Festival Museum Nusantara

Kenali bangsa dengan mengunjungi museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah. Ya, itu adalah tema dari Festival Museum Nusantra TMII 2010, yang kemarin 8 januari 2010 resmi dibuka. Acara pembukaanya sendiri berlangsung selama dua hari, dari tanggal 8 sampai 9 januari 2010, bertempat di Museum Indonesia – Taman Mini Indonesia Indah.

Latar belakang diadakannya festival museum nusantara ini karena tingkat kunjungan ke museum khususnya museum-museum di TMII dari hari kehari semakin menurun. Oleh karena itu festival museum nusantara TMII 2010 hadir untuk meningkatkan kembali minat dan perhatian masyarakat terhadap museum, sebagai tujuan wisata pendidikan budaya bangsa yang patut dipertahankan. Festival ini juga sekaligus menandai tahun 2010 sebagai Tahun Kunjungan Museum.

Peresmian Festival Museum Nusantara
Peresmian Festival Museum Nusantara

Di dalam kawasan Taman Mini terdapat 17 museum menarik yang bisa menjadi tujuan wisata budaya dan pendidikan  bagi keluarga dan dunia pendidikan (siswa sekolah), yaitu :
  1. Museum Timor Timur
  2. Museum Bayt al Qur’an & Istiqlal
  3. Museum Penerangan
  4. Museum Transportasi
  5. Museum Serangga dan Taman Kupu
  6. Museum Pusaka
  7. Museum Perangko Indonesia
  8. Museum Olahraga
  9. Museum Komodo dan Taman Reptilia
  10. Museum Keprajuritan Indonesia
  11. Museum Indonesia
  12. Museum Asmat
  13. Museum Telekomunikasi
  14. Museum BUMN
  15. Museum Minyak dan Gas Bumi
  16. Museum Kementrian
  17. Museum Departemen

Selama festival museum nusantara berlangsung, pihak managemen memberikan potongan harga tiket masuk hingga setengah harga normal. Saya sendiri sangat tertarik mengunjungi Museum Telekomunikasi. Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat membuat saya kagum. dunia terasa kecil dengan adanya teknologi ini. Di Museum Telekomunikasi, kita bisa melihat koleksi alat-alat komunikasi serta mengetahui sejarah perkembangan dunia telekomunikasi dari awal hingga sampai seperti sekarang ini.

Festival Museum Nusantara
Museum Telekomunikasi

Mari kita sukseskan Festival Museum Nusantara 2010 dengan rame-rame berkunjung ke museum untuk lebih mengenal akan budaya dan sejarah bangsa kita sendiri.



KOMENTAR