SOLO – Kota Yang Nyaman Untuk Ditinggali

Kota Solo adalah kota terbesar kedua setelah kota Semarang di wilayah jawa tengah. Letaknya cukup strategis, karena berada di jalur pertemuan dari semarang dan yogyakarta menuju Surabaya (Jawa Timur) dan Bali. Atau merupakan jalur perlintasan dari ujung timur pulau jawa (jawa timur) menuju ujung barat pulau jawa (jawa barat dan Jakarta).

Kota Solo sering juga disebut kota Surakarta, karena dulunya masuk dalam wilayah pemerintahan keresidenan Surakarta (Keraton Surakarta). Untuk bisa ke Kota Solo, dapat ditempuh dengan jalur darat (Mobil/Bus dan Kereta Api) maupun udara. Kota terdekat dengan kota Solo adalah kota Gudeg (Yogyakarta), Jaraknya sekitar 65km, dengan waktu tempuh satu sampai dua jam perjalanan melalui darat.

Kraton Kasunanan Surakarta Keraton Kasunanan Surakarta

Kota solo memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi oleh pegunungan (Gunung Merapi di barat, Gunung Lawu di timur, dan di selatan terbentang Pegunungan Sewu). Vegetasi Kotanya sendiri sangat bagus, hampir di setiap pinggir2 dan sudut2 jalan di dalam kota kita bisa jumpai pohon2 besar yang rindang sehingga memberikan rasa sejuk. Seperti yang terlihat di sepanjang Jalan Slamet Riyadi (salah satu icon dan landmark Kota Solo).

Jalan Slamet Riyadi Solo  Jalan Slamet Riyadi

city walk di kawasan jalan slamet riyadi solo City Walk di sepanjang jalan Slamet Riyadi

Karnaval Boyong Kedaton melintas di Jl Slamet Riyadi“ Karnaval Boyong Kedaton” melintas di jalan Slamet Riyadi 
(dilaksanakan setiap setahun sekali, dalam rangka memperingati hari Jadi Kota Solo)

Masyarakat kota solo dikenal santun dan ramah serta sangat menjaga dan memegang teguh budayanya (budaya jawa). Tak heran, dalam promosi wisatanya, kota Solo mengambil slogon “Spirit Of Java”, untuk membangun citra kota solo sebagai pusat kebudayaan jawa. Tidak beda jauh dengan kota Yogyakarta, karena keduanya memang memiliki sejarah budaya yang tidak bisah dipisahkan.

Selain dikenal sebagai kota wisata dan budaya, solo juga dikenal sebagai salah satu surganya wisata kuliner Indonesia. Solo memang mempunyai berbagai jenis makanan khas yang menggugah selera, seperti: Timlo Solo, Nasi Liwet, Serabi, Bestik Jawa, Kupat Tahu, dll. Semua makanan itu dapat dengan mudah ditemui di kota solo. Dan yang pasti harganya murah, karena secara umum harga barang dan makanan di solo memang tergolong murah jika dibandingkan dengan daerah lain seperti Jakarta, bandung, dan daerah2 di luar pulau jawa.

Wisata kuliner malam - Gladag Langen Boga SoloGladag Langen Boga
(Salah satu lokasi wisata kuliner malam yg ada di Kota Solo)

Dari segi pendidikan, kota solo tidak kalah dengan tetangga terdekatnya, Yogyakarta. Setahu saya ada dua universitas besar yang terkenal ada di kota solo, yaitu: Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Dulunya sempat kepikiran untuk kuliah di UNS, tapi karena kebanyakan teman saya memilih kuliah di Yogyakarta, ya.. jadinya saya ikut-ikutan deh.. bermigrasi ke Yogyakarta. Happy

Saya pernah tinggal selama satu tahun di Kota Solo, dari pertengahan 2000 sampai dengan pertengahan 2001, sebelum akhirnya pindah ke kota Yogyakarta untuk kuliah. Jadi saya cukup kenal dengan kota Solo. Menurut saya kota solo adalah kota yang sangat nyaman untuk ditinggali, setidaknya itulah yang saya rasakan selama tinggal di Kota Solo. Dan sepertinya bukan saya saja yang merasakan kenyamanan tersebut, karena di salah satu forum online terbesar di Indonesia (kaskus), ada sebuah thread yang membahas tentang “10 kota di indonesia yang paling nyaman untuk di tinggali”, dan Kota Solo adalah salah satunya.

Saya orangnya suka olahraga, jadi semasa tinggal di solo, hampir setiap hari terutama sore, saya ke Stadion Manahan (Stadion Kebanggaan orang solo) untuk olah raga. Kalau nngak main basket, renang, atau jogging mengelilingi stadion, yaa.. sekedar mejeng bareng teman2. Big Grin Kebetulan kalau pagi dan sore hari, terutama di akhir pekan dan hari2 libur lainnya, manahan selalu rame dengan  orang2 yang ingin berolah raga maupun orang2 yang hanya sekedar mejeng cuci mata dan tebar pesona. Cool Smug

Stadion Manahan Solo Stadion Manahan Solo – Stadion kebanggaan Kota Solo

Selain kebun binatang “Taman Satwa Taru Jurug” dan Keraton Surakarta, kini masyarakat solo memiliki wahana hiburan/liburan baru, yaitu “Water Park Pandawa Lima”, semacam water boom atau taman bermain air. Lokasinya di Jalan Cemara Raya Solo Baru. Kabarnya Water Park Pandawa Lima adalah merupakan wahana wisata air terbesar di asia tenggara loh…? Wouww, hebat! Saya sendiri belum mencoba wahana wisata air ini, padahal udah sering direncanain mau kesana, tapi selalu tertunda. Mudah2an dalam waktu dekat ini keinginan itu bisa terwujud. Amin! Happy

unta di taman satwa taru-jurug solo Unta – salah satu satwa koleksi Taman Satwa Taru Jurug Solo

Wisata air - water park pandawa lima soloWater Park Pandawa Lima Surakarta

Eh.. hampir kelupaan, Pasar Klewer. Ya, pasar klewer adalah pasar yang sangat terkenal di solo. Sama terkenalnya dengan Pasar Beringharjo yang ada di Yogyakarta. Pasar Klewer letaknya bersebelahan dengan Keraton dan merupakan pusat perbelanjaan kain batik terlengkap, dari yang murah sampai yang mahal, dari eceran sampai grosiran. Jajanan atau panganan tradisional juga banyak ditemui di pasar klewer. Jadi kalau berkunjung ke solo, jangan lupa mampir ke pasar klewer untuk membeli oleh2 khas solo, ya!

Pasar Klewer Solo Pasar Klewer Solo
(Pusat penjualan batik dan jajanan tradisonal)

Menceritakan tentang solo pastinya tidak akan cukup hanya dengan satu postingan saja. Solo gak cuman Keraton, Pasar Klewer, Jalan Slamet Riyadi, Stadion Manahan, Gladag Langen Boga, Water Park Pandawa Lima, Taman Satwa Taru Jurug, UNS dan UMS. Apa yang saya ceritakan di atas merupakan pengetahuan dan pengalaman pribadi saya tentang solo. Saya yakin masih banyak tempat-tempat dan hal-hal menarik lainnya tentang solo yang belum saya ketahui. Jadi kalau ada yang mau menambahkan, silahkan melalui kolom komentar di bawah ini ya!

Sebelum menyudahi tulisan ini, saya ingin katakan sekali lagi bahwa Solo adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat nyaman untuk ditinggali. Dan layak menjadi tujuan wisata, khususnya wisata budaya dan kuliner.
Anda punya pengalaman menarik dengan Kota Solo? Jangan lupa sharing di sini yaa..!!! Happy



KOMENTAR