Langsung ke konten utama

Beda itu Indah, Maka Patut Dirayakan

Heran deh… Akhir2 ini, saya koq banyak melihat, mendengar dan membaca berita di berbagai media, tentang maraknya kerusuhan dan kekerasan yang terjadi di negeri kita tercinta ini. Lebih mengherankan lagi, hampir semua kerusuhan tersebut, dilandasi atas dasar perbedaan (ras, agama, suku, dll). Mulai dari perang antar kampung, perang antar ormas, perang antar etnis dan agama, sampai pada kasus terorisme. Keadaan ini tentu sungguh sangat memprihatinkan, mengingat selama ini Indonesia dikenal sebagai negara majemuk yang sangat menjungjung tinggi toleransi dan nilai-nilai ketimuran, yang ramah dan santun. Tapi kenapa koq, sekarang image itu sudah tidak tampak lagi?

Saya juga kurang tahu. Tapi, banyak pengamat yang mengatakan kalau itu terjadi karena, semakin lemahnya penegakan hukum di negeri kita ini. Ketidak tegasan atau ketidak mampuan pemerintah, terutama aparat keamanan (polisi) dalam mencegah dan menindak tegas para pelaku kerusuhan tersebut, membuat orang semakin berani untuk melakukan kekerasan. Aparat cenderung malakukan pembiaran. Pendapat lain mengatakan, rendahnya SDM serta kondisi ekonomi, membuat masyarakat kita mudah emosi dan terprovokasi. Komunikasi yang kurang baik terjalin antar kelompok masyarakat, disinyalir juga menjadi penyebabnya. 

Kerusuhan - Anarkis
Kekerasan/kerusuhan membawa sengsara

Whatever lah… dengan semua kata para ahli itu. Yang jelas bagi saya, apapun alasannnya, perbedaan tidak boleh dijadikan kambing hitam. Karena sejatinya, beda itu indah. Perbedaanlah yang membuat hidup ini berwarnah (indah). Coba bayangkan, jika semua yang ada di dunia ini sama, apa hidup ini gak boring tuh?!  Saya yakin, tidak ada satupun orang dimuka bumi ini yang menginginkan kekerasan. Semua pasti ingin hidup damai, menikmati hidup yang telah dikaruniakan oleh Sang PENCIPTA. Hanya orang-orang gila saja yang selalu ingin berperang dan mempermasalahkan perbedaan.

Untunglah, orang-orang yang sadar akan indahnya perbedaan, jumlahnya jauh lebih banyak daripada orang-orang yang mempermasalahkannya. Salah satu contohnya adalah orang-orang di komunitas online (netizen). Melalui sebuah event bertajuk Pesta Blogger 2010 (PB2010) dengan tema “Merayakan Keragaman” (Celebrating Diversities). Dalam event ini, semua komunitas online (tanpa terkecuali) diundang untuk berkumpul bersama-sama, merayakan perbedaan yang ada diantara mereka. Wah, salut banget deh.. buat orang-orang yang punya ide semacam ini. Good Job! 

Merayakan Keragaman
Indahnya Perbedaan

Saya setuju dengan pegamat yang mengatakan, kalau kurangnya komunikasi antar kelompok-kelompok masyarakat, menjadi salah satu faktor kuat penyebab terjadinya gesekan-gesekan yang banyak terjadi dalam masyarakat akhir-akhir ini. Sehingga, menimbulkan saling curiga, persaingan tidak sehat, dan ujungnya berakhir pada kekerasan/kerusuhan.

Merayakan keragaman, seperti yang dilakukan oleh para komunitas online (netizen) ini, merupakan salah satu bentuk komunikasi yang sangat baik, dalam upaya menjalin hubungan baik antara komunitas online yang sangat beragam itu. Saya berharap event pesta blogger 2010 ini, bisa menjadi inspirasi bagi seluruh komunitas masyarakat lainnya untuk tidak lagi menjadikan pebedaan itu sebagai alasan untuk berperang, membuat kerusuhan. Tapi justru sebaliknya, perbedaan itu harus dirayakan, karena perbedaan itu indah.

Beda itu indah, damai itu indah. Mari, kita rayakan perbedaan itu, untuk kedamaian. Bersatu kita teguh, becerai jangan sampai terjadi!. 

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.