Langsung ke konten utama

BEA & CUKAI dan Peranannya dalam Pembangunan Nasional & Perlindungan Masyarakat

Bea & Cukai atau lebih lengkapnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) adalah nama dari sebuah instansi pemerintah yang melayani masyarakat dibidang kepabeanan dan cukai. Tugas pokoknya adalah mengamankan kebijaksanaan pemerintah yang berkaitan dengan lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean dan pemungutan bea masuk dan cukai serta pemungutan negara lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Cukai adalah pungutan oleh negara secara tidak langsung kepada pengguna atau penikmat obyek cukai. Obyek cukai pada saat ini adalah cukai hasil tembakau (rokok, cerutu, dsb), etil alkohol, dan minuman yang mengandung etil alkohol (minuman keras).

Logo Ditjen Bea & Cukai Sedangkan pabean adalah kegiatan yang menyangkut pemungutan bea masuk dan pajak terhadap kegiatan ekspor – impor. Khusus untuk ekspor tidak dikenakan bea/biaya keluar, kecuali untuk beberapa produk/barang mentah seperti beberapa jenis kayu, rotan, dan lain sebagainya, yang tetap dikenakan pajak ekspor.

Dari segi kelembagaan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dipimpin oleh seorang direktur jenderal yang setara dengan unit eselon satu yang berada di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Atau setara dengan Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dll.

Peran Bea & Cukai dalam pembangunan Nasional.

Setiap lembaga negara dibentuk dengan fungsi dan tugasnya masing-masing, namun semuanya bermuara pada satu tujuan akhir yang sama yaitu pembangunan nasional. Oleh karena itu setiap lembaga negara harus memberikan kontribusi optimalnya untuk mendukung pembangunan nasional.

Semua orang tahu bahwa sektor pajak adalah penyumbang terbesar keuangan negara, dan DJBC adalah salah satu lembaga atau instansi negara republik indonesia yang menjadi penyuplai pemasukan untuk sektor pajak. Di sini kita bisa melihat bahwa, DJBC memiliki peranan yang sangat penting dalam Pembangunan Nasional, yaitu sebagai sumber penghasilan keuangan negara melalui bea masuk dan cukai yang dikelolanya.

Ditjen Bea Cukai juga mencatat kinerja menggembirakan. Dirjen Bea Cukai Thomas Sugijata mengatakan, penerimaan bea dan cukai sepanjang paro pertama tahun ini sudah melampaui target. ''Total realisasinya Rp 40,2 triliun,'' ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan kemarin. (sumber: pajak.com)

Salah satu tugas penting Bea & Cukai adalah, mencegah penyelundupan barang masuk maupun keluar. Penyelundupan barang terjadi selain karena barang tersebut barang berbahaya atau palsu, juga karena ingin menghindari pajak atau bea masuk. Dan itu jelas akan sangat merugikan, terutama dari segi pendapatan keuangan negara.

Peran Bea & Cukai dalam Perlindungan Masyarakat.

Perlindungan masyarakat, bukan hanya tugas lembaga kepolisian dan TNI. Perlindungan terhadapat masyarakat banyak bentuknya. Tidak hanya perlindungan fisik yang identik dengan lembaga kepolisian dan TNI (hard protection). Ada juga perlindungan yang bersifat soft protection, seperti yang menjadi tugas dan fungsi lembaga Ditjen Bea & Cukai.

Selain bertugas melakukan pemungutan dan pengontrolan terhadapat keluar masuknya produk/barang (impor dan ekspor), Ditjen Bea & Cukai juga melakukan pengawasan terhadapat arus kegiatan masuk keluarnya barang. Karena tugas pengawasan itu maka Ditjen Bea & Cukai berperan sebagai ujung tombak pencegahan masuknya barang2 berbahaya, seperti: narkoba, senjata api ilegal, dan barang2 atau produk2 berbahaya lainnya.

Bentuk perlindungan lain yang diberikan DJBC kepada masyarakat, khususnya dalam bidang ekonomi, yaitu: Melindungi industri-industri dalam negeri dari persaingan yang tidak sehat dengan industri2 sejenis dari luar negeri.

Pemungutan pajak terhadap ekspor produk atau bahan2 mentah seperti beberapa jenis kayu, rotan, dan lain sebagainya, bermaksud supaya para eksportir lebih banyak mengekspor barang jadi daripada barang mentah. Ini juga merupakan strategi untuk melindungi industri dalam negeri, khususnya industri/usaha masyarakat kecil menengah (UMKM), supaya ketersediaan bahan baku (bahan mentah) bagi industri2 dalam negeri tercukupi.

Daftar pustaka:

  • http://id.wikipedia.org
  • http://www.beacukai.go.id
  • http://pajak.com

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.