Samsung Series 9 – Laptop Tertipis di Kelasnya (Lebih Tipis dari Mackbook Air)

Laptop Samsung Series 9 Belum juga melaunching saingan iPad 2, yaitu Samsung Galaxy Tab 2, samsung telah meluncurkan saingan Gadget Apple lainnya, yaitu seri laptop/notebook tipis, yang diberi nama Samsung Series 9.  Perusahaan asal korea selatan ini, mengklaim Samsung Series 9, merupakan laptop tertipis di kelasnya. Kalau dibandingkan dengan Macbook Air yang memiliki tebal 0,68 inchi, Samsung Series 9 lebih tipis 0,04 inchi. Namun untuk beratnya, Samsung Series 9 masih kalah 0,01 kg dari Mackbook Air.

Walaupun mengusung konsep yang sama dengan Mackbook Air, tapi menurut Notebook Product Manager, Samsung Indonesia, yang diwawancarai oleh seorang wartawan media berita online, saat peluncuran perdana Samsung Series 9 di Grand Indonesia, mengakatan kalau Samsung Series 9 lebih canggih dan lebih menarik dari segi desain.

Saya sih belum melihat secara langsung, (apalagi mengetes performa-nya), namun dari beberapa sumber yang saya baca di internet, Samsung series 9 ini memiliki keungulan pada layar, berkat fitur Super Bright Plus, yang mampu menghasilkan tingkat kecerahan layar dua kali lebih terang (sampai 400 nit dan rasio kontras 1:1.300). Jadi, walaupun display layar beresolusi 1366×786 dan dipakai di luar ruangan dengan sinar matahari terik, gambar/objek/karakter di layar tetap terlihat jelas. Ada juga fitur “Fast Start Instant On” yang akan mempercepat proses booting 60% lebih cepat dari notebook hard disk drive (HDD).

Samsung series 9, juga dilengkapi dengan Auto Display Brightness yang membuat laptop tertipis dikelasnya ini, mampu menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan di sekitarnya. Misalnya ketika berada di tempat terang layar akan bertambah cerah, dan akan redup ketika ada di tempat atau ruangan yang kondisi pencahayaan-nya minim. Dengan begitu, mata tidak akan cepat lelah!

Notebook Samsung Series 9

Performa Samsung series 9 didukung oleh prosesor Intel Core i5 dan i7 generasi kedua. Sayang, untuk core i7 kabarnya tidak mampir di pasar Indonesia. Alasanya, core i5 sudah cocok dengan pasar Indonesia. Untuk baterai, Samsung Series 9 menggunakan baterai berteknologi Power Plus, yaitu teknologi yang mengoptimalkan pengisian baterai sehingga bisa memperpanjang umurnya (awet). Satu lagi, laptop/notebook Samsung series 9, cangkangnya menggunakan bahan pembuat pesawat terbang loh.. kalau gak salah namanya “duralumin”. Katanya bahan ini memiliki karakteristik ringan, tetapi memiliki kekuatan dua kali lipat dari aluminium.

Berikut spesifikasi Samsung Series 9 :

  • CPU: Second Generation Intel® CoreTM i5 Processor 2537M (1.40 GHz, 3MB; turbo up to 2.3 GHz)
  • Operating System: Genuine Windows® 7 Home Premium (64 bit) / Windows® 7 Professional (64 bit)
  • Memory: 8GB DDR3
  • Storage (max): 128GB Solid State Drive (SSD)
  • Screen: 13.3-inch HD LED-backlit SuperBright Plus display (400 nit)
  • Resolution: 1366×768
  • Graphics: Intel HD GT2 Integrated Graphics
  • Speakers: 3 watt (1.5W x 2) stereo speakers and 1.5 watt sub-woofer
  • Battery: Lithium Polymer; up to 6.5 hours
  • Wireless: 802.11b/g/n; WiMaxi
  • Weight: 2.89 lbs.

Di Indonesia Samsung Series 9 dipasarkan dengan harga US$ 1,640 atau kalau dirupiahkan sekitar 15 juta rupiah. Lebih mahal sedikit dari versi Mackbook Air yang paling mahal. Memang mahal sih.. namun sebanding lah.. dengan kualitas dan performa-nya. :)

Gimana, tertarik untuk membeli?



KOMENTAR