IdBlogNetwork Pilar Blogger Indonesia

Content is the King” ungkapan ini sudah akrab di telinga para blogger. Ya, content memang bagian terpenting dari sebuah blog. Ibarat meja makan, content adalah menu-menu makanan yang tersaji di atas meja makan. Content disini bisa berupa tulisan, gambar, video, audio, atau gabungan/kombinasi dari  jenis content tersebut. Di dunia blog (blogosphere) juga dikenal istilah “Artikel Pilar” atau “Postingan Pilar”. Apa itu? Secara singkat “artikel pilar” adalah artikel atau postingan andalan sebuah blog. Artikel Pilar biasanya akan menjadi generator traffik utama bagi sebuah blog.

Pada umumnya artikel pilar memiliki kualitas tulisan dan nilai manfaat yang baik. Tidak hanya baik di mata pembaca, tetapi juga baik di mata search engine. Seperti sebuah bangunan, semakin banyak pilarnya, semakin kuat/kokoh pula bangunan tersebut. Sama halnya dengan blog, semakin banyak artikel pilar sebuah blog, maka semakin kuat pula blog tersebut mendatangkan traffik.

IdBlogNetwork Pilar Blogger Indonesia

Kalau Artikel merupakan pilar blog, lalu pilar blogger, apa? Jawabannya adalah “Komunitas” dan “Sponsor” (advertiser). Kalau soal “komunitas” saya kirah sudah gak ada masalah lagi. Hampir setiap kota di Indonesia, sudah ada komunitas blogger-nya. Bahkan beberapa kota memiliki komunitas blogger, lebih dari satu. Kalau “komunitas” sudah gak ada masalah, lalu bagaimana dengan “Sponsor”?

Sebelum lahirnya Idblognetwork, advertiser yang menggunakan jasa blogger (khususnya blogger Indonesia) untuk marketing campaign, merupakan personal advertiser, jadi bayarannya tidak seberapa alias kecil. Tak heran jika banyak blogger Indonesia yang layu sebelum berkembang, karena salah satu pilarnya (sponsor) tidak kuat menopang eksistensi blogger.  Memang sih… tidak semua blogger memanetize blognya. Namun blogger aliran ini merupakan blogger minoritas, karena mayoritas blogger sekarang adalah blogger matre, termasuk saya. :D  Siapa coba.. yang gak mau duit? :p Blogger khan juga manusia, butuh makan dan minum. Tapi walaupun matre, prinsip berbagi, originalitas dan kualitas, tetap dipegang teguh loh... :)
konsep idblognetwork.com adalah memfasilitasi Advertiser/brand untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesia. Kami menghubungkan para blogger dengan advertiser/brand melalui satu platform dan dapat diakses real time secara langsung untuk memantau kesuksesan sebuah digital campaign, sekaligus meningkatkan brand awareness, brand building, serta menjaga brand image melalui konsep "mouth to mouth" ala media digital. (sumber: www.idblognetwork.com)
Namun setelah kehadiran Idblognetwork, semangat para blogger Indonesia kembali bangkit. Kenapa? Karena Idblognetwork berhasil menyakinkan para Advertiser besar (kelas kakap) seperti: Nokia, Telkomsel, XL, Indosat, Sunsilk, Rexona, Mezone, dll, untuk melakukan kampanye marketing di jaringan blogger Indonesia. Bahkan taman bermain modern sekelas Hongkong Disneyland, menaruh kepercayaan ber-campaign di IdBlogNetwork. Malah beberapa blogger terpilih, diboyong langsung ke Hongkong Disneyland. Gratis! Sebagai informasi, Idblognetwork hanya menerima corporate advertiser.

Idblognetwork Pilar Blogger Indonesia Idblognetwork Pilar Blogger Indonesia

Karena advertisernya kelas kakap (corporate), maka fee-nya pun jelas kakap. Tak heran kalau blogger-blogger yang selama ini ogah memanitize blognya, kini sudah banyak yang menjadi member IBN. Bayangkan, untuk jenis iklan atau metode campaign Cost Per Post (CPP) seorang blogger akan mendapat fee (bayaran) minimal 800rb untuk satu postingan review. Sedangkan untuk jenis iklan Cost Per Click (PPC) setiap click-nya, blogger akan mendapat minimal seribu rupiah. Kalau gak salah, sampai saat ini, yang paling besar adalah 2500 rupiah/klik. Sebelumnya, mana ada broker advertising Indonesia yang membayar blogger sebesar ini. Paling besar juga 50rb rupiah untuk CPP, dan 300 rupiah untuk CPC.

Ada juga metode campaign CPT (Cost Per Tweet), dimana setiap tweet akan dihargai minimal 150 ribu rupiah. Untuk bisa ikutan CPT, harus punya minimal 500 follower. Ada satu lagi metode campaign yang tersedia di IBN, yaitu CPL (Cost Per Lead) atau CPA (Cost Per Action), namun sepertinya metode ini kurang disukai advertiser. Karena sepengetahuan saya, sampai sekarang belum ada advertiser di Idblognetwork yang menggunakan metode ini. Padahal di luar negeri, metode marketing campaign seperti ini, cukup diminati para advertiser.

IdBlogNetwork yang biasa disingkat IBN, didirikan pada 1 Agustus 2010. Walaupun umurnya masih seumuran jagung, namun prestasinya sudah sangat membanggakan. The Best Startup Local dan The Best CEO in 2010, merupakan salah satu bukti prestasi gemilang IBN. Dengan dinahkodai oleh orang-orang berpengalaman dalam bidang IT dan digital online marketing, IdBlogNerwork terus memantapkan dirinya sebagai pilar blogger Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan event Roadblog Blogilicious 2011 kebeberapa kota di Indonesia.

RoadBlog IdBlogNetwork – Blogilicious 2011


Sebagai pilar blogger Indonesia, Idblognetwork terus berupaya menjaring lebih banyak lagi blogger Indonesia. Salah satunya dengan mengadakan event Roadblog bertema “Blogilicious” di 7 kota, mulai dari bulan Mei–Juni 2011. Roadblog Blogilicious ini betujuan untuk menjadikan aktivitas ngeblog lebih Funky, Stylish, dan Delicious (hasilnya) serta mengajak mengajak anak muda Indonesia, menjadi “positive blogger”. Karena itu, materi seputar blogging, seperti: Tips Blogging, Etika Blogging, Blogpreneur, Sosial Media, Security, Themes Design, SEO, dan Blogmanetizing, menjadi menu utama dalam event ini. Saking padatnya materi, jadi event ini berlangsung selama 2 hari di setiap kota. 

Idblognetwork Pilar Blogger

Saat postingan ini saya tulis, rangkaian event Roadblog Idblognetwork di 7 kota, yang dimulai sejak tanggal 14 Mei, tinggal menyisakan 2 kota lagi, yaitu: Bandung (18-19 juni 2011) dan Jakarta (25-26 juni 2011). Kota pembuka Roadblog Idblognetwork adalah Surabaya, disusul Makassar, Medan, Palembang dan Yogyakarta. Karena saya tinggal di Yogyakarta, jadi saya ikut Blogilicious Yogyakarta. Hasil liputannya bisa Anda baca di Hari pertama Blogilious Yogyakarta dan Hari kedua Blogilicous Yogyakarta.

Kalau nggak salah ingat, disela-sela istirahat siang hari kedua Blogilicious Yogyakarta, Mba Ajeng (Sekretaris panitia pusat Roadblog Blogilicious 2011) mengatakan bahwa, dalam waktu dekat ke depan, Idblognetwork akan membiayai 100 komunitas blogger di Indonesia. Kalau ini memang benar, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menobatkan Idblognetwork sebagai Pilar blogger Indonesia. Setuju?

Saya berharap, event roadblog seperti ini menjadi event tahunan. Tidak hanya di 7 kota, tetapi di 8 kota, 9 kota, 10 kota, bahkan kalau bisa di seluruh kota propinsi yang ada di Indonesia, yang jumlahnya 33 kota (Sumber: Ditjen Otda KEMDAGRI). Dan Roadblognya tidak hanya diisi dengan acara seminar dan workshop saja, tapi juga diisi dengan kegiatan-kegiatan sosial, seperti mengunjungi panti-panti asuhan, rumah singgah atau sekolah-sekolah dan memberikan pelajaran singkat seputar internet (internet sehat) dunia blog, dll. Saya yakin, dengan dukungan jaringan blogger yang tersebar diseluruh pelosok tanah air dan sponsor dari brand corporate, maka roadblog Idblognetwork berikutnya akan lebih seru, bermanfaat dan barokah. Amin! :)

Tulisan terkait:



KOMENTAR