Langsung ke konten utama

Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Boros

Ponsel sekarang memang semakin canggih dan semakin pintar (smart), bahkan lebih smart dari pemiliknya. :D *kidding* Namun ada satu kelemahan pada smartphone pada umumnya yakni baterai boros. Tentu jika baterai sudah lowbat maka yang ada tidak efektif bagi Anda, bukan? Terlebih jika memang harus terkoneksi terus ataupun selama perjalanan seperti traveling dan sebagainya. Walaupun sekarang sudah ada  power bank (portable charger) tapi akan lebih baik jika kita bisa menghemat baterai agar tidak harus selalu sering-sering nge-charge.


Tips Menghemat Baterai Smartphone
Battery low - sumber: htcpedia.com

Kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menghemat baterai smartphone :

1. Atur sinar layar

Biasanya pada smartphone terdapat pengaturan sinar layar sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk menghemat baterai maka pilihlah yang memang tidak terlalu terang, ini dikarenakan layar redup akan mengurangi konsumsi energi yang berasal dari baterai. Atau Anda pun bisa memanfaatkan fitur layar redup secara otomatis apabila gadget sedang tidak digunakan. Sebagai contoh, setelah 2 menit tidak digunakan maka layar akan redup sendiri.

2. Mematikan koneksi yang tidak diperlukan

Tidak peru menyalakan sambungan Bluetooth ataupun Wi-Fi jika memang tidak dibutuhkan. Kedua sambungan koneksi ini cukup memakan daya baterai karena selalu memancarkan sinyal.

3. Membatasi notifikasi

Anda mungkin menyadari bahwa tidak semua notifikasi (pemberitahuan) dibutuhkan. Maka dari itu, lakukan pembatasan notifikasi pada smartphone Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin membutuhkan notifikasi SMS dan email karena sangat penting, tetapi untuk Twitter dan Facebook mungkin tidak. Jadi, Anda bisa mematikan saja dan memeriksa ketika memang perlu.

4. Mengurangi penggunaan aplikasi

Aplikasi dalam smartphone adalah salah satu yang paling menarik daya baterai. Karena itu coba lihat-lihat kembali daftar aplikasi yang ada dismartphone Anda, apakah benar-benar diperlukan? Jika memang Anda jarang menggunakannya maka lebih baik hapus saja. Aplikasi bisa menghabiskan space di dalam media penyimpanan smartphone.

5. Mematikan layanan lokasi

Apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan jauh, maka fitur layanan lokasi akan terus 'berjalan' untuk menangkap lokasi dimana kita berada. Tentu kalau sudah begitu berarti daya baterai pun diserap. Jadi, lebih baik matikan saja.

6. Matikan fitur getar

Untuk smartphone sepertinya tidak perlu menghidupkan suara sekaligus getar karena akan memakan daya energi yang ada pada baterai. Kecuali jika Anda memang sedang meeting atau ada acara penting, maka getar bisa diaktifkan. Tetapi, tentu getar juga bisa diatur untuk notifikasi apa saja 'kan? Pilihlah untuk yang memang benar-benar perlu.

_______________

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar baterai smartphone Anda lebih tahan lama (tidak boros). Kalau cara-cara di atas belum juga bisa menolong Anda, karena mobilitas dan penggunaan smartphone yang cukup tinggi, maka sebaiknya Anda beli Power Bank (portable charger).

Sebagai tips tambahan. Mungkin tidak ada salahnya juga untuk punya ponsel low-end (hp murah) yang notabene baterainya lebih awet. Misalnya Nokia 100 atau Samsung Keyston E1080 yang harganya cuma sekitar 150 ribu rupiah.  Hape murah ini bisa Anda jadikan sebagai cadangan untuk keperluan komunikasi standar seperti SMS dan telepon.

Mungkin Anda punya tambahan tips menghemat baterai samrtphone?

Tulis di kolom komentar yaa… :)

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.