iPhone 5 Tidak Lebih Baik dari Samsung Galaxy S3

Generasi terbaru iPhone, yaitu iPhone 5 belum lama ini telah dilaunching (12 September 2012). Sebelum di-launching, para pemerhati gadget memprediksi bahwa spesifikasi iPhone 5 akan lebih baik dari pesaing utamanya yaitu Samsung Galaxy S3 yang telah lebih dulu launching beberapa bulan sebelumnya (3 Mei 2012). Tapi kenyataan berkata lain, prediksi itu MELESET! Karena ternyata iPhone5 tidak lebih baik dari Samsung Galaxy S3.


Memang secara fisik, iPhone 5 memang memiliki body yang lebih tipis dan lebih ringan. Tapi dari spesifikasi hardware, Galaxy S3 lebih unggul dan lebih kaya fitur. Contohnya untuk prosesor, iPhone 5 masih mengunakan dual core, sedangkan Galaxy S3 sudah quad core. Pebedaan ini saja menurut saya sudah sangat bisa mempengaruhi pilihan calon pembeli.

Silahkan lihat sendiri perbandingannya dalam gambar di bawah ini:

iPhone 5 vs Samsung Galaxy S3


Melihat kenyataan bahwa iPhone 5 tidak lebih baik dari pesaing utamanya, Samsung Galaxy S3.  Saya yakin banyak orang yang kecewa, terutama Apple lovers yang sudah lama menantikan peluncuran iPhone 5. Karena itu saya memprediksi, iPhone5 tidak akan sukses memikat hati pengguna android, nokia, dan blackberry untuk berpaling ke iPhone.

Malah menurut saya, orang yang berkantong pas2an akan lebih memilih iPhone 4S, dengan pertimbangan harga yang otomatis lebih murah dengan spesifikasi dan fitur yang tidak terlalu beda jauh dengan iPhone 5.

Bagaimana menurut, Anda?

UPDATE


Menurut hasil benchmark (pengujian kinerja) yang dilakukan oleh penguji-penguji dari situs Geekbench, iPhone 5 mendapat skor 1601, sedangkan Samsung Galaxy S3 mendapat skor 1560. Tapi katanya kalau Galaxy S3 nanti diupdate ke Android 4.1 (Jelly Bean), kemungkinan besar skor Galaxy S3 akan lebih besar (diperkirakan sekitar 1781).

Itu kalau dari segi kinerja hardware. Tapi kalau dari segi fitur, Galaxy S3 tetap menang. :-)



KOMENTAR