Menambahkan Web Counter Pda blog

Salah satu kebutuhan pemilik blog adalah memantau jumlah pengunjung yang datang ke situsnya. Ini berguna untuk mengetahui frekuensi pengunjung situs blog kita. Informasi tersebut dapat dijadikan referensi untuk membuat strategi baru dalam mengenalkan situs blog Anda.

Banyak sekali situs-situs di internet yang menyediakan web counter secara gratis, seperti Rightstats.com dan AmazingCounters.com. Anda juga dapat mencarinya melalui Searc Engine seperti Google atau Yahoo dengan mengetikkan kata kunci web counter pada kotak pencaharian.

Pada contoh kali ini kita akan menggunakan AmazingCounters.com, situs ini dipilih karena memiliki koleksi web counter yang cukup banyak dan variatif, berikut langkah-langkahnya :

  • Pilih salah satu situs penyedia web counter yang anda sukai. pada contoh kali ini kita menggunakan AmazingCounters.com.

  • Klik link "Free Hit Counter Sign Up Today" yang ada di bagian kana halaman Utama.

  • selanjutnya pilihlah jenis web counter yang anda sukai. Klik pada radio button atau lingkaran yang ada di sebelah kiri masing-masing tampilan web counter. kemudian geser tampilan web ke bagian bawah dan pilih tombol panah untuk menuju ke langkah berikutnya.

  • pada langkah kedua, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang berkaitan dengan identitas Anda dan situs Blog, serta angka/nilai awal yang akan ditampilkan pada web counter.

selain itu, Anda juga dapat menentukan penambahan angka pada web counter ditentukan dari semua kunjungan (All Hits) ataupun pengunjung yang berbeda (Unique Visist Only). apabila Anda memilih yang kedua, maka angka conter hanya akan bertambah apabila ada pengunjung baru saja. Jangan lupa menyetujui perjanjian dengan memberikan klik pada kotak cek agreement. kemudian tekan tombol panah untuk maju ke langkah berikutnya.

  • Pada langkah ketiga Anda akan memperoleh kode HTML / JavaScript yang akan dipasang pada Blog Anda. Pilih link "select code" pada kotak code. kemudian copy semua code HTML tersebut.

  • Kemudian masuklah ke kehalaman admin situ Blog Anda, kemudian pilih tab "template" untuk masuk ke halaman tata letak. Klik Add Page Element untuk menambah element baru, yaitu web counter ke dalam tampilan Blog.

  • Kemudian tekanlah tombol Add To Blog pada kelompok HTML/JavaScript.

  • Selanjutnya akan muncul jendela baru "Configure HTML/Javascript. Letakkan kursor mouse ke dalam kotak isian "content". kemudian Paste code HTML/Javascript yang telah Anda copy tadi dari AmazingCounters.com.

Jika tidak diperlukan kotak isian "title" dapat dikosongkan. Jangan lupa menekan tombol Save Changes untuk menyimpan code tersebut ke dalam template Blog.

  • Setelah Proses menyimpan sukses dilakukan, Hasinya dapat Anda lihat dengan menekan tombol View Blog.

Cukup mudah bukan? Setelah Anda terbiasa menambahkan elemen web/blog seperti Web Counter di atas, maka untuk elemen-elemen Aksesoris lainnya seperti Jam, Map, Kalender, Info Cuaca, Video, dll. dapat Anda tambahkan dengan mudah pada Web/Blog Anda.



KOMENTAR