Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak

Siapa yang tidak kenal dengan USB Flashdisk. Benda mungil dengan berbagai desain unik tempat meyimpan data elektronik/digital (dokumen, foto, lagu, video, dan sebagainya) ini, sudah menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang di era komputer dan internet seperti sekarang .  Mengambil dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain, memang paling cepat dan praktis menggunakan flashdisk. Ukurannya yang kecil, memudahkannya untuk dibawa kemana-mana. Pelajar dan mahasiswa serta orang-orang yang pekerjaannya sering berhubungan dengan komputer, pasti punya USB Flashdisk.


Sekarang harga flashdisk semakin murah, tapi sepertinya harga murah itu berimbas pada turunnya kualitas flashdisk itu sendiri. Saya banyak mendengar keluhan teman-teman saya yang kesal karena flashdisk-nya rusak, padahal belum lama dibeli. Saya sendiri pernah dua kali mengalami kerusakan flashdisk. Beberapa tips cara memperbaiki flashdisk rusak, yang saya temukan di Internet, telah saya coba. Hasilnya flashdisk saya tetap tidak bisa digunakan. Akhirnya saya harus membeli flashdisk baru.

Flashdisk Android


Belajar dari pengalaman tersebut, kini saya lebih hati-hati dalam memperlakukan dan menggunakan flashdisk. Karena menurut saya, kerusakan flashdisk tidak hanya disebabkan karena kualitas flashdisk-nya yang jelek, tapi juga karena cara pakai dan perwatannya yang tidak  benar. Contohnya, mencabut flashdisk dari komputer tanpa terlebih dahulu di-eject terlebih dahulu. Ini sama dengan mematikan komputer dengan cara mencabut langsung dari sambungan listrik, tanpa melalui proses shotdown terlebih dahulu. Dan menurut saya, cara ini yang paling banyak merusak flashdisk.

Berikut rangkuman tips merawat flashdisk agar lebih awet, yang saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet:

  • Jangan sering-sering memformat flashdisk.
  • Jauhkan flashdisk dari medan magnet tinggi.
  • Hindari flashdisk dari benturan
  • Hindari flashdisk dari panas dan dingin yang berlebihan
  • Simpan flashdisk di tempat yang bersih dan tertutup supaya komponen di dalamnya tidak cepat kotor dan berkarat
  • Sebaiknya jangan mengedit sebuah file langsung dari flashdisk.
  • Ejeck flashdisk sebelum mencabutnya dari komputer.

Nah, itu lah beberapa tips merawat sebuah flashdisk agar tidak cepat rusak (awet). Bagaimanapun mencegah itu lebih baik dan lebih murah dari pada harus membeli ulang. :-)

Mungkin teman-teman punya tips tambahan? Atau malah punya tips manjur memperbaiki flashdisk yang sudah rusak?



KOMENTAR