Cara Menghindari dan Mengatasi Akun Facebook Yang diHack/Dibajak

Kemarin anak bapak kos saya bernama Wibi, datang ke kamar saya pengen minjam komputer buat bikin akun facebook baru. Kemudian saya tanya “kenapa dengan facebook, kamu? kena hack, ya?”. “Iya nih, mas. Facebook saya dihack orang. Pinjam komputer sebentar yaa… buat bikin akun facebook baru?” jawab dia. “Loh, kenapa harus bikin facebook baru? Memang akun-nya udah gak bisa dikembaliin lagi?” tanya saya. “Nggak tahu, mas. Saya nggak ngerti”, jawab-nya.


Ternyata setelah tanya-tanya lebih lanjut, ternyata dia habis online di warnet dan waktu selesai dia lupa menekan tombol keluar facebook. Jadi kemungkinan orang pertama setelah dia yang memakai komputer warnet tersebut, iseng mengubah password-nya. Kejadian seperti memang sering banget terjadi, terutama bagi pengguna pemula komputer dan internet.

Akhirnya saya coba bantu mengembalikan akun facebook-nya yang dibajak tersebut. Dan berhasil! Caranya sangat mudah. Tidak perlu harus jago komputer dan internet untuk melakukannya. Apalagi sampai harus bisa pemograman. Itu terlalu lebay. Cukup ikuti saja petunjuk mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak di halaman ini: https://www.facebook.com/hacked

cara mengembalikan akun facebook yang dihack/dibajak

Kalau masih nggak ngerti juga, silahkan kamu ke sini aja. Di situ penjelasan-nya cukup lengkap.

Kebanyakan akun facebook yang dihack/dibajak itu disebabkan oleh kesalahan penggunanya sendiri. Salah satunya ya kecerobohan yang dilakukan Wibi itu. Facebookan di warnet atau komputer teman, trus lupa loqout/keluar waktu selesai. Itu sama saja keluar rumah tapi lupa kunci pintu. Akhirnya orang lain bebas masuk dan bebas melakukan apa saja dengan akun facebook kamu, seperti merubah/mengganti password dan email.

Yang paling bahaya sih kalau orang tersebut menggunakan akun facebook kamu untuk hal-hal negatif, seperti untuk menipu. Dan yang tak kalah bahayanya, pesan-pesan pribadi kamu akan terbongkar. Nah, nggak mau khan hal itu terjadi sama akun facebook kamu? Karena itu agar akun facebook kamu terhindar dari pembajakan, kamu mesti baca dua postingan saya ini:  tips aman online di warnet dan tips menghindari akun facebook dari pembajakan.

Semoga membantu. Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.



KOMENTAR