GOS – Good Operating System Open Source

GOS adalah kepanjangan dari Good Operating System. Ya, ini adalah sebuah operating system  atau sistem operasi seperti Microsoft Windows. Yang membedakan adalah, kalau windows operating sistem berbayar, sedangkan GOS adalah operating sistem gratis bahkan berbasis open source. Jadi bagi siapa saja terutama yang jago pemograman, bisa memodifikasi kodenya sesuai kebutuhan atau bahkan mengembangkannya menjadi lebih baik.

GOS-good-OS

Awalnya saya mengira kalau GOS adalah versi beta dari Google Operating System (Google Chrome OS) yang juga merupakan sistem operasi berbasis open source, namun baru bisa dinikmati pada akhir 2010. Ternyata saya salah. Good OS sama sekali tidak ada  hubungannya dengan Google Chrome OS, kecuali sama-sama merupakan sistem operasi gratis yang open source.
Good Operating system atau gOS, ditemukan dan dikembangkan pada awal tahun 2007 oleh sebuah perusahaan perangkat lunak sistem operasi yang berbasis di Silicon Valley California, Amerika Serikat dan Taipei, Taiwan. Namun, GOS baru dirilis pada 1 November 2007.

Saat ini Good OS memiliki dua produk sistem operasi :
  • GOS – Merupakan versi full sistem operasi untuk desktop dan notebook.
  • CLOUD – Merupakan sistem operasi yang diperuntukkan untuk netbook, sehingga ukuran filenya lebih kecil.
Meskipun Good OS tidak memiliki kerjasama atau affiliasi dengan Google, namun dalam sistem operasinya sudah ditanam aplikasi-aplikasi dari google (Google Gadgets).

Contoh tampilan Good OS (GOS)

Gimana, tertarik untuk mencoba Good OS? Silahkan langsung saja menuju ke situsnya GOS di www.thinkgos.com untuk melihat system regruitments dan men-download filenya serta cara menginstalnya.



KOMENTAR