Tips Memilih Paket Internet Smartphone

Sekarang memang sudah jamannya ponsel pintar (smartphone). Harganya yang semakin murah, membuat smartphone yang dulu hanya bisa dimiliki orang2 berkantong tebal, kini juga sudah bisa dimiliki oleh orang2 berkantong pas2an seperti saya. :D  Beberapa hari yang lalu saya habis menulis tentang daftar Smartphone Android Murah yang harganya di bawah satu setengah juta rupiah. Sebelum itu saya juga pernah menulis daftar Blackberry CDMA yang terkenal dengan harganya yang murah.


Walaupun sekarang sudah banyak yang memiliki ponsel pintar, tapi ternyata banyak yang smartphone-nya belum terkoneksi dengan internet. Padahal menurut saya, tanpa koneksi internet, sebuah smartphone tidak smart! Karena melalui sambungan internet lah  kita bisa mencari dan berbagi informasi apapun melalui smartphone tersebut. Istilah “the world in your hand” untuk smartphone hanya berlaku kalau terkoneksi dengan internet. Jadi bagi yang sudah punya smartphone tapi belum terkoneksi dengan internet, jangan bangga dulu karena smartphone kalian belum sepenuhnya pintar. :-)

Paket Internet Smartphone


Oke, supaya smartphone kalian sepenuhnya pintar, kalian wajib beli atau langganan paket internet. Tapi karena paket internet yang disediakan operator itu berma-macam, jadi harus pintar-pintar memilih paket internet yang ada, agar penggunaannya efektif dan murah. Nggak mau khan ngeluarin biaya seratus ribu sebulan  hanya untuk buka facebook dan twitter, doank?

Tips Memilih Paket Internet Smartphone

Menurut saya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam memilih paket internet smartphone, yaitu: kebutuhan, tarif dan sinyal.

KEBUTUHAN

Para provider sangat sadar akan kebutuhan internet setiap orang berbeda-beda, karena itu mereka menyediakan beragam paket internet yang bisa dipilih pelanggan sesuai dengan kebutuhan pemakaian internetnya masing-masing. Contohnya bagi yang hobi berjejaring sosial seperti facebook dan twitter, pilihlah paket sosial media. Bagi yang hobinya cuma browsing2 saja, bisa pilih paket opera mini seperti yang di tawarkan Simpati. Bagi yang mau bebas menjelajah apa saja di internet, pilihlah paket unlimited atau yang paket kuota.

Sayangnya paket unlimited sekarang sudah jarang ditawarkan provider. Rata-rata sudah pake sistem kuota, dimana pemakaian dibatasi berdasarkan jumlah kuota yang kita beli. Ada banyak paket kuota yang ditawarkan provider. Tinggal pilih sesuai ketuhan pemakaian internet Anda. Semua paket internet tersebut pada umumnya tersedia dalam tarif harian, mingguan dan bulanan.

TARIF

Masing-masing provider menawarkan paket internet dan harga yang berbeda-beda. Karena itu untuk mendapatkan harga paket internet yang murah dan sesuai dengan kebutuhan Anda, mau gak mau Anda harus meluangkan waktu untuk membanding-bandingkan sendiri harga dari setiap paket internet masing-masing provider.

SINYAL

Tidak semua provider memiliki kualitas sinyal yang sama bagusnya pada semua tempat atau lokasi. Faktor penyebabnya banyak (Baca “Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan” kalau mau tahu). Karena itu sebelum memilih paket internet, periksa atau cek terlebih dahulu kualitas sinyal provider yang akan Anda gunakan. Pastikan tempat tinggal dan tempat yang sering Anda kunjungi (seperti tempat kerja) sudah tercover jaringan terbaik (contohnya 3G/HSDPA untuk GSM) dari provider tersebut.

TIPS TAMBAHAN

Jangan lupa untuk membaca dengan teliti syarat dan ketentuan dari setiap paket internet yang Anda pilih. Sebab banyak kasus “pulsanya tersedot” karena salah menggunakan paket internet yang pilih. Terus jangan lupa juga untuk sering-sering mengecek sisa kuota dan batas waktu pemakaian. Jangan sampai ternyata kuota Anda sudah habis tapi Anda masih terus mengakses internet, itu akan membuat pulsa Anda juga tersedot.



KOMENTAR