Tips Merawat Ponsel Blackberry Agar Awet

Blackberry, salah satu ponsel yang mungkin paling digemari di Indonesia hingga saat ini. Faktanya meski Android sudah mulai merajai pasar Indonesia, masih saja ada yang memilih untuk membeli Blackberry dan menggunakannya. Nah, untuk itu tips merawat ponsel Blackberry masih diperlukan agar ponsel tetap awet dan tahan lama.


Ya, meski ponsel Blackberry termasuk jenis smartphone atau ponsel pintar yang termasuk dalam teknologi canggih - justru malah butuh perawatan yang lebih lagi. Tidak heran karena ponsel tersebut tidak hanya lagi digunakan untuk sekadar telepon dan SMS saja tetapi ada banyak fitur lainnya. Fitur tersebut termasuk Internet, media dan sebagainya. Fitur-fitur inilah yang membebani kerja memori telepon seluler sehingga terasa berat. Oleh karena itu, diperlukan perawatan yang lebih lagi.

Tips Merawat Blackberry
Blackberry Curve 9320 (Armstrong)

Berikut tips merawat Blackberry yang bisa Anda coba :
  1. Selalu menggunakan charger asli dan sesuai dengan lubang colokan Blackberry tersebut. Lagipula memang sudah ditekankan sejak awal, untuk ponsel apapun maka gunakanlah apa yang memang dianjurkan agar tidak terjadi kerusakan dan ketidakcocokan.
  2. Sebelum mencabut baterai maka pastikan untuk menekan Turn Power Off terlebih dahulu. Tunggu mesin ponsel mati dan off selama sekitar 5-10 detik baru cabut baterai. Kemudian, jika ingin dipasang kembali maka tunggu beberapa waktu yakni sekitar 1/4 menit.
  3. Mengunduh aplikasi seperlunya yang memang benar-benar Anda butuhkan. Terlalu banyak aplikasi akan memberatkan memori handphone yang akan bisa mengakibatkang hang atau kerja ponsel melambat.
  4. Rutin back-up data Anda berupa kontak BBM dan sebagainya. Anda bisa menggunakan Install Desktop Manager, back-up online ataupun email Gmail.
  5. Sisakan memori di Micro-SD sekitar 20% sehingga tidak sering terjadi hang karena memori terlalu padat.
  6. Pakai sarung handphone guna sebagai perlindungan terhadap ponsel Blackberry Anda apakah karena tidak sengaja terjatuh. Dengan begitu, ponsel tidak langsung pecah ataupun rusak.
  7. Jika tidak menggunakan Bluetooth ataupun Wi-Fi maka matikan saja supaya menghemat baterai. Dengan begitu, baterai menjadi lebih awet.

Sebagai informasi, Blackberry sebenarnya agak sulit diajak untuk multi-tasking. Karena itu, jika Anda sedang browsing maka lebih baik browsing lebih dahulu. Tidak perlu membiarkan halaman berjalan kemudian Anda memencet pilihan 'switch application', kemudian menggunakan aplikasi lainnya. Hal ini akan membuat Blackberry jadi lambat dan boros baterai.

Perlu diingat juga ketika melakukan pengisian baterai, lebih baik ponsel dimatikan atau sebisa mungkin tidak menggunakan Blackberry ketika sedang di-charge. Ponsel Blackberry Anda pun menjadi lebih awet dan tahan lama jika dilakukan cara merawat yang tepat. Jika memang harus mengganti sebagian aksesorinya maka lebih baik merogoh kocek untuk membeli yang asli - asal Blackberry Anda menjadi lebih awet!

Mungkin ada yang mau nambahin?



KOMENTAR