Blokir Situs2 Negatif dgn netSAFE bagi Pelanggan IM2

Maraknya situs-situs negatif di internet, membuat resah masyarakat, khususnya bagi orang tua yang anaknya masih kecil (ABG). Terlebih lagi, situs2 tersebut dengan mudahnya dapat diakses, baik orang dewasa maupun anak2.

Sosialisasi cara berinternet yang sehat ( internet ksehat ) merupakan solusi jangka panjang yang paling baik dilakukan saat ini. Namun solusi jangka pendek yang paling menolong saat ini adalah dengan melakukan pemblokiran terhadap situs2 negatif tersebut.

Blokir situs negatif
Banyak pihak, baik pemerintah maupun individu masyarakat yang telah membuat aplikasi2 yang berfungsi untuk memblokir situs2 yang tidak baik tersebut. Dan hampir semua aplikasi tersebut dapat digunakan secara gratis.

Sebagai tanggung jawab moral para provider internet (ISP) pun kini hampir semuanya telah menyediakan aplikasi khusus bagi para pelanggannya untuk mengatasi atau memblokir situs-situs negatif ini. Seperti yang dilakukan indosat untuk salah satu layanan internetnya, IM2.

Jadi bagi pelanggan IM2, yang ingin memblokir situs -situs negatif, caranya dengan mengaktifkan fitur netSAFE yang ada di member zone. Caranya sangat mudah, cukukup dengan login atau masuk ke member zone di www.indosatm2.com dan klik pada icon netSAFE, maka fitur tersebut pun akan aktif.

Diakui oleh pihak indosat, bahwa blokir situs melalui fitur netSAFE akan lebih aman dan efektif karena pemblokiran dilakukan berbasis akses jaringan. Bukan berbasis aplikasi seperti yang banyak beredar saat ini. Kelemahan pemblokir yang berbasis aplikasi adalah, harus diinstal di setiap komputer, dan bisa diunisntal atau dinonaktifkan oleh siapapun.

Karena netSAFE berbasis akses jaringan, maka tidak perlu menginstal aplikasi apapun pada komputer. Jadi, walaupun anak anak Anda pindah2 komputer, selama koneksinya masih menggunakan ID IM2 yang fitur netSAFE nya telah diaktifkan, maka selama itu pula pemblokiran terhadap situs2 negatif tetap berjalan. Hanya orang yang mememiliki ID dan Password saja yang bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur ini. Jadi pastikan anak2 Anda tidak tahu ID dan Password IM2 Anda.

Berdasarkan informasi yang saya baca di website IM2, saat ini ada sekitar 2 juta situs-situs negatif dan konten2 negatif lainnya ada di dalam database netSAFE. Database situs-situs negatif tersebut akan terus diupdate secara reguler.

Yang perlu diingat adalah, tools atau fitur2 seperti ini, hanyalah sebagai alat bantu saja untuk membatasi atau melindungi orang dari akses situs2 negatif, khususnya bagi anak-anak dan remaja. Hal yang paling penting diajarkan kepada anak2 adalah cara berinternet yang sehat. Sehingga diharapkan mereka bisa memfilter diri mereka sendiri dari hal-hal negatif yang ada di internet, tanpa harus menggunakan tools/fitur2 pemblokir situs2 negatif seperti netSAFE.



KOMENTAR