Mengkompres Foto atau Gambar Secara Online

Menyambung tulisan sebelumnya tentang cara kompres foto dgn microsoft office picture manager, dimana cara tersebut dilakukan secara offline, maka kali ini kita akan belajar cara mengkompres foto atau gambar secara online. Yang masih belum tahu alasan, kenapa foto harus di kompres sebelum diupload ke internet (web/blog, facebook, twitter, dll) silahkan baca tulisan sebelumnya yang telah saya sebutkan di atas.

Mengkompres foto secara online tidaklah sulit. Yang pasti, butuh koneksi internet. Kalau sudah, buka alamat situsnya, pilih atau upload gambar/foto yang ingin dikompres, ambil hasil kompresinya, selesai. Mudah khan?!

Oke, disini saya akan informasikan (sharing) tiga situs yang biasa saya pakai untuk mengkompres foto secara online.

  1. PunyPNG
  2. Image Optimizer
  3. Smush.it

Dari ketiga situs kompresi image online di atas, yang paling sering saya pakai adalah, Image Optimizer. Kenapa? karena selain kualitas hasil kompresinya baik, kita juga bisa memilih kualitas hasil kompresi foto yang kita inginkan. Mulai dari best quality sampai minimum file size.

Banyak juga yang merekomendasikan Smush.it, karena memang kualitas hasil kompresinya sangat baik. Kelebihan lainnya adalah, kita bisa mengkompres sebuah foto atau image yang sudah ada di internet. Canya dengan memasukkan alamat URL foto tersebut pada kolom yang telah ditersedia.

Selamat mencoba!



KOMENTAR