Langsung ke konten utama

Tips Agar Flashdisk Tidak Cepat Rusak

Siapa yang tidak kenal dengan USB Flashdisk. Benda mungil dengan berbagai desain unik tempat meyimpan data elektronik/digital (dokumen, foto, lagu, video, dan sebagainya) ini, sudah menjadi barang yang wajib dimiliki setiap orang di era komputer dan internet seperti sekarang .  Mengambil dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain, memang paling cepat dan praktis menggunakan flashdisk. Ukurannya yang kecil, memudahkannya untuk dibawa kemana-mana. Pelajar dan mahasiswa serta orang-orang yang pekerjaannya sering berhubungan dengan komputer, pasti punya USB Flashdisk.


Sekarang harga flashdisk semakin murah, tapi sepertinya harga murah itu berimbas pada turunnya kualitas flashdisk itu sendiri. Saya banyak mendengar keluhan teman-teman saya yang kesal karena flashdisk-nya rusak, padahal belum lama dibeli. Saya sendiri pernah dua kali mengalami kerusakan flashdisk. Beberapa tips cara memperbaiki flashdisk rusak, yang saya temukan di Internet, telah saya coba. Hasilnya flashdisk saya tetap tidak bisa digunakan. Akhirnya saya harus membeli flashdisk baru.

Flashdisk Android


Belajar dari pengalaman tersebut, kini saya lebih hati-hati dalam memperlakukan dan menggunakan flashdisk. Karena menurut saya, kerusakan flashdisk tidak hanya disebabkan karena kualitas flashdisk-nya yang jelek, tapi juga karena cara pakai dan perwatannya yang tidak  benar. Contohnya, mencabut flashdisk dari komputer tanpa terlebih dahulu di-eject terlebih dahulu. Ini sama dengan mematikan komputer dengan cara mencabut langsung dari sambungan listrik, tanpa melalui proses shotdown terlebih dahulu. Dan menurut saya, cara ini yang paling banyak merusak flashdisk.

Berikut rangkuman tips merawat flashdisk agar lebih awet, yang saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet:

  • Jangan sering-sering memformat flashdisk.
  • Jauhkan flashdisk dari medan magnet tinggi.
  • Hindari flashdisk dari benturan
  • Hindari flashdisk dari panas dan dingin yang berlebihan
  • Simpan flashdisk di tempat yang bersih dan tertutup supaya komponen di dalamnya tidak cepat kotor dan berkarat
  • Sebaiknya jangan mengedit sebuah file langsung dari flashdisk.
  • Ejeck flashdisk sebelum mencabutnya dari komputer.

Nah, itu lah beberapa tips merawat sebuah flashdisk agar tidak cepat rusak (awet). Bagaimanapun mencegah itu lebih baik dan lebih murah dari pada harus membeli ulang. :-)

Mungkin teman-teman punya tips tambahan? Atau malah punya tips manjur memperbaiki flashdisk yang sudah rusak?

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.