Hari Kedua Blogilicious Yogyakarta

Minggu (12 Juni 2011), sekitar pukul 09:30 WIB, saya dan Jenot kembali menuju ke TKP, Blogilicious Yogyakarta. Hari Ini merupakan hari kedua (baca: Hari Pertama Blogilicious Yogyakarta), sekaligus hari tarakhir pelaksanaan event Blogilicious di Yogyakarta. Untuk selanjutnya, Roadblog Blogilicious akan menuju ke kota ke-6, yaitu Bandung, lalu Jakarta, sebagai kota terakhir.

Blogpreneur, menjadi materi pertama yang mengawali Blogilicious Yogyakarta, hari kedua. Dengan gaya santai, lugas dan penuh dgn ilustrasi, mas Eko SHP, membawakan materi ini. “Blogger menulis, itu harus! Blogpreneur menghasilkan duit, itu wajib!” kata mas Eko. “Dengan adanya Blog Manetizing, sekarang banyak blogger yang sudah menjadi Blogpreneur” lanjutnya. Mas Eko memang layak membawakan materi ini, karena selain beliua seorang blogger, beliau adalah seorang entrepreneur. Kalau Anda tahu Mie Ayam Sehati (mie ayam sehat tanpa bahan pengawet), nah pemiliknya adalah mas Eko. :)

Blogpreneur-Blogilicious-YogyakartaMas  Eko SHP, saat presentasi tentang Blogpreneur

Selesai materi Blogpreneur, kemudian dilanjutkan dengan materi “Security” atau tepatnya Web Security. Materi ini dibawakan oleh Aldy Terren, yang kata mas Amril (moderator), “hacker yang sudah sadar”. Serius udah insaf, mas? :D Materi Web Security disampaikan dengan cukup baik oleh mas Aldy. Mulai dari dapa itu hacker, teknik-teknik yang sering digunkakan hacker untuk menyerang sebuah situs/web, sampai pada cara pencegahannya (security). Karena materinya cukup menarik, jadi cukup banyak juga yang bertanya pada sesi tanya – jawab.

Tepat pukul 12.00 WIB, acara diskors selama satu jam, untuk istirahat sambil makan siang. Selesai istirahat, acara kembali dilanjutkan. SEO (Search Engine Optimazation) menjadi materi selanjutnya. Salah satu master SEO Yogyakarta, mas Suryaden, didaulat untuk membawakan materi ini. Secara garis besarnya, mas Suryaden menyampaikan bahwa konten berkualitas merupakan teknik SEO yang paling baik. Ada salah seorang peserta yang bertanya tentang Black SEO, namun mas Suryaden menolak untuk menjelaskannya, dan itu mendapat applause dari para peserta.

Blogilicious-Idblognetwork-Yogyakarta-02 Suryaden dan Nuruddin Jauhari

Materi terakhir adalah Theme Design, yang dibawakan oleh Nuruddin Jauhari, seorang Blogpreneur, yang juga desainer theme wordpress. Blogger yang lebih akrab dipanggil Jauhari ini, dalam presentasinya lebih banyak menunjukkan tips-tips desain theme wordpress, yang biasa dia lakukan. Sedangkan untuk theme/template blogger (blogspot), sama sekali tidak dibahas. Padahal saya pengguna setia blogspot loh..! :D Tapi nggak apa-apa lah, karena di internet sudah tersedia banyak materi tentang desain template blogger, yang bisa kita ambil dan pelajarin sendiri. :)

Seperti pada hari pertama, di penghujung acara, ada pembagian 2 job review senilai satu juta rupiah, bagi yang beruntung. Satu untuk member IBN, dan satu untuk yang non-member IBN, atau yang tepatnya belum jadi member IBN. Lucunya, teman saya Jenot, yang di hari pertama mendapat kesempatan untuk dapat job review, di hari kedua kembali mendapat kesempatan, namun kembali gagal. :D Memang belum rejeki-mu, Jenot. :)

Blogilicious-Idblognetwork-Yogyakarta-04 Jenot yg lagi jawab pertanyaan dari Mbak Rika dan Mas Kukuh

Akhirnya, acara ditutup dengan doa bersama, lalu dilanjutkan dengan penyerahan sebuah wayang kulit bernama “Werkudara” (Gatot Kaca) oleh ketua panitia Blogilicious Yogyakarta kepada mbak Mubarika, sebagai wakil dari IBN. Kalau gak salah, itu sebagai simbol harapan panitia dan tentunya harapan seluruh peserta Blogilicious Yogyakarta, agar kedepannya IBN semakin besar/kuat dan terbang tinggi laksana Werkudara.

Blogilicious-Idblognetwork-Yogyakarta-01 Penyerahan cinderamata wayang Werkudara (Gatot Kaca) kepada IBN

Dan yang terakhir, apalagi kalau bukan foto bersama. Sayang, saya gak bawa kamera, jadi gak punya foto-foto sendiri deh.. *sedih*. Tapi gak apa2.. nanti fotonya aku bajak dari teman-teman IBN aja. :D

Blogilicious-Idblognetwork-Yogyakarta Foto bersama seluruh peserta Blogilicious Yogyakarta

Akhirnya Blogilicious Yogyakarta selesai juga. Mudah2an event-event seperti ini rutin dilakukan setiap tahun, agar persaudaraan dan jaringan blogger Indonesia semakin kuat dan kokoh. Thanks to Idblognetwork yang telah mengadakan event yang benar-benar delicious ini. Semoga kedepan IBN semakin sukses dan semakin kuat menjadi Pilar Blogger Indonesia. Amin!



KOMENTAR