Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Bisa Diformat

Kemarin waktu saya bongkar-bongkar gudang, saya menemukan sebuah flashdisk berkapsitas 1 GB yang sudah terlihat usang, Tulisan merek di body (casing) nya sudah mulai pudar. Karena kebetulan saya lagi nggak punya flashdisk, saya coba hilangkan pikiran kalau flasdisk itu sudah rusak. Saya bersihkan flash disk itu dan coba colokin ke komputer. Yes, flashdisk-nya terdeteksi di laptop saya dengan baik. Tapi pas mau saya buka di explorer, langsung muncul pesan “Please insert a disk into drive :G




Saya coba liat properties nya, dan hasilnya 0 byte. Kemudian saya coba format flashdisk nya dengan fungsi format standart windows, dan hasilnya “can’t format the disk” yang artinya flashdisk tidak bisa diformat. Karena flashdisk masih terdeteksi dengan baik di komputer, saya yakin kalau flashdisk tersebut masih bisa diperbaiki.

Karena itu saya langsung buka google dan mulai mencari-cari info cara memperbaiki flashdisk rusak. Banyak sekali artikel yang saya temukan membahas masalah perbaikan flash disk yang rusak, dan rata-rata menggunakan software. Software-software yang biasa digunakan untuk memperbaiki flashdisk rusak tersebut antara lain:

  • HP USB Disk Storage Format Tools
  • HP Drive Boot Utility
  • Flashdisk Repair
  • JetFlash Recovery Tool
  • Super Stick Recovery Tools
  • AlcorMP-UFD

Untuk masalah kerusakan pada flashdisk yang saya temukan itu, saya sudah coba pake Flashdisk Repair, HP USB Disk Stroge Format Tools, Super Stick Recovery Tool dan AlcorMP-UFD. Dan yang berhasil memperbaiki kerusakan pada flashdisk saya tersebut adalah Super Stick Recovery Tool, buatan kingmax.

Cara memperbaiki Flashdsik Rusak

Software-nya sangat simple dan portable, sesimple cara menggunakannya. Tinggal jalankan programnya dan klik tombol "Update". Tinggal tunggu deh proses perbaikan selesai 100%. Kalau berhasil, cabut flashdisk -cabutnya dgn cara yang benar yaa.. (safety remove) jangan asal main cabut - dari slot USB, lalu pasang lagi. selesai. Mudah, khan?  :-)

Karena penyebab kerusakan sebuah flashdisk beda-beda, jadi kalau pake Super Stick Disk Recovery tidak berhasil, coba gunakan software Disk Recovery Tools yang lain. Kalau mau download software-nya, cari aja di situs-situs file sharing seperti 4shared.com. Atau langsung ketikkan nama software di mesin pencari seperti google, yahoo, atau bing.

Kalau flashdisk-nya sudah kembali normal, jangan lupa dirawat dengan baik biar nggak mudah rusak (Baca: Tips Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak). Walaupun harga Flashdisk sudah semakin murah, tapi kalau bisa merawat dan memperbaiki flashdisk lama yang rusak, kenapa harus keluarin duit untuk beli flash dsik baru? Betul tidak..?? Hehe...

Mungkin ada Disk Recovery Tools lain yang juga mancur memperbaiki kerusakan-kerusakan pada flashdisk, selain yang sudah saya sebutkan di atas? Kalau ada, sharing di kolom komentar yaa... :-)



KOMENTAR