MozKopdarJOG di Jogja Digital Valley

Hari ini (31 Agustus 2013) saya mengikuti Meet and Greet Mozilla Community FirefoxOS Device and Apps Demo yang bertajuk MozKopJOG. Lokasi (venue) nya di Jogja Digital Valley. Acara dimulai tepat pukul 10:00 WIB dan diikuti oleh sekitar 50 orang peserta. Terdiri berbagai komunitas digital, seperti Komunitas Blogger Jogja, Web/App Developer, dan lain sebagainya.


Kopdar Mozilla Firefox Jogjakarta di Jogja Digital Valley


Acara dimulai dengan perkenalan tentang Mozilla Firefox. Mulai dari sejarahnya sampai produk-produk apa saja yang dipunya Mozilla. Selama ini khan kebanyakan orang mengenal Mozilla Firefox sebagai browser. Nah, ternyata produk mozilla tidak hanya browser, tapi juga ada produk lainnya seperti: Mozilla Thunderbird (pengelola email), dan Firefox OS (operating sistem untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet).

Bagi yang suka bikin atau utak-atik web, mozilla punya tools keren yang bagus banget untuk membuat maupun untuk belajar  membuat website.Tools tersebut bernama Webmaker. Di tools webmaker ada tools atau fitur yang cukup menarik buat saya yang lagi belajar mengedit video. Tools atau fitur tersebut bernama Popcorn Maker.

Di mozKopdarJOG juga diperliatkan sebuah perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Firefox OS. Saya sempat mencobanya, tapi hanya sekedar melihat-lihat aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya. Jadi saya belum bisa cerita apa kelebihan dan kekurangan-nya. Katanya sih vendor yang sudah memproduksi smartphone yg menggunakan Firefox OS adalah ZTE.

Smartphone Firefox OS
Smartphone Firefox OS

Akhirnya acara ditutup dengan sesi foto-foto bersama dan diakhiri dengan makan siang. :)

Foto Bersama MozKopdarJOG di Jogja Digital Valley
Foto Bersama MozKopdarJOG


Jogja Digital Valley


Saya mau cerita sedikit tentang Jogja Digital Valley. Jadi… Jogja Digital Valley ini merupakan sebuah co-working space dan incubator perusahaan rintisan digital. Segala fasilitas yang ada di Jogja Digital Valley bisa digunakan secara gratis oleh pelaku industri kreatif digital untuk bekerja dan berkarya. Catat! untuk bekerja dan berkarya. Yang cuma mau numpang internetan gratis untuk kegiatan yang tidak produktif, tidak akan diterima.

Untuk bisa menikmati kenyamanan bekerja dan berkarya serta semua fasilitas yang ada di Jogja Digital Valley, syaratnya harus mendaftar jadi member. Kategori yang berhak menjadi member adalah semua pelaku industri kreatif digital seperti: IT & Business Student, Digital Creative Startup, IT/Web/App/Game Developer, IT/Creative Business. Pokoknya semua yang berhubungan dengan industri kreatif teknologi digital (termasuk blogger) bisa menjadi member Jogja Digital Valley (JDV).

Jogja Digital Valley
Jogja Digital Valley

Jogja Digital Valley didukung penuh oleh Telkom. Diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2013, oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dan MozKopdarJOG merupakan event pertama yang diadakan di JDV.

Oke! itulah sedikit informasi tentang Jogja Digital Valley. Buat teman-teman pelaku industri kreatif digital di yang ada di Jogjakarta. Monggo… dimanfaatkan dimanfaatkan tempat gratis ini untuk bekerja dan berkarya. Tempatnya sangat nyaman. Ruangan-ruangan nya full AC semua. Tapi buat yang mau merokok, juga tersedia tempat terbuka tanpa AC.

Alamat Jogja Digital Valley ada di Jln. Kartini No.7  Sagan, Yogyakarta. Alamat website-nya: http://jogjadigitalvalley.com



KOMENTAR