Langsung ke konten utama

LED Monitor LG Terbaru Berteknologi IPS

Hari gini masih ada yang pake monitor tabung?  Wah, ketinggalan banget tuh orang. :D Udah monitornya berat, makan tempat karena tebalnya minta ampun, boros listrik lagi. Udah gitu kualitas gambarnya udah kalah jauh dengan kualitas monitor terbaru jaman sekarang. Jadi sudah gak ada alasan untuk tetap menggunakan Monitor CRT (monitor tabung).


Sekarang tuh jamannya monitor LCD (Liquid Crystal Display) yang lebih ramping (tipis), lebih hemat listrik dan yang pasti kualitas gambarnya lebih baik. Atau mau yang lebih bagus lagi? LED Monitor jawabannya (kualitas gambar lebih bagus dan lebih hemat listrik).

Mungkin Ada yang bertanya, “Apas sih yang membedakan monitor LCD dengan LED?”. Secara fisik bedanya nggak ada, Yang membedakan hanya pada sistem backlight nya. LCD Monitor menggunakan backlight CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps) sedangkan LED Monitor menggunakan backligh LED Lamp (Light Emitting Diode Lamp).

Untuk masalah teknis kerja kedua sistem backlight tersebut, saya kira nggak perlu saya jelaskan. Karena menurut saya, hal teknis tersebut tidak penting diketahui konsumen (user). Disamping itu juga, saya bukan ahlinya :D Namun yang pasti, kualitas gambar LED Monitor lebih baik dan lebih hemat listrik dari LCD Monitor.

Eits, masih ada yang lebih baik, loh…!!!

Baru-baru ini, LG, produsen elektronik ternama asal korea selatan, yang selama ini fokus pada pengembangan perangkat monitor, meluncurkan 4 monitor LED terbaru yang menggunakan teknologi panel layar terbaik di dunia saat ini, yaitu IPS (In-Plane Switching). Karena itu monitor tersebut diberi label atau nama Monitor Super LED IPS.

Berdsarkan beberapa literatur yang saya baca, kelebihan teknologi panel IPS, yaitu: tampilan warna gambar yang dihasilkan lebih cemerlang dan akurat sesuai warna aslinya. Serta sudut pandangnya lebih lebar, sehingga bila dilihat dari sudut manapun gambar tetap terlihat dengan baik.

Keempat monitor Super LED IPS LG yang secara resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan september 2012 tersebut, yaitu:

  • LG TM2792D (Monitor 3D)
  • LG D2343P (Monitor 3D)
  • LG IPS237L
  • LG IPS224V

Dalam keterangan press release PT. LG Indonesia di berbagai media online, mengatakan kalau Monitor Super LED IPS LG, memberikan kenyamanan visual terbaik. Tampilan warna cemerlang dan akurat sesuai dengan warna asli objek-nya. Perpindahan warna sangat lembut sehingga pergerakan-pergerakan cepat pada layar dapat ditangkap mata secara halus tanpa ada distorsi (gambar tampak kabur/blur).

Klaim kenyamanan visual monitor LG Super LED IPS, katanya sudah mendapat pengakuan dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI).

Monitor LG Super LED IPS


Selain mengandalkan keunggulan teknologi panel IPS, keempat monitor LED IPS LG ini juga mengandalkan fitur-fitur canggih hasil inovasi LG sendiri. Seperti untuk monitor seri LG TM2792D dan LG D2343P yang dilengkapi dengan fitur tiga dimensi (3D) menggunakan teknologi FPR (Film Patterned Retarder). Teknologi 3D yang tanpa menggukan baterai pada kacamataya, sehingga tidak membuat mata cepat lelah dan kepala pusing.

Fitur-fitur canggih lainnya yang ditanamkan pada kedua seri monitor LED IPS 3D ini, yaitu:

  • 2D to 3D Convertion
    Ditengah masih minimnya konten 3D saat ini,  Fitur canggih ini mampu mengubah konten 2D menjadi 3D. Pengatur kedalaman 3D sampai 20 level kedalaman (monitor 3D lainnya hanya sampai 10 kedalaman).
  • MHL (Mobile High Defenition Link)
    Dengan fitur ini, pengguna dapat memindahkan konten HD (High Defenition) dari smartphone-nya yang juga mendukung MHL ke layar monitor menggunakan kabel micro HDMI. Yang hobi main game di ponsel pintar, pasti suka banget sama fitur ini, karena bisa merasakan sensasi main game di layar monitor yang lebih baik dan lebih luas.
  • Dual Play Screen
    fitur ini akan memberikan sensasi baru bagi para gamers saat memainkan game yang melibatkan dua orang. Dengan fitur ini, screen monitor bisa dibagi dua sehingga masing-masing pemain akan mendapatkan layar penuh. Memainkan game balapan seperti Need For Speed, pastinya akan lebih seru dan menyenangkan.
  • SmartShare
    Fitur ini berfungsi memudahkan pengguna untuk urusan berbagi berkas/konten dengan perangakat, seperti: ponsel pintar (smartphone) dan flashdisk.
  • Wi-Fi Direct dan TV Tuner
    Khusus untuk seri LG TM2792D dilengkapi dengan fitur Wi-Fi direct dan TV Tuner, sehingga untuk urusan akses internet dan nonton siaran televisi, jadi lebih mudah.
  • Super Energy Saving
    Nah kalau fitur yang ini hanya ada pada seri LG D2343P. Fitur penghemat energi listrik ini diklaim mampu menghemat energi listrik sebesar 25% dari komsumsi energi listrik monitor LED biasa, tanpa mengurangi kualitas kecerahan dan warna objek pada layar. 

Monitor LG LED IPS


Sedangkan untuk monitor LG seri IPS237L dan IPS224V,  walaupun tanpa dilengkapi teknologi tiga dimensi (3D) namun fitur-fitur canggih hasil inovasi LG, seperti Super Energy Saving dan MHL (Mobile High Defenition Link) juga menjadi unggulannya. Dan fitur yang paling istimewa pada kedua seri monitor LG Super LED IPS ini adalah fitur Dual Smart Solution dengan tiga keistimewaan, yaitu :

  • Dual Monitor
    Memungkinkan pengguna bekerja melalui satu PC yang tersambung dengan dukungan dua monitor. Tiap monitor bisa menampilkan program yang berbeda sehingga pengguna bisa memantau sambil menyelesaikan pekerjaan lainnya. Fitur dual monitor sebenarnya juga ada pada monitor konvensional, namun pengaturannya rumit. Nah, dengan inovasi LG, pengaturan fungsi dual monitor jadi lebih mudah dan cepat. Hanya dengan sekali sentuhan pada shortcut yang disebut Dual Package Hotkey kedua monitor ini dapat menampilkan program dari satu monitor ke monitor lainnya.
  • Dual Package
    Pengguna dapat menampilkan lebih dari satu program pada saat bekerja sebagai monitor pendukung kedua. Monitor konvensional tidak bisa melakukan ini.
  • Dual Web
    Pengguna dapat menayangkan dua situs secara bersamaan dalam satu layar. Tiap situs tampil proporsional walaupun dalam format setengah layar.

Selain menawarkan keunggulan dari sisi teknologi panel IPS dan fitur-fitur canggih hasil inovasi LG, keempat seri monitor Super LED IPS ini, juga menawarkan estetika desain. Keempatnya tampil dengan balutan warna hitam dan body yang makin slim (ramping) membuatnya tampak elegen.

Nah, itulah kehebatan dari monitor LG Super LED IPS yang berhasil saya ketahui. Kalau mau informasi lengkapnya, silahkan liat dan baca sendiri di situs resmi LG (lg.com) atau bisa juga di di fanpage facebook LG IT.

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.