Google Chrome Operating System

Setelah mengeluarkan browser yang diberi nama Google Chrome, kini google akan kembali membuat gebrakan dengan merilis sebuah Operating System (OS) yang akan di beri nama Google Chrome OS. Berita ini secara resmi diumumkan di blognya google, selasa 7 Juli 2009.

Google Chrome OS bersifat open source dan baru bisa dinikmati di pertengahan akhir tahun 2010. Karena rencananya baru tahun ini kode sumbernya akan di buka ke public untuk bekerjasa dengan komunitas open source dalam pengembangannya.

Google menyatakan bahwa Google Chrome OS dirancang sebagai operating system yang cepat dan ringan. Sehingga dalam perancangannya akan mengutamakan tiga aspek pokok dalam sebuah operating system. Yaitu kecepatan, keamanan, dan kemudahan dalam penggunaannya.

Operating system Google Chrome dirancang bagi para maniak internet, yaitu orang-orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. Oleh karena itu netbook menjadi target awal pengaplikasian operating system ini. Kenapa netbook yang dipilih? karena netbook juga dibuat khusus bagi para maniak internet. Sehingga sangat cocok dengan tujuan pembuatan Google Chrome OS.

Bagaimana performance dari Operating System Google Chrome? Kita tunggu saja tahun depan.



KOMENTAR