Batik Indonesia Jadi Warisan Budaya Dunia

Tanggal 2 oktober 2009 oleh UNESCO, batik diresmikan sebagai salah satu warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Dengan diresmikannya batik sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia, maka secara otomatis dunia telah mengakui bahwa batik adalah milik bangsa Indonesia.

Sekarang Bangsa Indonesia tidak perlu khawatir lagi akan klaim bangsa atau negara lain terhadap batik. Karena secara resmi batik telah tercatat sebagai sebuah karya seni budaya yang asli berasal dari Indonesia.

batik indonesia warisan budaya duniaBatik Indonesia, Warisan Budaya Dunia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan karya seni budaya, dan batik hanya salah satunya. Oleh karena itu, diresmikannya batik sebagai sebagai milik bangsa Indonesia yang sekaligus sebagai warisan budaya dunia, kita jangan lantas puas sampai di situ, karena masih banyak karya seni budaya bangsa kita yang wajid untuk dilindungi. Salah satunya dengan cara dipatenkan.

Dengan dipatenkan-nya seluruh karya seni budaya bangsa kita (Indoneisia), maka kekhawatiran akan klaim bangsa lain terhadap segala jenis karya seni budaya bangsa kita, tidak akan terjadi lagi.

Semoga ada lagi karya seni budaya Indonesia lainnya yang masuk daftar warisan budaya dunia. Amin!


KOMENTAR