NgeBlog Yuk...!

Perkembangan di dunia Teknologi khususnya Teknologi Informasi sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau perkembangannya sangat pesat. Belum genap dua bulan yang lalu diadakan sebuah event pameran komputer di Yogyakarta, kembali bulan ini diadakan lagi event yang sama, kali ini diberi nama National IT Expo 2008 ( NIX 2008 ), dengan tema Teknologi Networking (terutama Dunia Internet) berlansung dari Tgl 3-7 Mei 2008. Event ini tidak hanya diadakan di kota Yogyakarta saja, tapi juga di kota-kota besar lainnya, seperti Medan, Makassar, Barjarmasin, Pontianak, Semarang, Bandung, dan Jakarta.

Khusus untuk Yogyakarta, Nix 2008 diisi dengan sebuah acara yang diberi nama "NIX 2008 Semuanya tentang Ngeblog", berlangsung dari tanggal 6-7 Mai 2008. Acara ini hasil kerjasama Majalah INFO Komputer, APKOMINDO (Asosiasi Perusahaan Komputer Indonesia), erSys, Rumah Web (domain & Hosting), dan Cah Andong (salah satu komunitas blogger di Yogyakarta). Sesuai dengan nama acaranya maka yang dibahas dalam acaara ini apalagi kalau bukan tentang BLOG, salah satu kegiatan di dunia maya yang saat ini lagi ngeTrend seperti friendster. Susunan acaranya sendiri dibagi dalam tiga sesi/bagian, yaitu :

  • WorkShop dan Demo Blog ( Selasa 6 Mei 2008 / Pk 12.00 - 15.00 )

    Pada sesi acara ini didemontrasikan tentang cara membuat blog yang praktis, cara mengelola isi dan design blog, serta cara ngeblog tingkat lanjut dengan menggunakan Domain dan WebHosting sendiri (berbayar). Ada dua layanan blog gratis diperkenalkan dalam acara ini yaitu Blogspot (milik google) dan Wordpress, keduanya merupakan layanan blog gratis yang paling terkenal, sedangkan untuk yang menggunakan domain dan hosting sendiri dapat menggunakan Wordpress.org yang diinstal pada hosting sendiri.

  • TalkShow All About Blog ( Selasa 6 Mei 2008 / Pk 15.00 - 17.00 )

    Semua tentang blog dibahas secara tuntas dalam sesi acara ini, seperti bagaimana membuat blog yang menarik, manfaat ngeblog, journalisme ngeblog, dan lain2. Dalam acara ini dihadirkan tiga orang pembicara, yaitu : 1. Herman Saksono ( seorang web designer dan blogger ), 2. Fx Bambang Irawan ( Journalis IT dari Tabloid Sinyal ), 3. BM Adam ( Managing Editor Majalah Info Komputer ), dan dipandu oleh Atika Nurkoestanti sebagai moderator yang juga berprofesi sebagai seorang Blogger.

  • Live Blogging Competion ( Selasa 7 Mei 2008 / Pk 12.00 - 17.00 )

    Saya kira ini adalah acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para bloggers, apalagi kalau bukan kompetisi Berhadiah. tidak tanggung-tanggung Panitia penyelenggara telah menyediakan total hadiah sebesar Rp 5.000.000,00 ( 5 Juta Rupiah ), kompetisinya sendiri baru akan berlangsung hari ini (7 Mei 2008, Pk 12.00-17.00). Bagi yang tinggal di luar Yogyakarta sepertinya harus kecawa, karena lompa ini hanya berlaku bagi warga yang tinggal di Yogyakarta, karena postingannya harus di publish langsung di tempat acara berlansung (area NIX 2008).

Menurut apa yang bisa saya tangkap dalam sesi TalkShow kemarin, dikatakan bahwa Blog berbeda dengan Website, kalau blog lebih bersifat dimanis karena uptudate dan bisa dikomentari, jadi ada interaksi antara sipembaca/pengunjung dengan sipemilik blog, sedangkan Website lebih bersifat statis (kebalikan dari blog).

Menurut mas Herman Saksono, tujuan diadakannya acara tidak hanya sekedar memperkenalkan tentang blog kepada masyarakat, tetapi tujuan utamanya adalah mengembalikan budaya menulis yang telah lama hilang dalam masyarakat kita. Mas Adam ( Managing Editor Majalah Info Komputer ) menambahkan bahwa blog tidak hanya berisi tulisan, tetapi bisa juga berisi gambar/foto dan fideo, sehingga mas Adam menyarankan bagi yang kurang bisa menulis tetap bisa ngeblog, yang diisi dengan gambar maupun video.

Dari sisi Jurnalisme, Bambang Irawan ( Journalis IT dari Tabloid Sinyal ) mencontohkan seorang jurnalis (maaf saya lupa namanya) yang bekerja pada salah satu surat kabar terkenal di Indonesia memutuskan berhenti dari pekerjaannya tersebut untuk serius terjun ke dunia blog karena blog bisa juga bisa di Monetisasi. Seorang jurnalis dalam bekerja atau menulis suatu berita dibatasi dengan berbagai aturan kejurnalisan, sedangkan blogger tidak ada yang mengaturnya, sehingga seorang blogger mempunyai kebebasan yang lebih dari pada seorang jurnalis. Menurut mas Bambang Irawan inilah sala-satu alasan sehingga banyak juga jurnalis/wartawan yang menjadi blogger, karena mereka bisa menuliskan apa yang tidak bisa mereka tuliskan (tidak lolos meja redaksi) melalui media tempat mereka bekerja.

Dari ketiga nara sumber menyimpulkan bahwa Trend ngeBlog akan terus berkembang, bahkan akan lebih baik lagi dari yang sekarang. Jadi, kepada yang belum punya blog, ayo ngeBlog yuk.....!



KOMENTAR