Berbagi Pengalaman Lewat Survei Sambil Ngumpulin Receh di Nusaresearch

Salah satu metode pengumpulan data yang sering digunakan mahasiswa saat mengerjakan tugas akhir-nya (skripsi), yaitu melalui angket atau kuesioner. Lembaran angket yang berisi sejumlah pertanyaan-pertanyaan tersebut dibagikan ke orang-orang (responden) untuk di isi/dijawab. Waktu masih jadi mahasiswa, saya sering banget jadi responsen dari kuesioner teman-teman saya maupun teman-nya teman saya. Ternyata cara pengumpulan data seperti ini juga sering digunakan perusahaan maupun organisasi untuk mendukung riset pasar secara aktif.


Sebelas hari yang lalu, tepatnya tanggal 19 juni, saya bergabung menjadi anggota di www.nusaresearch.net, sebuah situs penyedia jasa survei atau pengumpulan data melalui metode kuesioner untuk perusahaan dan organisasi. Saya mengetahui situs ini dari banner di sebuah blog (lupa alamat blog-nya) saat lagi blogwalking. Terus terang saya tertarik bergabung karena para anggotanya mendapat reward atau bayaran melalui sistem poin (1 poin=50 rupiah) dari hasil mengikuti survei-survei dari client nusaresearch.

nusaresearch top online research in indonesia


Bingung dengan reward sistem poin yang saya maksud?

Oke, saya jelaskan. Jadi.. setiap kita mengikuti dan meyelesaikan soal-soal survei, kita akan mendapat sejumlah poin. Setiap survei memiliki jumlah poin yang berbeda-beda. Semakin sering mengikuti survei, tentu poin-nya akan semakin banyak. Dan pada saat jumlahnya sudah mencapai 500 poin, maka poin tersebut bisa ditukar uang tunai, pulsa, hadiah atau belanja di online store yang sudah support pembayaran melalui e-wallet iPaymu. Belum tahu apa itu e-wallet dan iPaymu? Baca tulisan saya tentang cara aman belanja online dengan Payment Processor.

tukar poin dengan uang tunai di nusaresearch
Proses penukaran poin dgn uang cash di Nusaresearch

Ada tiga jenis survei yang bisa diikuti untuk mendapatkan poin. Ke-tiga jenis survei tersebut, yatiu:

# Survei Publik

Setiap anggota komunitas nusaresearch (tanpa kecuali) bisa berpartisipasi dalam survei publik atau survei cepat. Satu poin untuk satu pertanyaan (jumlah pertanyaan 1 – 20).

# Survei Tertutup

Namanya juga tertutup, jadi survei ini hanya bisa diikuti oleh anggota. Dan tidak semua anggota bisa mengikutinya. Hanya anggota yang menerima email undangan dari nusaresearch dan meng-klik link dalam email undangan tersebut untuk memulai survei. Jadi pastikan untuk sering-sering cek email, karena poin survei tertutup ini cukup tinggi, antara 20 – 40 poin (tergantung pada ide yang dibuat).

# Survei Pribadi

Survei Pribadi hampir sama dengan dengan survei tertutup. Hanya anggota yang memenuhi persyaratan saja (dilihat dari data diri anggota) yang akan menerima email undangan untuk berpartisipasi dalam survei. Poin yang bisa diperoleh dari survei pribadi sangat besar, yaitu 100 – 500 poin (tergantung pada waktu melakukan survei). Jadi sering-sering ngecek email atau langsung buka situs nusaresearch.com terus login lalu  buka menu halaman pribadi. Disitu akan terlihat survei-survei yang bisa kamu ikuti.

email undangan survei nusaresearch
Contoh isi email undangan survei nusaresearch

Sebisa mungkin cepat-cepat lah berpartisipasi dalam sebuah survei, karena kalau jumlah partisipan survei sudah dianggap mencukupi, maka survei tersebut akan ditutup. Jadi kalau dapat undangan survei, nggak usah pake lama, langsung saja ikut.

Satu lagi! bacalah pertanyaan survei dengan seksama dan jawablah dengan tepat. Jangan asal-asalan memberi memberi jawaban. Karena pihak nusaresearch akan mem-banned anggota yang ketahuan memberikan jawaban yang tidak masuk akal.

Adakah sumber lain untuk mendapatkan poin selain dari mengikuti survey?

Good Question! :-)

Patinya ada donk…!!! Caranya dengan mengajak teman atau orang lain untuk bergabung menjadi anggota di nusaresearch.net. Satu orang 10 poin, dan jika poin orang tersebut sudah mencapai 100, maka kita akan mendapat bonus 50 poin. Jadi banyak-banyak lah mengundang teman untuk bergabung menjadi anggota nusaresearch kalau ingin cepat mengumpulkan banyak poin.

Eits, tapi ingat.. pastikan teman atau orang yang kamu ajak atau undang tersebut bergabung/mendaftar melalui link referral kamu. Karena kalau tidak, kamu tidak akan mendapat poin. Link referral itu adalah sebuah link khusus yang diberikan kepada setiap anggota yang setuju ingin mendapat poin dari upaya-nya mengajak orang lain bergabung di nusaresearch.

link referral nusaresearch
Contoh link referral nusaresearch

Gunakan link atau url khusus tersebut saat mengundang teman-teman kamu di sosial media seperti facebook, twitter, forum dan lain sebagainya. Kalau mau mengundang teman lewat email, selain bisa gunakan akun email sendiri, bisa juga gunakan fasilitas khusus kirim email undangan kepada teman yang telah disediakan nusaresearch.

Cara berikutnya mendapat poin yaitu dengan membuat Survei Cepat. Caranya dengan membuat sebuah pertanyaan lengkap dengan pilihan jawabannya (seperti soal pilihan ganda). Jika survei yang kita kirim disetujui maka kita akan mendapat 10 poin.

Contoh survei Cepat Nusaresearch
Contoh Survei Cepat di Nusaresearch

Saya telah membuat sebuah video yang memperlihatkan waktu saya ikut berpartisipasi dalam sebuah survei di nusaresearch. Diakhir video saya juga sedikit menunjukkan bagaimana cara mengundang teman (menggunakan link referral) di facebook dan twitter. Silahkan disimak videonya dibawah ini:



Cara yang terakhir mendapatkan poin yaitu dengan mengikuti lomba-lomba atau kuis-kuis. Nusaresearch sering banget mengadakan semacam kontes atau kuis berhadiah sejumlah poin. Contohnya lomba yang baru-baru ini selesai adalah "Member Get Member", tiga orang pemenangnya mendapat hadiah poin masing-masing 500 poin. Dan lomba yang paling gres saat saya menulis postingan ini adalah "Nusaresearch Survey Marathon" (berlangsung dari 1 Juli sampai 5 Juli). Hadiahnya lebih besar lagi, juara satu dapat 5000 poin, juara dua 3000 poin, juara tiga 2000 poin.

Saat menulis ini, poin saya baru 194. Memang masih kecil, karena saya belum menggunakan dan memaksimalkan semua cara mendapatkan poin yang ada di nusareserach. Poin 194 tersebut baru saya peroleh dari satu cara saja, yaitu dari Survei Tertutup. Ke depan saya akan lebih memaksimalkan semua cara tersebut biar cepat dapat banyak poin. Pengen cepat dapat uang cash dari nusaresearch. :-D

Memang terlihat sedang ngumpulin uang recehan, tapi melihat banyaknya perusahaan dan organisasi yang membutuhkan jasa survei dan banyaknya cara memperoleh poin yang tersedia di nusaresearch, saya ya
kin recehan itu bisa cepat berubah menjadi gunung recehan yang bisa ditukar menjadi lembaran duit besar. :-)

Tertarik untuk ikut berbagi pengalaman sambil ngumpulin uang receh di nusaresearch? Bagi yang tertarik silahkan langsung meluncur ke www.nusaresearch.net



KOMENTAR