Mudahnya Mencari Alamat dgn Google Maps

Dalam urusan mencari suatu alamat, saya selalu mengandalkan Google Maps. Seperti ketika saya mencari alamat kantor cabang JNE Express Across Nations di Jogjakarta. Ceritanya begini: Tiga hari setelah lebaran kemarin, tepatnya hari senin, 13 Septembar 2010, saya menerima telepon dari JNE untuk komfirmasi alamat, dikarenakan kurir yang mengantar paket kiriman buat saya, tidak bisa menemukan alamat tempat tinggal saya. Biar cepat, akhirnya saya putuskan untuk mengambil sendiri paket kiriman saya tersebut di kantor cabang JNE Yogyakarta.

Sebelumnya saya belum pernah ke kantor JNE, bahkan nama jalan lokasi tempatnya pun baru saya dengar. Dengan hanya bermodalkan alamat (Jln. Sorogenen No. 196) yang diberikan langsung oleh pihak JNE, akhirnya saya minta bantuan ke Google Maps untuk menunjukkan lokasi dan jalur menuju ke sana. Dengan mengetikkan “jalan sorogenen, yogyakarta” di kotak pencarian Google Maps, maka lokasi jalan sorogenen pun langsung muncul (seperti dalam gambar di bawah ini).

Jalan Sorogenen, Yogyakarta

Untuk mengetahui jalur mana saja yang harus  saya lalui untuk menuju ke Jalan Sonogenen (diberi simbol B), maka saya perlu menentukan juga titik startnya. Karena tempat tinggal saya di jalan babarsari, maka pada kolom A (posisi star) saya tuliskan “jalan babarsari, yogyakarta”, dan hasilnya adalah… Jreng jreng… (liat gambar dibawah)

Jalan babarsari dan Sonogenen yogyakarta

Jalur terdekat dari jalan Babarsari menuju ke Jalan Sorogenen

Dari gambar kedua di atas, terlihat jelas (garis warna biru) jalur atau jalan-jalan mana saja yang harus saya lalui untuk bisa sampai ke jalan Sorogenen. Saya zoom petanya untuk lebih memperjelas jalan-jalan yang akan saya lalui. Setelah semuanya jelas dan terekam dengan baik di memori otak, tanpa menunggu lama, saya langsung tancap gas menuju lokasi. Kurang lebih 20 menit perjalanan, akhirnya saya sampai juga di tujuan, tanpa harus bertanya pada satu orang pun. Google Maps memang hebat euy!

Google Maps menawarkan banyak sekali fitur2 menarik. Silahkan Anda eksplorasi dan eksploitasi sendiri, Ok?!

Update:

Saya juga punya pengalaman menggunakan google maps di handphone. Menurut saya, google maps di handphone lebih asik, karena dengan dukungan GPS, kita bisa tahu posisi kita saat itu juga.



KOMENTAR