Apa itu TV Internet?

Bulan maret kemarin (maaf lupa tanggalnya) saya nonton sebuah acara di salah-satu stasiun TV swasta nasional,  yang membahas tentang TV internet. Di awal acara, Onno W. Purbo (Pakar IT) yang menjadi salah satu nara sumber dalam acara tersebut, menjelaskan bahwa TV internet sebenarnya sama saja kita nonton video lewat internet, seperti kita nonton video streaming di Youtube. Tapi karena nontonnya melalui layar televisi menggunakan koneksi internet, makanya di sebut TV Internet.

Untuk bisa menikmati TV Internet, dibutuhkan koneksi internet cepat. Sayang, koneksi internet di Indonesia saat ini masih jauh dari cepat. Kalaupun ada, pasti biaya berlangganannya sangat mahal. Mungkin gara-gara ini juga, sehingga TV Internet di Indonesia belum terlalu booming. Padahal TV Internet itu free, loh…! (kecuali biaya lagganan internet).

Sony - Internet TV Ini salah satu TV Internet, produksi SONY

Dengan TV Internet, kita kita bisa menonton seluruh TV online yang ada di dunia. Banyangkan, begitu banyaknya pilihan channel TV yang bisa kita tonton secara gratis. Dan yang paling keren dari TV Internet adalah, kita bisa nonton kapan saja acara yang kita sukai. Karena setiap program acara TV Internet, tersimpan dalam sebuah database yang terkoneksi dengan internet. Seperti video-video yang ada di Youtube. Sehingga, kapanpun, dimanapun, dan siapapun bisa menontonnya. Jadi boleh dibilang, TV Internet ini sangat-sangat customize.

Sebenarnya tanpa menggunakan perangkat TV khusus seperti TV internet SONY di atas, kita bisa saja nonton lewat PC, notebook, netbook, atau PC tablet. Cuma.. akan lebih mudah dan nyaman kalau kita menggunakan TV Internet. Selain karena layarnya lebih lebar, juga karena sudah dilengkapi dgn aplikasi khusus (contohnya aplikasi Google TV)  yang akan memudahkan kita memilih channel TV yang ingin kita tonton. Termasuk video-video streaming yang ada di Youtube.

Salah satu TV Internet atau TV online di Indonesia yang saya ketahui dan sering saya tonton (kalau koneksi internet saya lagi kencang) adalah MIVOTV, yang beralamat di mivo.tv

Apa pendapat Anda tentang TV Internet? dan TV online apa yang sering Anda tonton?



KOMENTAR