Tips Belanja Online Murah di Bulan Ramadhan

Sebagai negara dengan umat muslim terbesar di dunia, Ramadhan dan lebaran merupakan dua momen yang paling besar dan meriah di Indonesia. Di kedua momen ini lah, aktivitas belanja masyarakat Indonesia meningkat drastis. Yang menarik, pertumbuhan e-commerse di Indonesia yang begitu pesat, ikut mempengaruhi cara belanja masyarakat yang kini lebih banyak memilih belanja online.


Belanja online itu memang paling enak. Kita bisa belanja kapan saja dan dimana saja. Tinggal duduk manis di depan komputer, pc tablet atau smartphone. Tanpa harus berdesak-desakan di jalan (macet), di pasar dan di mall. Apalagi dari hari ke hari jumlah toko online semakin tambah banyak. Jenis barang yang dijual pun semakin variatif. Pokoknya sudah nggak ada bedanya deh kalau kita belanja di mall. Apa yang ada di mall dan supermarket bisa kita dapatkan di internet.

Puncak belanja menjelang lebaran
Beginilah situasi yg akan dihadapi kalau belanja
ke pasar/mall di bulan ramadhan terutama menjelang lebaran 

Menurut saya kekurangan belanja online hanya dua, yaitu: kita harus sabar menunggu kiriman belanjaan sampai di rumah (lamanya tergantung lokasi tempat tinggal si pembeli). Tapi kalau masih satu kota dgn si penjual, sehari juga sampai. Kedua, ada biaya krim yang umumnya ditanggung oleh pembeli. Tapi saya kira itu bukan masalah dan itu wajar. Anggap saja itu sebagai uang bensin dan uang capek, kalau kita belanja sendiri ke pasar atau ke mall.

Saya sendiri, sebagian besar barang yang saya beli dalam dua tahun terakhir, lebih banyak melalui internet. Bahkan saya juga pernah menjual beberapa komponen PC saya sudah tidak terpakai melalui internet. Saya memang boleh dibilang online addict, jadi semua urusan yang bisa dikerjakan melalui internet, maka akan saya kerjakan secara online. Termasuk urusan belanja.

Nah, karena boleh dibilang saya ini sudah biasa belanja online, dan kebetulan bulan ini bulan ramadhan dan sebentar lagi lebaran, jadi saya mau sharing sedikit tips belanja online murah di bulan ramadhan dan lebaran.
Seperti yang sudah saya tulis diawal, kalau setiap bulan ramadhan dan lebaran, aktivitas belanja masyarakat meningkat drastis. Apalagi menjelang lebaran, orang-orang akan belanja habis-habisan, seperti kebutuhan untuk mudik, perabot dan alat-alat rumah tangga, baju baru, dan lain sebagainya.

Tips belanja online murah di bulan Ramadhan

Pertama, tentukan dan buat daftar semua arang-barang yang mau dibeli. Tujuannya agar tidak ada barang yang terlewatkan saat sudah mulai belanja. Sehingga barang belanjaan bisa dikirim sekaligus dalam satu kali pengiriman. Biaya kirim juga akan lebih murah.

Kedua, usahakan pililah toko online yang memiliki barang yang lengkap. Pokoknya sebisa mungkin, semua barang yang mau Anda ibeli, ada di toko online tersebut. Ini masih erat hubungannya dengan tips yang pertama, yaitu untuk menghemat waktu pengiriman dan menghemat biaya pengiriman.

Ketiga, pililah toko online yang sedang menawarkan harga diskon. Di bulan ramadhan, biasanya hampir seluruh toko menawarkan harga diskon. Pililah toko online yang paling besar diskonnya. Ada beberapa toko online yang sering mengadakan program khusus semacam Festival Ramadhan, yang menggelar belanja murah dan berbagai macam kompetisi berhadiah serta bagi-bagi voucher belanja gratis.

Keempat, pilihlah toko online yang memberikan fasilitas ongkos kirim gratis. Tidak semua toko online membebankan ongkos kirim kepada costumer-nya. Ada juga toko-toko online - terutama toko-toko online besar - yang menggratiskan ongkos kirim. Tapi setahu saya ada syarat dan ketentuan-nya, seperti ada batasan berat maksimal dan lokasi si pembeli.

Yang terakhir, khusus buat pemula yang baru mau mencoba belanja online, sebaiknya baca terlebih dahulu Tips Aman Belanja Online, karena di internet juga banyak toko-toko penipu. Baca juga tips berburu barang murah (diskon) di internet buat Anda yang mau dapat barang/jasa dengan harga murah meriah. :)
____________

Oke, itu lah sedikit tips belanja online murah di bulan Ramadhan dari saya. Kalau ada pertanyaan atau malah mau ngasih tips tambahan, silahkan tulis di kolom komentar.

Ayoo… buat yang belum belanja kebutuhan lebaran, segera lah belanja! mumpung masih banyak diskon tuh.. :-)



KOMENTAR