menikmati  delicious-nya snack dan menunggu acara dimulai, para peserta dihibur oleh penampilan sebuah group musik tradisional “Angklung Kridotomo” perkusi yang sering main di jalan Malioboro, Yogyakarta.

Blogilicious-Yogyakarta-03 Penampilan Group Perkusi Seniman Musik Malioboro

Setelah puas menikmati snack dan Angklung Kridotomo performance, akhirnya acarapun dimulai. Mas Amril Taufik Gobel atau yang akrab disapa Daeng Battala, menjadi moderator acara. Tips Blogging menjadi materi pembuka di hari pertama Blogilicious Yogyakarta. Pembawa materinya adalah mas Blontankpoer, yang merupakan sesepuh sekaligus ketua komunitas blogger kota Solo (Bengawan).

Selesai Tips Blogging, kemudian dilanjutkan dengan Etika Ngeblog, yang dibawakan oleh Iman Brotoseno. Selain seorang blogger, beliau juga berprofesi sebagai sutradara. Anda tahu iklan2 kukuh bima? Ya, mas Iman Brotoseno lah sutradara iklan2 tersebut. Beliau sempat cerita tentang content blognya yang dijiblak oleh seseorang. Dan celakanya, hasil jiblakan tersebut, dijadikan buku, dan dijual di Gramedia. Singkat cerita, mas Iman membawa kasus tersebut ke jalaur hukum, dan dimenangkan oleh mas Iman.

Selesai materi Etika Ngeblog, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selesai tanya jawab, lanjut dengan presentasi tentang “Online Shopping” dari salah satu sponsor blogilicious 2011, yaitu berniaga.com. Sekitar pukul 12.00 WIB, acarapun di skorst untuk istirahat dan makan siang. Ngomong2.. soal makan siang, menu makanan yang disediakan panitia, enak juga loh.. Lauknya pake daging ayam dan udang. Benar2 delicious…!! matching banget sama tema event “Blogilicious”.  :D 

Blogilicious-Yogyakarta-04

Setelah istirahat sekitar 45 menit, acara kembali dilanjutkan. Materi pertama di sesi kedua adalah Mobile Blogging, dibawakan oleh Pak Pribadi. Pak Pribadi menungkapkan bahwa, perubahan gaya hidup sedang menuju ke Mobile lifestyle. Perubahan ke arah itu semakin cepat karena didukung oleh gadget (mobilephone) yang semakin canggih dgn harga yang semakin murah. “Dengan perangkat mobile yang semakin mendekati kemampuan komputer, maka sekarang aktivitas ngeblog pun sudah bisa dilakukan melalui mobilephone” kata kata pak Pribadi.

Lanjut ke materi berikutnya, yaitu “Social Media”. Pembawa materinya adalah Dimaz Maulana (uniqpost.com). Sayang, gaya presentasi mas Dimaz, menurut saya kurang bagus, padahal topiknya sebenarnya sangat menarik. Jadinya banyak peserta yang mengantuk, termasuk saya sendiri. :D Namun walaupun sedikit ngantuk, tapi saya masih sekali-sekali menyimak apa yang disampaikan mas Dimas. Intinya sih.. mas Dimaz menyampaikan tips pemanfaatan jejaring sosial, terutama facebook dan twitter untuk promosi blog.

Materi terakhir sekaligus materi yang paling ditunggu-tunggu yaitu “BLog Monetizing” ala Idblognetwork akhirnya datang juga. Pembicaranya  adalah mba Mubarika Darmayanti (Business Director) dan mas Kukuh TW (Technical Director), yang merupakan 2 dari 3 founder Idblognetwork (IBN). Founder satunya lagi, Moch Farid (Managing Director), tidak dapat hadir. Kata mbak Rika, mas Farid memang lebih banyak dibelakang layar, sehingga jarang tampil. Disni mbak Rika mejelaskan panjang lebar tentang IBN. “Advertiser lebih menyukai blog yang membahas satu topik tertentu (niche) dan segmentasinya jelas” itu salah satu tips dari mbak Rika yang masih saya ingat.

Blogilicious-Yogyakarta-05 Presentasi mba Rika tentang Blog Monetizing dan IBN (sumber gambar: gudangmateri.com)

Di akhir acara, dibagikan dua Job Review kepada dua orang yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh mbak Rika dan mas Kukuh. Dua orang ini diambil satu dari member IBN dan satu dari non-member IBN atau yang belum diapprove jadi member IBN. Teman saya Jenot, mendapat kesempatan menjawab pertanyaan dari mbak Rika, namun jawabannya kurang tepat, sehingga gagal mendapat Job Review. Padahal dia ngebet banget tuh.. pengen dapat Job Review. Soalnya dia belum pernah dapat, job review dari IBN. :D

Tepat pukul 4 sore lebih sedikit, acara pun selesai, dan akan dilanjuntkan keesokan harinya (12 Juni 2011).

Update:

Hari Kedua Blogilicious Yogyakarta

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.