Langsung ke konten utama

Kalau Nikah Saya Mau Pake Undangan Pernikahan Online

Pernikahan adalah salah satu moment paling sakral yang tak terlupakan dalam perjalanan hidup seseorang. Dan sejatinya pernikahan itu adalah sebuah kebahagian yang wajib diketahui oleh semua orang, terutama kerabat dan teman-teman dekat. Makanya salah satu bagian dari persiapan sebuah pernikahan yang tidak boleh dilewatkan adalah Undangan Pernikahan.


Nah, ngomong-ngomong soal undangan pernikahan, tahun 2008 lalu saya dimintai tolong oleh adik my girl friend untuk mengurusi undangan pernikahan-nya. Duh.. sedihnya keduluan nikah sama calon adik ipar. Terus kakak-nya kapan? Stop! Don’t ask it again. Saya sudah bosen dengar pertanyaan itu. :D *ngeles*

Oke, lanjuuuttt....

Adik pacar saya ini tinggal di sebuah daerah di kalimantan selatan yang cukup jauh dari kota, jadi dia agak kesulitan mencari jasa cetak undangan pernikahan.  Katanya ada sih.. sudah dua tempat yang mereka datangi, tapi menurut mereka koleksi undangannya kurang banyak dan mahal. Jadi melalui kakaknya (pacar saya) dia dan calon suaminya minta tolong ke saya untuk ngurusin masalah undangan pernikahan mereka.

Sebagai calon kakak ipar yang baik (ceileeeh...), tentu dengan senang hati saya bersedia donk… hehe.. *gaya banget*  Lagi pula kalau cuma urusan undangan pernikahan, itu urusan yang mudah! khan sudah jaman internet. Tinggal cari dan pesan aja melalui internet!. Gitu aja koq repot. *Gusdur mode on*

Awalnya saya mengusulkan untuk mencari sendiri melalui internet, tapi mereka bilang “tolong kamu aja deh.. yang cariin, soalnya koneksi internet di sini kurang bagus. Lagi pula kami belum pernah beli barang lewat internet, takut ketipu”. Ya sudah, akhirnya saya mulai cari beberapa sample undangan di beberapa situs penyedia jasa cetak undangan pernikahan.

Setelah mendapat beberapa gambar contoh undangan pernikahan yang kira-kira cocok dengan keinginan mereka, kemudian gambar tersebut saya kirimkan melalui handphone (MMS). Untungnya mereka langsung setuju dengan salah satu sample undangan yang saya kirim. Saya jadi nggak perlu repot-repot lagi deh.. cari dan kirim sample undangan yang lain. Mereka pun saya minta untuk mengirimkan beberapa foto pra-wedding yang nanti akan dipasang pada undangan. Dan inilah foto pra-wedding yang mereka kirimkan ke saya melalui email.

foto pra wedding

Proses order pun langsung saya lakukan. Si pemilik situs jasa cetak undangan pernikahan menjanjikan maksimal dua hari untuk memberikan gambar hasil desain undangan yang nantinya akan dicetak. Esok harinya, saya cek email, eh.. ternyata gambar-nya sudah jadi. “wah cepat juga kerjanya” kata saya dalam hati. Dan inilah gambar undangan tersebut:

Undangan Pernikahan Model CD


Gambar undangan tersebut langsung saya teruskan ke kedua mempelai untuk dicek kemungkinan ada kesalahan atau kekurangan yang perlu ditambahkan atau dirubah. Setelah dicek dan mereka bilang “OKE”, pembayaran pun dilakukan melalui transfer bank via ATM. Sekitar semingguan kemudian, saya dapat kabar kalau undangan-nya sudah sampai.

Sayang, saya tidak bisa hadir dalam resepsi pernikahan mereka, karena jarak yang memisahkan terlalu jauh. Jogja - kalimantan, euy... (aslinya sih karena gak punya duit transport untuk ke sana.. hehe.. )

Undangan Pernikahan Online


Cerita di atas adalah pengalaman saya memesan jenis undangan pernikahan fisik melalui internet. Nah, karena ini sudah jaman internet, dimana sebagian besar orang sudah terkoneksi dengan internet setiap hari melalui berbagai macam perangkat komputer (PC/Notebook, Tablet PC, Ponsel), jadi kalau saya nikah nanti, saya akan mengundang teman-teman dan kerabat saya yang sudah akrab dengan internet, dengan undangan pernikahan online. Sedangkan untuk teman dan kerabat yang masih gaptek (Ups! jgn tersinggung yaa.. hehe.. ) tetap akan menggunakan kartu undangan pernikahan fisik.  :-)

Mungkin Anda belum tahu apa itu undangan pernikahan online?

Jadi.. undangan pernikahan online itu adalah undangan pernikahan yang bentuknya seperti sebuah website, jadi hanya bisa dilihat jika kita terkoneksi dengan internet. Di negara-negara maju yang masyarakatnya sudah lama menggunakan internet, undangan pernikahan online sudah bukan hal yang baru lagi. Cuma di Indonesia aja yang masih tergolong baru, karena memang baru beberapa tahun ini masyarakat Indonesia mulai akrab dengan internet. Terutama sejak munculnya gadget smartphone dan tablet pc, pengguna internet di Indonesia meningkat drastis.

Undangan pernikahan online memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan undangan pernikahan fisik, diantaranya: Lebih murah, desain lebih menarik dan lebih variatif, pembuatannya lebih cepat dan mudah (hanya dalam hitungan menit), tidak mengenal jarak (cocok buat mengundang teman dan kerabat yang jauh) dan ramah lingkungan (go green) karena tidak menggunakan kertas (mengurangi penebangan pohon).

Salah satu situs penyedia jasa undangan pernikahan online di indonesia yang saya tahu dan cukup recommanded adalah datangya.com. Koleksi template (themes) undangan pernikahan online-nya cukup banyak, karena datangya membuka kesempatan kepada semua web desainer untuk ikut mengirimkan desain template hasil karyanya. Dimana mereka akan dibayar jika desainnya diterima, plus dapat komisi lagi setiap desain template-nya tersebut digunakan. Sayang, saya gak punya bakat di bidang desain web, padahal komisinya sangat menggiurkan.

Theme undangan pernikahan online
Beberapa contoh template undangan pernikahan online
(Sumber: datangya.com)

Selain memilki banyak koleksi template, saya lihat datangya.com juga menyediakan banyak fitur-fitur menarik, salah satunya fitur special invite. Dimana-mana orang akan merasa lebih dihargai (special) jika namanya tercantum dalam undangan. Nah, dengan fitur special invite, hal tersebut bisa dilakukan.

Kalau mau undangan pernikahan online lebih spesial lagi, gunakan fitur domain sendiri. Jadi nanti alamat situsnya tidak lagi menggunakan datangya.com tapi menggunakan alamat situs (domain) sendiri sesuai nama yang dipilih. Contohnya menggunakan gabungan nama kedua calon mempelai, misalnya www.jaka-dara.com atau www.jakadara.com. Jadi nanti ketika menggunakan fitur special invite, misalnya orang yang mau diundang bernama Roni, maka url/link undangan untuk Roni adalah www.jaka-dara.com/to/roni

Undangan Pernikahan Online
Contoh template undangan pernikahan online yg menggunakan fitur special invite
(Sumber: datangya.com)

Datangya.com juga telah menyediakan fitur untuk mempermudah mengirm undangan melalui email dan jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Mau buka undangan-nya melalui ponsel atau smartphone? tidak ada masalah, karena undangan pernikahan online datangya sudah support tampilan mobile (mobile theme) sehingga undangan tetap menarik dilihat dan ringan dibuka lewat ponsel.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur menarik lainnya, tapi saya lihat artikelnya sudah terlalu panjang, jadi kalau  mau tahu lebih banyak lagi, langsung saja buka situs datangya.com.

Eits! tunggu dulu. Ada satu tawaran menarik yang diberikan oleh datangya.com, yaitu "garansi uang kembali jika pernikahan batal". Ini sih amit-amit yaa.. (nggak ada satupun orang yang mau pernikahan-nya batal) tapi kalau kenyataan itu memang harus terjadi, garansi ini bisa sedikit menjadi pengobat rasa kecewa dan sedih. :D

Eh, satu lagi. Kalau misalnya acara atau resepsi pernikahan-nya mengalami perubahan (diundur atau dimajukan), makan jangan khawatir karena undangan-nya bisa diedit dan dikirim ulang ke para undangan tanpa ada biaya tambahan. Kalau pake undangan pernikahan fisik, mana bisa kayak gitu, kalau sudah terlanjur dicetak, ya sudah... harus cetak baru lagi, yang artinya keluar uang lagi.

Oke deh, buat teman-teman dan kerabat saya di mana pun berada, tunggu undangan pernikahan online dari saya yaa... :D

Postingan populer dari blog ini

Tempat Download Full Video Hasil Pertandingan Sepakbola

Selain suka dengan dunia gadget dan internet, saya juga termasuk pecinta sepakbola. Karena itu pada postingan kali ini, saya akan berbagi informasi tempat download full video hasil pertandingan sepakbola . Jadi bukan sekedar video highlights pertandingan yang cuma memperlihatkan momen-momen penting saja, seperti peluang dan gol. Kalau itu sih banyak di YouTube .

Tools Tracking Website dan Blog

Tracking Blog/Web merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu (memonitor) segala kegiatan yang terjadi pada suatu blog atau website . Data-data apa saja yang dapat kita peroleh dari hasil tracking tersebut? dan apa manfaatnya? semuanya telah dibahas mas welly Mulia di sini . Men-track pengunjung artinya mencari tahu informasi dan data seperti : Bagaimana pengunjung menemukan blog/website anda Berapa banyak pengunjung yang datang ke blog/website anda setiap hari Berapa lama mereka browsing di blog/website anda Halaman mana saja yang mereka kunjungi ketika ada di blog/website anda Ada banyak tools tracker yang dapat kita gunakan untuk men-track blog atau website kita, ada yang berbayar ada pila yang gratis. Selama ini saya menggunakan lebih dari satu tools tracker untuk men- track atau memonitor blog saya. Beberapa tools tracker yang ada sekarang yaitu : Google Analytic (milik google) Extrime Tracking (sudah tidak menerima blog dari Indonesia) SiteMe

Tergoda Harga Murah Modem Smartfren AC682 (Modem CDMA)

Beberapa minggu yang lalu saya berniat membeli modem smartfren AC682 . Saya tergoda dengan harga modem-nya yang murah + gratis koneksi internet unlimited dengan speed download up to  3,1 Mbps, selama sebulan . Selain tergoda dengan harganya yang murah dan free access internet cepat selama satu bulan, saya juga memang lagi pengen nyobain akses internet berbasis CDMA. Karena selama hampir tiga tahun berlangganan internet, saya selalu menggunakan akses internet berbasis GSM, mulai dari Indosat M2 (IM2) , telkomflash, dan internet tri (3), menggunakan modem Sierra Wireless AirCard 881U yang ukurannya sebesar handphone. Tapi jangan salah.. ketangguhannya sebesar ukuran fisiknya, cooy…!  :) Mau tahu tips memilih kartu yang paling bagus dan murah untuk internetan? Read this: Kartu Paling Bagus dan Murah untuk Internetan Kembali ke modem smartfren AC682 …!!! Karena harganya yang murah, ditambah gratis internetan selama sebulan, Modem Smartfren AC682 laris manis dipasaran.