Nemu Kado Unik di Rakuten

Salah satu kerjaan yang paling bikin saya males adalah, disuruh nyariin/beliin barang buat orang lain. Apalagi kalau barang yang dipesan tersebut, tidak jelas. Seperti minggu lalu, seorang teman minta bantuan saya untuk nyariin kado unik untuk temannya yang mau ulang tahun. Dia tidak menjelaskan secara spesifik, kado unik seperti apa yang dia mau. “Terserah kamu aja, Fer. Yang penting kadonya Unik” gitu katanya. Saya khan gak tahu selera temannya itu. Jadinya saya bingung sendiri, kado uniknya apa? Belum lagi nyarinya.

Daripada capek-capek keliling nyari barang yang gak jelas. Akhirnya saya searching aja di internet. Singkat cerita, saya menemukan produk-produk unik di sebuah toko online bernama Rakuten yang beralamat di www.rakuten.co.id

Produk Unik Rakuten

Di halaman “Produk Unik” Rakuten, saya lihat banyak banget produk-produk unik yang cocok dijadiin kado ulang tahun. Namun saya tertarik pada sebuah Speaker Mini buat ponsel. Bentuknya kotak, dengan berbagai pilihan warna-warnah cerah. Sangat menarik! Saya belum pernah melihat ada orang yang pake speaker mini ini. Jadi saya pikir, “cocok nih buat hadiah ulang tahun temannya teman saya”.


Untuk memastikan saya tidak salah beli, terlebih dulu saya tag gambar Speaker Mini unik tersebut ke FB teman saya. Dan responnya “Wouw.. keren bgt tuh, Fer. Ya udah, beli itu aja. Sekalian beli dua yaa..! Aku juga mau. :D”. “Enak aja beli dua. Duit yang di kasih aja kurang” balas saya. :)

Namun sebelum melakukan proses pembelian, saya ingin pastikan kalau Rakuten adalah Online Shop yang bisa dipercaya. Saya pun mulai searching informasi tentang Rakuten. Dan hasilnya, ternyata Rakuten adalah Online Shopping Mall no.1 dari Jepang, yang hadir di Indonesia, hasil kerjasama dengan PT. Global Mediacom Tbk (MNC Group).

Hmm… pantes aja barang-barang yang dijual di Rakuten sangat lengkap. Mulai dari elektronik, pakaian dan aksesoris, hobbies, aksesoris motor dan mobil, perlengkapan rumah tangga, sampai poroduk-produk unik, seperti yang saya ceritakan di atas. Merchant-merchant ternama seperti Elektronik Solution, Kinokuniya, Maspion, Panasonic, dan lain2, menjual produk-produk nya di Rakuten. Harga barang2nya pun sangat kompetitif/tidak mahal.

Toko Online Rakuten

Karena sudah yakin dengan kredibilitas Rakuten, akhirnya saya langsung melakukan proses pembelian. Kurang dari dua menit, Speaker Mini sudah masuk dalam kerancang belanja saya. Harga Mini Speaker-nya 239rb rupiah + ongkos kirim 15rb rupiah. Jadi total yang harus saya bayar adalah 254rb rupiah. Cukup murah untuk sebuah barang unik/cantik yang belum banyak dipake orang.

Rakuten - Mini Speaker Strap

Setelah menunggu selama 3 hari, mulai dari Jumat (3 juni 2011), senin siang, Speaker Mini sudah ada di tangan saya. Namun siang itu juga, Speaker Mini cantik tersebut, langsung berpindah tangan, karena sejak pagi teman saya udah standby di kost saya, nungguin kiriman tersebut. Dia sedikit khawatir barangnya telat nyampe, karena besoknya udah acara ulang tahun temannya. Untung tepat waktu. Sayang, belum sempat didokumentasiin, speaker mininya udah di bawa kabur. :-)

Untuk keamanan dan kenyamanan belanja, Rakuten menggunakan sistem pembayaran yang unik. Dimana setiap pembayaran dari pembeli akan ditampung dulu di “akun bersama” atau semacam “rekening bersama”, dan baru akan diteruskan ke penjual, setelah pembeli mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima. Pembayaran bisa dilakukan melalui kartu kredit atau Internet banking.

Mulai sekarang, kalau ada yang pesan sesuatu barang ke saya, saya akan cari di Internet. Lebih mudah dan lebih cepat ketemunya. Dan yang pasti gak bikin capek! :-)



KOMENTAR