Membuat Dokumen Teks & Spreadsheet via Google

Belum lama ini google meluncurkankembali layanan aplikasi online word processor dan online spreadsheet : Google Docs & Spreadsheets. Dengan layanan baru ini kita dapat membuat dokumen teks dan speadsheet melalui web browser. Dari segi tampilan cukup mengesankan, dan yang lebih penting adalah Gratis.

Google Docs

Tampilan depan Google Docs
Banyak fasilitas yang tersedia dalam aplikasi word processor dan speadsheet berbayar terdapat pula dalam aplikasi dari google ini. Bonusnya adalah kemampuan untuk dikelola oleh multi-user dari berbagai lokasi di seluruh dunia, Dokumen kreasi anda dapat diakses dari komputer manapun di penjuru dunia, sepanjang teman atau rekan anda memmiliki data anda.

Fasilitas standar pengolahan dokumen dapat kita manfatkan, anda dapat memformat paragraf, menggonta ganti font, mengubah ukurannya, mengatur teks menjadi tebal, miring atau bergaris bawah, mengontrol warna, menambahkan tabel, gambar atau komentar. Spreadsheet pun berfitur komplit. Kedua aplikasi juga dapat mengimpor dukumenoffice popular, baik yang berformat DOC, XLS, OD, ODS, RTF, CVS, dan lain-lain.

Saya kira anda tidak akan menemui kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini, karena pada umumnya hampir sama dengan aplikasi pengolah kata/document yang lain yang sering anda gunakan. Bedanya adalah, Google Docs & Spreadsheet hanya bisa digunakan secara online ( konek ke internet).

Google Document

Tampilan Untuk Pilihan Document


Google Spreadsheet

Tampilan Untuk pilihan Spreadsheel


Google Presentation

Tampilan untuk pilihan Presentation

Sesuai penyesuaian/setingan yang anda lakukan, dokumen tadi dapat langsung ditayangkan di internet. Google akan memberikan URL yang bisa anda salin dan diberitahukan kepada kolega atau teman anda. Namun, untuk bisa menikmati semua kenikmatan tersebut, anda harus memiliki akun Google atau Gmail terlebih dahulu. hari gini gak punya akun goole....? :-P

Untuk lebih jelasnya silahkan dicoba langsung disini GOOGLE DOCS, anda akan dibawa ke halaman utamanya. Masukkan data user name dan password anda jika sudah memiliki akun google. Jika belum punya akun yaa... silahkan buat dulu dengan mengklik Create a New Google Account kemudian isi data anda sesuai yang diminta.

Sejauh ini, layanan google yang berbasis teknologi pemrosesan teks online dari Writely, yang diakuisisinya maret 2006, ini belum diiklankan, tetapi kita sudah bisa memakainya.

Agaknya layanan google ini akan segera poluler. Microsoft sendir menurut yang saya dengar sedang menyiapkan layanan sejenis, yang berbasis Microsoft Work. Tentu saja ini akan menjadi kabar bagus bagi yang doyan aplikasi gratisan .


KOMENTAR