Cara Mencari Ebook di Internet

Ebook adalah kepanjangan dari elektronik book, atau kalau di Indonesiakan buku elektronik. Seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya teknologi komputer dan internet, ebook atau e-book diprediksikan bakal segera menggantikan buku konvensional. Bahkan sudah banyak buku-buku lama (konvensional) yang telah diconversi ke dalam ebook. Kebanyakan ebook berformat PDF.

Di internet banyak sekali bertebaran ebook-ebook tentang berbagai macam ilmu dan informasi, termasuk novel-novel yang bisa didownload secara gratis. Namun banyak juga yang ebook-ebook yang berbayar (dijual). Internet memang media yang paling tepat untuk mendistribusikan atau memasarkan ebook.

Untuk mencari ebook di Internet (pdf) tidak sulit. Kita bisa menggunakan mesin pencari seperti google, yahoo, bing, atau mesin-mesin pencari lainnya.

Contoh, ketika Anda ingin mencari sebuah ebook tentang cara merakit komputer, maka ketikkan pada kotak pencarian
cara merakit komputer filetype:pdf

Dengan perintah diatas, maka mesin pencari hanya akan menampilkan informasi dalam format pdf pada halaman hasil pencarian (SERP). pdf bisa diganti dengan format ebook lainnya seperti doc.

Kata kuncinya juga bisa ditambahin tanda petik, sehingga kodenya menjadi
"cara merakit komputer" filetype:pdf

Tujuan dari penambahan tanda petik pada kata kunci cara merakit komputer adalah supaya ebook yang muncul di halaman hasil pencarian, benar-benar mengandung kata cara merakit komputer. Sebab kalau tanpa tanda petik, maka padanan kata yang lain juga akan ikut ditampilkan, seperti cara merakit, komputer, merakit komputer, dan merakit.

Oke, semoga tips mencari ebook di internet ini bermanfaat.



KOMENTAR